Tips Work From Home yang efektif supaya kamu semakin produktif

Dalam rangka mencegah penyebaran COVID-19 di Indonesia, pemerintah menghimbau perusahaan untuk memperkerjakan karyawannya dari rumah alias work from home. Sekaligus, melakukan sosial distancing dan menghindari kerumunan.

Work from home sebenarnya bisa menjadi hal yang mudah dalam menyelesaikan pekerjaan. Apalagi jika memiliki ruangan sendiri yang dapat membuatmu merasa ada perbedaan antara rumah dan pekerjaan, sehingga kamu dapat mempertahankan efisiensi dan produktivitas yang kamu miliki di kantor.

Dikutip dari laman, Asianimage, Natalie Coughlan, sebagai Manager Marketing dari MNA Digital, memberi beberapa tips untuk para pekerja yang sedang melakukan work from home. Sedikitnya, ada 7 tips work from home yang bisa kamu lakukan agar tetap produktif. Simak ya!

Baca juga, rekomendasi 6 aplikasi untuk belajar di rumah

Menjaga jam kerja

Waktu adalah kunci dari produktivitas saat melakukan work from home. Dengan menjaga jam kerja, kita bisa mempertahankan konsistensi dan juga fokus dalam menyelesaikan pekerjaan. Gunakan alarm supaya lebih konsisten. Selain itu, kita juga bisa mengatur jam kerja kita sendiri, karena waktu kita lebih fleksibel dalam melakukan pekerjaan. Tapi, jangan lupa diskusikan terlebih dahulu ya dengan atasanmu.

Istirahat yang cukup

Beristirahat sangat penting untuk otak yang aktif bekerja. Apalagi, jika kita sudah menggunakannya untuk berkonsentrasi selama 4 jam non-stop. Hal tersebut bisa membuat kita jadi frustasi.

Pastikan kamu bangun dari tempatmu bekerja untuk makan camilan, menelepon teman, menonton televisi atau menghirup udara segar. Hal-hal ini dapat membantu memperlancar peredaraan darahmu dan mendapat motivasi untuk menyelesaikan pekerjaanmu.

Membuat ruangan untuk bekerja

Memang nyaman bekerja di sofa atau tempat tidur, namun justru ini yang dapat menghambat produktivitas kita. Cobalah membuat ruangan sendiri untuk bekerja, lalu lakukanlah pekerjaanmu secara konsisten di sana.

Isi ruangan tersebut dengan meja dan kursi yang bisa kamu rapikan di akhir hari. Pastikan kamu merasa nyaman dngan kursi yang kamu gunakan. Jangan lupa sertakan foto dan lampu unutk membuatnya lebih unik. Hal ini dapat membantu otakmu mengenal jam kerja dan jam istirahat, sehingga bisa membuatmu lebih terorganisir dan waspada.

Buat suasana rumah seperti perusahaanmu sendiri

Jika kamu tinggal bersama orang tua, pasangan atau teman. Bisa jadi mereka juga akan bekerja di rumah. Penting buat kamu untuk membuat batasan, agar kalian bisa fokus dengan pekerjaan masing-masing. Buatlah suasana rumah seperti perusahaanmu sendiri, dimana kalian tidak bisa terus mengobrol dan mengabaikan pekerjaan kalian.

Salah satu hal yang dapat kamu lakukan adalah merencanakan waktu untuk bertemu di ruang komunal saat makan siang, seperti di dapur. Dengan cara ini kalian bisa saling berkomunikasi seperti yang di kantor. Dijamin kalian bisa melakukan pekerjaan masing-masing sampai selesai.

Menjaga kebersihan

Tips work from home selanjutnya adalah menjaga kebersihan. Menjaga ruang kantor rumah kamu untuk tetap bersih akan membantu kamu tetap fokus. Rumah yang berantakan dapat membuatmu malas dan menunda-nunda pekerjaan. Buat jadwal bersih-bersih rumah agar tidak mengganggu jam kerjamu.

Pakai baju yang rapih

Memakai baju yang rapih seperti benar-benar pergi ke kantor dapat membuat kita lebih bersemangat dalam melakukan pekerjaan. Bangunlah lebih pagi untuk mandi dan sikat gigi. Gunakanlah celana dan baju yang nyaman. Jika kamu kesulitan memilih pakaian di pagi hari, cobalah menyiapkannya dari malam sebelumnya.

Siapkan makan siang sebelum bekerja

Selain memakai baju yang rapih, kamu juga harus menyiapkan makan siang sebelum bekerja atau pada malam hari. Memasak makanan sendiri saat jam makan siang akan mengganggu jam kerja. Memesan makanan secara online juga bisa menjadi opsi. Jadi, jangan buang-buang waktumu untuk memasak.

 

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.