Tuesday, 11 May 2021
More

    Latest Posts


    Mode gelap Google Chrome sudah tersedia, begini caranya!

    Dark Mode atau mode gelap pada Google Chrome merupakan tampilan baru untuk browser web yang mengubah tema dari putih standar menjadi nuansa hitam dan abu-abu. Seperti yang kita ketahui ada beberapa alasan untuk memilih mode gelap pada aplikasi atau bahkan perangkat ponsel kamu.

    Biasanya, salah satu faktor mengaktifkan mode gelap ini karena rendahnya daya baterai. menurut konfirmasi Google pada tahun 2018 lalu bahwa aplikasi dengan tema lebih gelap jauh lebih menghemat daya baterai ketimbang tema yang berwarna putih.

    Jika alasan itu cukup menggoda Anda, berikut adalah cara beralih ke mode gelap di Chrome untuk Windows, macOS, Android, dan iOS Tidak seperti beberapa browser (seperti Firefox dan Vivaldi) tidak ada kotak sederhana untuk dicentang atau beralih ke klik, dan mode gelap Chrome diaktifkan dengan cara berbeda untuk setiap sistem operasi.

    Nah, bagaimana sih cara mengaktifkan mode gelap atau Dark Mode Google Chrome untuk Windows, macOS, iOS, iPadOS atau Android? Simak, ya!

    Mode gelap Chrome untuk Windows 10

    1. Masuk ke menu Pengaturan, pilih ‘Personalisasi’ klik ‘Warna’ dan gulir ke bawah ke tanda ‘Pilih mode aplikasi default’.

    2. Ubah menjadi ‘Dark’ dan semua aplikasi dengan mode gelap termasuk Chrome, akan berubah warna. Tidak perlu me-restart browser kamu, ya!

    Mode gelap Chrome untuk macOS

    1. Buka ‘System Preferences’, klik ‘General’, kemudian pilih ‘Appearance‘.

    2. Pilih opsi ‘Dark’. Seperti halnya Windows, semua aplikasi dengan mode gelap akan berubah secara otomatis.

    Dapatkan mode gelap Chrome untuk Android

    1. Mode gelap masih merupakan fitur eksperimental di Chrome untuk Android, jadi ingatlah bahwa beberapa elemen desain mungkin terlihat sedikit aneh. Untuk mengaktifkannya, masukkan chrome://flag di bilah alamat browser.

    2. Ketuk kotak ‘Search flags’ dan masukkan mode gelap. Paradiva akan menemukan dua opsi di sini: ‘Mode gelap konten web Android’ dan ‘Mode gelap UI Android Chrome’. Jika paradiva mengaktifkan opsi pertama, Chrome akan mendeteksi apakah pengembang situs telah membuat versi dark dan memilihnya secara otomatis.

    Jika tidak ada versi gelap yang tersedia, browser akan membalikkan warna situs. Mengaktifkan opsi kedua berarti bahwa tema browser itu sendiri akan menjadi gelap.

    3. Ketuk menu tarik-turun di bawah masing-masing opsi ini dan ubah pengaturan menjadi ‘Diaktifkan’, lalu mulai ulang Chrome.

    4. Selanjutnya buka menu pengaturan, ketuk ‘Tema’ dan pilih ‘Dark’. Jika kamu tidak dapat melihat opsi Tema, mulai ulang Chrome lagi kemudian akan muncul kembali.

    Dapatkan mode gelap Chrome untuk iPad atau iPhone

    Google belum merilis mode gelap untuk Chrome di iOS, tetapi kabarnya dalam proses dan mungkin tersedia dengan pembaruan utama browser berikutnya. Untuk saat ini, mungkin paradiva bisa menggunakan fitur gelap untuk menampilkan efek yang serupa.

    1. Buka ‘Pengaturan’ dan pilih ‘Umum> Aksesibilitas> Tampilkan akomodasi’.

    2. Alihkan ‘Invert Klasik’ untuk membalikkan warna pada tema di layar perangkat kamu.

    Mode paksa gelap di situs web menggunakan Chrome

    Beberapa situs web memiliki mode gelap tersendiri, yang akan diaktifkan secara otomatis saat kamu menggunakan mode gelap di Chrome. Bagi yang tidak, kamu dapat menciptakan mode gelap dengan membalik warna tertentu.

    Fitur ini belum sepenuhnya diimplementasikan, jadi paradiva tidak akan menemukannya di menu utama, tetapi kamu dapat mencobanya dengan mengunjungi chrome:// flags / # enable-force-dark dan membalik saklar ke ‘Enabled’.

    Saat ini jika paradiva menggunakan Google Chrome dalam mode gelap atau Dark Mode, semua situs web akan secara otomatis berubah warna menjadi tema gelap. Selamat mencoba!

    Baca juga, Cara percepat Google Chrome lemot, sambil rebus mie instant

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Latest Posts

    POPULAR