Tuesday, 2 March 2021
[adrotate banner="3"]

Pembaruan Telegram Tambahkan Opsi auto-delete dalam Platformnya

Aplikasi Telegram baru saja memperbarui platformnya dengan membawa opsi auto-delete. Tak hanya itu, ternyata ada pula fitur invie links dan new unlimited groups. Pembaruan...
More

    Latest Posts

    [adrotate banner="4"]

    Astronot NASA, Curiosity punya foto selfie di Mars!

    Astronot NASA, Curiosity baru-baru ini melakukan selfie dramatis di lereng Mt. Sharp, tepat sebelum memulai perjalanan pendakiannya di Mars. Curiosity mengirim pulang sebuah foto gabungan dirinya yang berpose dengan bangga di depan lubang yang baru saja dibornya di dasar gunung Mt. Sharp.

    Hasil gambar untuk selfie di mars

    Terlihat pada gambar tonjolan batu yang runtuh dan agak curam yang disebut Greenheugh Pediment berdiri tegak di atas langit Mars yang tampak berdebu pada latar belakang foto.

    Curiosity mengambil selfie terbarunya pada tanggal 26 Februari, pada hari ke 2.687 di Mars dari misi Curiosity yang beberapa hari kemudian mulai menaiki lereng curam Greenheugh Pediment.

    Pada satu titik di pendakian, pijakan miring di 31 ⁰ (hanya sedikit diatas dari rekor 32, sekarang peluang pijakan aktif). Keingintahuan yang dimiliki Curiosity ini dapat dengan aman dimiringkan hingga 45⁰ tanpa jatuh, tetapi 31 ⁰ adalah perjalanan yang cukup curam untuk menyebabkan roda pijakan berputar di tempat. Hal ini merupakan pendakian yang sulit, tetapi 9 hari dan 3,4 meter (11 kaki) kemudian, Curiosity mencapai puncak pedimen pada 6 Maret (sol 2.696).

    Saat Curiosity bersiap untuk memulai pendakian bahkan mengatur rekor, ia berhenti sejenak untuk merekam video tutorial cepat dengan Kamera Navigasi hitam-putih miliknya yang dipasang di tiangnya.

    “Kami sering ditanya bagaimana Curiosity mengambil selfie. Kami pikir cara terbaik untuk menjelaskannya adalah membiarkan bajak menunjukkan kepada semua orang dari sudut pandangnya sendiri bagaimana hal itu dilakukan, ”kata Doug Ellison, operator kamera Curiosity di Jet Propulsion Laboratory NASA, dalam siaran pers baru-baru ini.

    Versi selfie stick Curiosity sebenarnya adalah lengan robot dengan kamera kecil bernama Mars Hand Lens Camera yang terpasang di ujungnya. Kamera biasanya bekerja seperti kaca pembesar ahli geologi manusia, membuat Curiosity dan penangan manusianya melihat lebih dekat pada tekstur batu dan sedimen. Tapi sebenarnya Curiosity juga bisa mengubah kamera untuk menghadap ke dirinya sendiri.

    Sayangnya dibutuhkan beberapa foto untuk mengumpulkan selfie penjelajah agar terlihat jelas, tapi kamera hanya menangkap area kecil di setiap gambar. Tetapi hasilnya cukup keren, ya!

    Baca juga, Christina Koch: Astronot wanita NASA terlama di luar angkasa

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Latest Posts

    POPULAR