Monday, 14 June 2021
More

    Latest Posts


    Rekomendasi 6 Aplikasi untuk Belajar di Rumah

    Pemerintah baru saja menghimbau masyarakat untuk melakukan semua kegiatan di rumah. Termasuk proses belajar mengajar. Beberapa sekolah juga telah diliburkan terkait mencegah penularan COVID-19.

    Maka dari itu, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bekerja sama dengan beberapa mitra dari sektor swasta dalam menyelenggarakan sistem belajar berbasis daring. Hal ini dilakukan untuk memudahkan para pelajar agar tetap mendapat pembelajaran dari rumah.  Berikut adalah 6 rekomendasi aplikasi untuk belajar di rumah dari Kemendikbud.

    Rumah Belajar

    Rumah Belajar adalah portal pembelajaran dari Kemendikbud yang menyediakan fasilitas berupa bahan belajar. Portal ini dilengkapi dengan fasilitas komunikasi yang mendukung interaksi antar komunitas. Rumah belajar ini telah disesuaikan dengan pembelajaran di era industi 4.0.

    Selain untuk pelajar, para guru juga bisa menggunakan portal ini. Rumah Belajar dapat digunakan oleh pelajar mulai dari jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/SMK) sederajat. Portal online ini bisa diakses dimana saja dan dapat dimanfaatkan secara gratis.

    Kamu bisa mengakses Rumah Belajar dari situs mereka, yaitu belajar.kemdikbud.go.id

    Kelas Pintar

    Kelas Pintar bisa kamu jadikan pilihan untuk digunakan sebagai platform pembelajaran online. Kelas pintar menggunakan kurikulum 2013 dengan revisi Jan 2017 yang sudah disesuaikan dengan konten multimedia yang dibangun oleh para ahli di bidang pendidikan.

    Aplikasi ini memiliki 3 tahap metode yang dimakan Metode Total Learning. Pada tahap pertama yang dinamakan tahap learn, para pengguna akan diberikan penjelasan secara menyeluruh melalui video audio visual dengan beberapa konsep video biasa maupun animasi. Pada tahap ini, para pengguna akan dilengkapi dengan fasilitas multimedia interaktif dan juga buku pelajaran dalam bentuk e-book.

    Tahap kedua adalah tahap Practice. Pada tahap ini adalah tahap penguatan konsep, dimana para pengguna akan diberikan kegiatan yang bersifat interaktif seperti HOTS (Higher Order Thinking Skills), Laboratorium Virtual, Tanya Jawab serta VBQ.

    Tahap terakhir adalah tahap Test. Dalam tahap ini, para pengguna akan diberikan evalusi dengan konsep Tes Adaptif, Pilihan Ganda, Tes Berkala hingga Ujian Semester. Sama seperti Ulangan Harian, Ujian Tengah Semester (UTS) dan Ujian Akhir Semester (UAS) yang dilakukan di sekolah.

    Sama seperti Rumah Belajar, platform ini bisa digunakan untuk guru dan pelajar dari tingkat PAUD hingga SMA. Namun, untuk menggunakannya kamu harus berlangganan terlebih dahulu. Kelas Pintar memberikan para penggunanya beberapa pilihan paket untuk berlangganan yang tentunya dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Namun, sebelum berlangganan kamu juga bisa menggunakan fitur coba gratis.

    Saat ini, Kelas Pintar sudah menyediakan aplikasi untuk para pengguna Android yang dapat didownload di Playstore. Bagi kamu yang nggak menggunakan Andoroid, bisa mengaksesnya di kelaspintar.id.

    Ruangguru

    Aplikasi untuk belajar di rumah selanjutnya adalah Ruangguru. Ruangguru adalah salah satu aplikasi belajar terbesar di Asia Tenggara. Dalam menanggapi situasi yang ada, Ruangguru membantu para pelajar untuk belajar dari rumah dengan membuka Sekolah Online Gratis Ruangguru. Melalui program ini, para pengguna dapat mengikuti pembelajaran dari jarak jauh secara online (live teaching) setiap hari Senin sampai Jumat, seperti sekolah biasa. Para pengguna dapat mengakses program tersebut pada aplikasi Ruangguru yang tersedia di AppStore dan PlayStore.

    Program tersebut dimulai hari ini (16/3/2020) dari pukul 08.00-12.00 WIB. Sekolah Online Ruangguru menyediakan 15 kanal live teaching yang mencakup mata pelajaran sesuai dengan kurikulum nasional. Mulai dari kelas 1 SD hingga kelas 12 SMA (IPA dan IPS) yang dipandu oleh para Master Teachers dari Ruangguru. Selain itu, Ruangguru juga menyediakan fitur Bank Soal dan Online Tryout secara gratis.

    Sekolah.mu

    Platform selanjutnya adalah sekolah.mu. Platform ini adalah sekolah yang menggunakan sistem blended learning pertama di Indonesia dengan berbasis teknologi dan kolaborasi untuk menyediakan program belajar bagi semua orang.

    Sekolahmu bertujuan untuk memastikan semua anak Indonesia sukses mencapai kompetensi dan meraih prestasi di masa depan dengan memberikan pelayanan pendidikan yang memadai. Aplikasi ini dilengkapi dengan 4 fitur, yaitu tanyamu, ujianmu, kelasmu dan kariermu.

    Quipper School

    Sama seperti platform lainnya, Quipper School juga menyediakan platform pendidikan berbasis online yang dapat diakses secara gratis. Platform ini bisa diakses oleh komputer, laptop atau tab kamu. Quipper School sebenarnya telah memiliki aplikasi, namun hanya bisa digunakan untuk para pengguna Android saja.

    Quipper School menyediakan platform untuk para guru agar mereka dapat mengelola tugas dan pekerjaan rumah menjadi lebih efektif. Melalui platform ini para guru bisa dengan mudah memonitor para siswanya secara langsung. Yakni dengan, membuat, mendistribusi dan menilai tugas-tugas mereka. Selain itu, para siswa juga dapat mengirimkan tugas mereka.

    Sementara itu, untuk para siswa, Quipper School menyediakan platform mengerjakan tugas yang mudah. Untuk mengikuti kelas online dan mengumpulkan tugasnya, para siswa akan diberikan kode dari guru mereka yang bisa diakses dimana saja.

    Zenius

    Dalam menghadapi kasus COVID-19 ini, zenius juga menggratiskan aplikasi mereka untuk para siswa. Terhitung hingga Maret 2020, Zenius memiliki lebih dari 80.000 video pembelajaran untuk kelas 1 SD hingga 12 SMA sesuai kurikulum nasiona. Selain itu, Zenius juga menyediakan materi latihan soal serta pembahasan soal UN untuk siswa-siswa tingkat akhir. Seluruh materi ini dapat diakses secara gratis dalam program #SemuaBisaZenius.

    Baca juga, zenius gratiskan akses belajar online

    1 COMMENT

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Latest Posts

    POPULAR