Terpaksa keluar rumah saat pandemik? Begini cara hindari COVID-19

Wabah COVID-19 membuat kita untuk tetap di rumah. Banyak dari kita yang takut untuk berpergian keluar rumah. Meskipun begitu, pasti akan ada situasi dimana kita harus keluar rumah. Misalnya, untuk membeli sabun yang habis di warung, atau belanja makanan di supermarket. Sebelum situasi tersebut terjadi, kita harus tahu dulu cara hindari COVID-19 saat keluar rumah.

Nah, Gadgetdiva punya nih cara-cara untuk mengatisipasinya. Berikut adalah cara hindari COVID-19 yang dilansir dari CNET. Yuk, simak caranya!

Stop menggunakan ujung jari. Mulailah gunakan lutut, siku, buku jari.

Kita terbiasa menggunakan telapak tangan untuk menyentuh sesuatu. Termasuk ujung jari. Nah, seperti yang kita ketahui bahwa tangan kita bisa menjadi salah satu tempat menularnya virus COVID-19. Mulai saat ini, kurangilah menyentuh barang apapun dengan telapak tangan dan ujung jari kita. Terlebih jika kita berada di tempat umum.

Misalnya, menggunakan siku atau lutut untuk mendorong pintu, menggunakan buku jari untuk menyentuh mesin ATM. Gunakanlah baju lengan panjang supaya kulit kita tidak bersentuhan langsung dengan benda-benda di ruang publik.

Jangan meletakkan ponsel sembarangan

Dalam situasi seperti ini, sudah saatnya kita mulai berhati-hati jika sedang berada di tempat umum. Salah satunya adalah dengan memperhatikan tempat dimana kita menaruh tas, dompet atau barang-barang lainnya yang kita bawa saat keluar rumah.

Termasuk ponsel. Ponsel bisa menjadi tempat virus dan kuman menempel. Pun kita juga tidak bisa memastikan apakah tempat kita menaruh ponsel itu bebas dari kuman maupun virus. Lebih baik tetap letakkan ponsel kita di dalam tas atau saku celana. Daripada menaruhnya di meja kasir, atau di atas toilet.

Bawa tas belanja sendiri

Dengan membawa tas belanja sendiri, kita bisa mengontrol barang-barang apa saja yang kita sentuh. Pasalnya, tidak semua supermarket menyediakan alat sanitasi. Di samping itu, kita juga bisa langsung memasukkan barang-barang yang ingin kita beli ke dalam tas belanja. Dengan melakukan hal itu kita tidak harus mendorong troli atau membawa keranjang yang sudah disentuh oleh banyak orang.

Jangan menyentuh sayur atau buah-buahan langsung dengan tangan

Kita selalu menyentuh sayur atau buah-buahan saat memilih sayur atau buah-buahan. Seperti, memilih bawang atau buah apel memutuskan untuk membeli. Dalam situasi seperti ini, kita tetap bisa memilih sayur atau buah-buahan dengan tangan kita, namun lapisilah tangan kita dengan plastik sebelum menyentuh sayur atau buah-buah tersebut.

Hindari berjabat tangan

Meskipun kita selalu mencuci tangan atau menjaga kebersihan. Namun, kita harus tetap mengantisipasi segala kemungkinan yang bisa terjadi. Salah satunya adalah menghindari berjabat tangan dengan orang yang kita temu. Kadang, kita sering tidak sadar menjabat tangan seseorang yang kita temu, terlebih jika mereka jarang kita temui. Banyak hal yang bisa kita lakukan saat menyapa seseorang, misalnya dengan memanggil namanya, melambaikan tangan, atau memberi hormat dengan anggukan kepala.

Membawa tissue basah disinfektan dan tissue kering

Pastikan untuk selalu membawa tissue basah disinfektan, tissue kering dan handsanitizer. Supaya kita selalu dapat menjaga kebersihan tangan. Produk-produk tersebut juga bisa menjadi penghalang antara ponsel dan telapak tangan kita. Sementara itu, kita juga bisa menggunakan tissue basah disinfektan untuk membuka pintu atau menyentuh tombol elevator.

Stop bayar cash

Cara hindari COVID-19 adalah dengan stop bayar cash. Dengan mengurangi belanja dengan membayar cash atau membayar langsung dengan uang tunai, kita bisa menghindari kuman dan virus yang menempel pada benda tersebut. Uang tunai adalah salah satu benda kotor. Apalagi, jika kita memilikinya dalam jumlah yang banyak.

Kita juga tidak bisa mengetahui kotoran, virus atau kuman apa saja yang menempel pada di uang kita. Untuk menghindarinya, kita bisa mulai berbelanja dengan kartu debit, kredit atau pembayaran online, seperti OVO, LinkAja, Go-pay dan aplikasi pembayaran lainnya.

Hindari barang-barang yang memungkinkan tertempelnya

Penelitian terbaru menemukan bahwa COVID-19 bisa menempel pada barang-barang di sekitar kita selama sembilan hari di dalam temperatur kamar. Barang-barang tersebut seperti jaket atau permukaan meja. Semua barang tersebut bisa dibersihkan dengan desinfektan.

Jika kamu tidak tahu bagaimana cara membersihkannya, kamu bisa menyisihkan jaket atau sepatumu selama sembilan hari sebelum di laundry. Pasalnya, masa inkubasi COVID-19 dalam tubuh adalah satu hingga empat belas hari. Kamu juga bisa memperpanjang waktunya hingga dua minggu, jika kamu masih merasa khawatir.

Selalu mencuci tangan setelah sampai rumah

Yang terakhir adalah selalu mencuci tangan setelah sampai rumah. Cucilah tanganmu dengan sabun selama 20 detik. Seperti, yang dianjurkan oleh WHO. Pastikan untuk selalu mencuci tangan memakai sabun di air yang mengalir. Karena mencuci tangan dengan air dan sabun adalah cara efektif untuk menghindari COVID-19. Gunakan hand sanitizer hanya sebagai alternatif ya, guys!

Baca juga, cegah coronavirus dengan membersihkan rumah

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.