COVID-19 dapat menempel di handphone, begini cara membersihkannya

Paradiva, sudah tahu belum kalau virus COVID-19 dapat menempel di handphone kita? Sebuah studi di London pada tahun 2011 menemukan satu dari enam handphone yang dianalisis menunjukkan adanya jejak kotoran. Dari kotoran tersebut juga terdapat bakteri dan virus.

Baca juga, ponsel iphone bisa dibersihkan dengan disinfektan

Menurut Journal of Hospital Infection yang melakukan analisis dari 22 studi menyimpulkan bahwa COVID-19 dapat menempel dan bertahan pada benda mati seperti, permukaan logam, plastik, kaca atau plastik hingga 9 hari. Namun, dapat dibersihkan menggunakan desinfektan hanya dalam 1 menit. Seperti, 62-71% ethanol, 0.5% hydrogen peroxide atau 0.1% sodium hypochlorite.

Sementara itu, menurut seorang profesor yang melakukan penelitian penyakit menemukan bahwa benda-benda mati seperti, gagang pintu, permukaan dan handphone bisa menjadi tempat menularnya penyakit. Maka dari itu, kita harus sering membersihkannya dengan desinfektan. Jadi, dapat disimpulkan bahwa COVID-19 dapat menempel di handphonemu.

Sementara itu, beberapa virus lainnya hanya dapat bertahan dalam jangka waktu yang singkat. Yaitu, sekitar empat jam pada tembaga, hingga 24 jam pada kardus dan 2-3 jari pada plastik dan stainless steel. Ini semua dipengaruhi oleh keadaan lingkungan.

Lalu, bagaimana cara membersihkan handphonemu dengan benar? Berikut langkah-langkahnya.

  • Siapkan semangkuk air sabun panas (namun tidak mendidih).
  • Jangan gunakan apapun selain sabun rumah tangga karena dapat merusak lapisan handphone kamu. Jangan merendam ponsel kamu, kecuali jika tahan air.
  • Ambil sehelai kain dan basahi dengan air sabun.
  • Gosok kain dengan lembut di sekitar ponsel kamu untuk memastikan setiap area telah dibersihkan. Lakukan hal yang sama untuk case handphonemu.
  • Pastikan air tidak masuk ke lubang telepon mana pun, seperti port charger atau speaker.
  • Biarkan ponsel kamu mengering sebelum dinyalakan kembali.

 

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.