Begini cara nyaman ketika work from home serta tips bersihkan perangkat

0
Work from home

Saat sedang menerapkan Work from Home (WFH), paradiva biasanya mengalami berbagai gangguan ketika sedang bekerja, baik dari anak-anak, anggota keluarga, maupun hewan peliharaan. Apalagi ketika paradiva sedang melakukan conference call, meeting dan lain sebagainya.

Saat-saat seperti inilah paradiva harus paham betul bagaimana cara yang efektif untuk menghadapi gangguan saat sedang menerapkan WFH. Menyadari hal ini, HP Inc. tengah melakukan segala upaya memungkinkan untuk membantu para karyawan, konsumen, dan juga mitranya dalam langkah menyikapi wabah Coronavirus.

Mulai dari menjaga moral tim melalui berbagai kegiatan virtual, menawarkan nasihat hingga memberikan bantuan dan dukungan kepada para pelanggan dan mitra, untuk memastikan pekerjaan efektif dan efisien selama pengalaman bekerja dari rumah.

Berikut merupakan tips agar dapat membantu paradiva selagi bekerja dari rumah:

Mengatur ruang kerja

Pilih satu lokasi di rumah dan tetapkan untuk menjadi area kerja. Lokasi tersebut sebaiknya mendapat cukup sinar matahari, tidak terlalu sempit, dan dekat dengan stopkontak atau sumber listrik.

Tetapkan jadwal

Seringkali, ketika paradiva beralih untuk bekerja dari rumah kadang kamu mendapati jam kerja yang memanjang maupun sebaliknya karena berbagai gangguan. Menetapkan jam kerja di rumah sangat penting untuk membantu paradiva tetap fokus selagi memperhatikan kapan waktu beristirahat di sela-sela dan sesudah seharian bekerja.

Sisihkan waktu istirahat

Setelah menetapkan waktu kerja, tentukan juga kapan waktu paradiva beristirahat. Gunakan sebagian waktu untuk makan siang, berbincang dengan teman dan kolega kamu tentang topik yang ringan dan tidak berkaitan dengan pekerjaan.

Menjaga komunikasi dengan tim

Tentukan ekspektasi dan peraturan dengan tim kamu untuk memastikan pekerjaan terselesaikan. Manfaatkan Microsoft Teams atau software kolaborasi lainnya. Aturlah status daring kamu dengan semestinya (contohnya available ketika bekerja dan away ketika tengah beristirahat), atur suara dan kamera perangkat sebelum interaksi virtual berlangsung, serta atur notifikasi dengan baik agar kamu nyaman bekerja.

Tetap bersikap positif dan bersosialisasi

Memiliki pola pikir positif akan membantu Anda dan tim menyesuaikan diri dengan cara baru dalam bekerja ini. Mengedepankan kepedulian terhadap kesehatan diri (tidur cukup, berolahraga, dan makan teratur) adalah beberapa hal yang dapat membantu menjaga kesehatan kamu dan tim.

Selain mengatur lingkungan kerja dirumah, berikut juga ada beberapa panduan untuk paradiva membersihkan perangkat, yaitu:

  • Paradiva bisa gunakan disinfektan yang disarankan CDC (Centers for Disease Control and Prevention), yakni larutan alkohol yang mengandung 70% isopropil alkohol dan 30% air.
  • Gunakan kain microfiber untuk membersihkan perangkat dengan larutan ini, serta sarung tangan sekali pakai ketika membersihkan dan mensterilkan permukaan perangkat kamu.
  • Matikan perangkat dan daya listrik (untuk printer, steker harus dilepas dari stopkontak), dan perlengkapan eksternal lainnya. Jangan bersihkan perangkat dalam keadaan menyala atau terhubung ke stopkontak.
  • Usapkan perlahan kain lembap tersebut di permukaan yang hendak dibersihkan. Jangan biarkan cairan apa pun menetes ke bagian-bagian perangkat seperti keyboard, panel display atau port USB di panel kontrol printer, karena dapat menyebabkan kerusakan pada perangkat.
  • Ketika membersihkan sebuah layar atau panel kontrol printer, usapkan kain pembersih dengan satu arah, dari bagian atas permukaan ke bawah.
  • Pastikan permukaan yang dibersihkan sudah kering sebelum menyalakan perangkat kembali. Jangan nyalakan perangkat bila masih ada cairan atau kelembapan yang tersisa di permukaan.
  • Buang sarung tangan setiap selesai membersihkan perangkat dan segera cuci tangan kamu setelah melepas sarung tangan.

Gimana paradiva? Semoga tips diatas dapat membantu kamu, ya!

Baca juga, Tips Work From Home yang efektif supaya kamu semakin produktif


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan