Wednesday, 14 April 2021
More

    Latest Posts


    Begini cara Blibli terapkan pencegahan Covid-19 ke kurir BES

    Ditengah wabah Covid-19, tidak semua pekerja dapat melakukan WFH di Indonesia, banyak yang tetap harus turun ke lapangan untuk bekerja. Seperti profesi-profesi yang sebenarnya menopang kehidupan masyarakat, seperti kurir barang serta tenaga medis yang memainkan peran esensial.

    Namun, selain para tenaga medis, para kurir juga memperlihatkan andil besar mereka dengan konsisten mengantarkan paket penting, termasuk makanan segar, yang dibutuhkan pelanggan yang berdiam di rumah.

    Dalam langkah pencegahan Covid-19, Blibli menerapkan beberapa langkah kepada kurir dalam proses pengiriman barang ke tangan pelanggan. Sardian, seorang kurir yang sudah bekerja selama dua tahun untuk Blibli Express Service (BES) hub Narogong, adalah salah satu dari ratusan kurir yang mengemban tugas penting di tengah COVID-19. Setiap hari dirinya bekerja mengantarkan berbagai paket ke pelanggan Blibli yang berbelanja online untuk memenuhi kebutuhan sesama.

    Bekerja sebagai kurir BES di tengah pandemi mengharuskan Sardian tidak hanya sekadar mengambil paket dari gudang untuk kemudian diantarkan ke rumah pelanggan, tapi juga turut memastikan bahwa kebersihan paket tetap terjaga. Dalam proses pengiriman, Sardian juga harus memperhatikan kaidah-kaidah preventif, termasuk pemakaian alat pelindung diri (APD) saat mengantarkan paket serta penerapan physical distancing dengan menjaga jarak antara pelanggan ketika tiba di tujuan.

    “Perasaan cemas sih ada, apalagi wilayah kita juga terkena dampak COVID-19. Namun dengan penyesuaian SOP (standard operating procedure) yang telah ditetapkan oleh Blibli dan BES, saya tidak merasa khawatir. Hal yang bikin saya tetap semangat karena setiap orang pasti memiliki kebutuhan dan kalau bukan saya atau teman teman dari BES yang mengantarkannya, siapa lagi?” kata Sardian.

    Blibli juga menerapkan contacless shipping, yaitu pengiriman tanpa kontak untuk mengurangi interaksi langsung antara kurir dan konsumen. Kemudian, Sardian menerapkannya dengan meletakkan paket di teras dengan jarak kira-kira satu meter dari tempat di mana pelanggan menunggu.

    Lalu, Sardian mengambil foto paket dan mewakilkan tanda tangan pelanggan sebagai bukti bahwa paket sudah diterima. “Terima kasih untuk selalu tetap di rumah. Jaga kesehatan dan konsumsi makanan yang sehat, salam dari saya, BES Boy,” kata Sardian sebelum meninggalkan rumah pelanggan.

    Sienny Sentosa, pelanggan Blibli, mengungkapkan, “Saya sangat tersentuh atas kata-kata kurir BES yang mengantarkan barang ke rumah Kamis lalu. Apalagi saat ia mengatakan terima kasih untuk sudah tinggal di rumah. Kalimat itu membuat saya terenyuh karena membuktikan dia mempertaruhkan keselamatannya untuk mengantar pesanan-pesanan ke pelanggan, termasuk saya.”

    Sebelumnya, Blibli juga telah menerapkan serangkaian langkah-langkah pencegahan penyebaran COVID-19 di lingkungan kerja untuk kebaikan karyawan Blibli serta para pelanggan.

    Blibli meningkatkan prosedur sanitasi, melalui pengiriman tanpa kontak hingga proses sanitasi seluruh fasilitas kantor dan gudang. Selain itu, Blibli memantau kesehatan dan mengeluarkan kebijakan work from home yang sudah diterapkan sejak pertengahan Maret bagi karyawan.

    #KarenaSehatNo1, Blibli juga mendorong para pelanggan untuk tetap #dirumahaja dan mempercayakan Blibli untuk segala urusan belanja. BES siap memenuhi dan mengantar kebutuhan pelanggan melalui pengiriman cepat serta layanan yang mumpuni.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Latest Posts

    POPULAR