Tips suara mulus saat video chats dan conference call

Dalam beberapa minggu terakhir, kehidupan sosial para pengguna teknologi beralih ke obrolan video atau disebut conference call. Happy hours, board games, dan work meeting saat ini menjadi kegiatan yang paradiva lakukan ketika menjalani Work from home (WFH) menggunakan aplikasi video chat.

Nah, gimana sih agar suara paradiva tetap jernih ketika sedang melakukan conference call atau work meeting? Menurut laman, Popsci, ada beberapa alat yang bisa kamu gunakan untuk membantu menjernihkan suara kamu ketika sedang melakukan conference call seperti dibawah ini.

Pertimbangkan mikrofon eksternal

Mikrofon Laptop telah banyak digunakan dalam beberapa tahun terakhir, tapi mikrofon yang murah sepertinya memiliki kualitas suara yang kurang, nih! 

Untuk memiliki suara yang jernih, penting bagi paradiva mempertimbangkan kualitas mikrofon pada perangkat Laptop kamu! Sepertinya, kamu perlu mempertimbangkan harga yang relatif mahal untuk kualitas yang lebih baik.

Pakai Headphone

Ketika suara dari speaker kembali ke mikrofon, biasanya paradiva mendapatkan lingkaran degil yang dapat menyebabkan suara bergema. Nah, solusinya paradiva bisa memasukkan headphone selama aktiviitas panggilan video. Menggunakan Headphone juga memudahkan paradiva untuk mendengar suara lawan panggilan di video.

Pastikan komputer atau ponsel kamu benar-benar menggunakan mikrofon

Biasanya jika mikrofon kamu terhubung atau headset disingkronkan ke komputer kamu tidak berarti bakal punya suara yang mulus. Terkadang mikrofon juga akan tetap dengan perangkat input audio default.

Jaga jarak

Saat sedang melakukan conference call, jarak jauh maupun dekat berpengaruh dalam rekaman audio. Jarak terlalu jauh jelas mempengaruhi volume suara. Biasanya, mikrofon juga menjadi sulit memisahkan suara dari kebisingan, sehingga fungsi penyaring atau filter suara bising yang ada dalam perangkat lunak tidak akan seefektif itu.

Sebaliknya, jika paradiva terlalu dekat biasanya dapat menyebabkan gangguan suara angin seperti suara nafas saat sedang berbicara. Nah, ketika paradiva menggunakan mikrofon canggih, biasanya perangkat tersebut memiliki filter pada bagian depan mikrofon serta dilapisi kain tipis untuk mencegah gangguan suara.

Jika paradiva menggunakan headset dengan mikrofon internal, kamu harus memberi jarak satu inci dari sudut mulut kamu. Jika kamu bernafas langsung dari hidung dan menempel di mikrofon, suara kamu akan mengganggu pengguna lain.

Tetap dilingkungan yang terkendali

Biasanya ketika paradiva melakukan conference call di teras rumah, suara angin bisa jadi masalah audio sebab menimbulkan suara bising yang mengganggu. Solusinya, paradiva bisa menemukan area yang relatif tertutup atau kedap suara sehingga terhindar dari bising. Suara yang memantul dari dinding juga bisa menimbulkan suara bergema yang funky, lho!

Semoga tips diatas membantu paradiva, ya!

Baca juga, 6 Aplikasi Video Conference ini bisa jadi pengganti Zoom

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.