Sunday, 11 April 2021
More

    Latest Posts


    Begini cara membenarkan koleksi CD atau DVD lamamu yang lecet

    CD dan DVD pernah populer di tahun 2000-an. Banyak dari kalian mungkin masih menyimpan CD atau DVD. Entah yang berisi film atau musik. Meskipun dua hal tersebut telah beralih ke digital, masih banyak orang mengumpulkan CD dan DVD. Namun, sayangnya disk ini gampang lecet dan mudah rusak.

    Digital Trends memiliki metode dalam membenarkan CD atau DVD yang sudah rusak. Metode tersebut telah dirangkum oleh Gadgetdiva di bawah ini. Jadi, kamu bisa menggunakan kembali deh koleksi CD atau DVD kesukaanmu. Simak, ya!

    Sebelum mulai mengikuti langkah-langkahnya, perlu kamu ketahui bahwa metode ini tidak berfungsi untuk Blue-rays. Pasalnya, disk dengan kualitas Blue-rays memiliki pelindung yang lebih keras dan sulit tergores atau rusak. Akibatnya, jiika terkena goresan sedikit disk tersebut tidak dapat digunakan kembali dan harus diganti.

    Tips sebelum membenarkan CD atau DVD

    • Cuci dan keringkan tanganmu sebelum memegang disk. Pasalnya, lapisan polikarbonat yang terdapat dalam disk mudah rusak. Menggunakan sarung tangan akan lebih baik lagi untuk melindungi disk tersebut.
    • Bersihkan diskmu mulai dari tengah dengan arah garis lurus. Cara dalam membersihkan tersebut memungkinkan CD terhindar dari kerusakan data yang ada di dalamnya.
    • Alasan tersebut karena disk akan berputar secara spiral, pembaca CD juga harus dapat mengkomensasi bit daya yang hilang saat berjalan. Nah, jika goresan tersebut terdapat pada bagian pusat ke tepi CD, maka alogritma akan semakin mudah menangkap kesalahan dan memperbaiki secara otomatis.

    Metode membenarkan CD atau DVD

    Mr. Clean Magic Eraser

    Membersihkan CD

    Mr. Clean Magic Eraser terbuat dari busa melamin, kenis yang sama digunakan untuk isolasi suara dan panas. Alat ini memanfaatkan sifat unik dari bahan dari bahan kimia untuk membersihkan permukaan. Alat ini dapat menghaluskan permukaan reflektif disk tanpa memengaruhi data di dalamnya.

    Mr. Clean memang salah satu alat pembersih rumah tangga. Namun, alat ini juga berguna untuk membenarkan disk milikmu. Cara membersihkannya dengan membasahi penghapus ajaib tersebut, lalu gosok sedikit pada permukaan relfektif disk. Lakukan dengan arah garis lurus dari pusat disk ke arah luar. Jangan dilakukan terlalu keras karena kamu dapat melepas bagian-bagian penting dan merusak lapisan data di bawahnya.

    Menggunakan produk oil-based

    Ketika kamu sudah mencapai tahap ini, artinya metode di atas tidak ada yang berhasil. Sebelum melakukan metode ini, pindahkan file yang ada di dalam diskmu ke disk baru atau komputermu. Sehingga, kamu masih bisa menyimpan file yang ada dalam disk tersebut.

    Dalam metode ini, kamu dapat menggunakan beberapa bahan seperti, pasta gigi, selai kacang, semir sepatu, pembersih jendela, petroleum jelly, kulit pisang. Serta, bahan lainnya yang dapat berfungsi untuk memperbaiki cakram yang tergores.

    Namun, harus memiliki kesamaan, yaitu mengandung minyak. Minyak dalam zat-zat ini kan membantu  mengisi beberapa celah yang tergores. Bahkan setelah dibersihkan minyak ini memberikan jalan bagi laser untuk bekerja kembali dalam memutar CD tersebut.

    Baca juga, bantu musisi saat pandemi, SoundCloud hadirkan Fitur Donasi

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Latest Posts

    POPULAR

    Error decoding the Instagram API json