Benarkah COVID-19 bisa menular lewat baju? Ini jawabannya

0
COVID-19 menular

COVID-19 bisa menular. Sebelumnya, sebuah penelitian menemukan bahwa COVID-19 dapat menempel dan bertahan pada benda mati seperti, permukaan logam, plastik, kaca atau plastik hingga 9 hari. Namun, dapat dibersihkan menggunakan desinfektan hanya dalam 1 menit.

Lalu, pertanyaan selanjutnya adalah apakah COVID-19 bisa menular lewat baju yang kita gunakan? Pasalnya, hal tersebut kerap menjadi pertimbangan kita untuk keluar rumah selama pandemi ini. Salah satu artikel dari HealthDay mengungkap jawabannya yang berhasil Gadgetdiva rangkum. Simak ya, ulasannya!

Benarkah COVID-19 bisa menular lewat baju?

Jawabannya adalah tergantung dengan apa yang kamu lakukan selama meninggalkan rumah. Salah satu contohnya adalah himbauan yang diberikan oleh American Colllege of Emergency (ACEP) kepada para tenaga medis. ACEP menghimbau tenaga medis dan dokter untuk tetap mengingat bahwa rumah sakit adalah zona rawan menularnya COVID-19.

Mereka menyarankan para medis untuk melepas semua pakaian mereka sebelum memasuki rumah, lalu segera mandi setelah sampai rumah. Selanjutnya, hal yang harus dilakukan adalah menjauhkan pakaian bekas kerja dengan pakaian lain, lalu bersihkan dengan air sabun yang panas.

Namun, bagi orang biasa seperti kita, risiko terinfeksi COVID-19 melalui pakaian sangat rendah. Menurut, Elizabeth Scott selaku dekan dari Fakultas Ilmu Pengetahuan Alam, Perilaku dan Kesehatan di Universitas Simmons Boston, mengungkap bahwa ia belum menemukan penelitian yang menunjukkan bahwa meninggalkan pakaian setelah keluar rumah adalah hal yang harus dilakukan.

“Saya belum menemukan penelitian yang menunjukkan bahwa orang perlu menanggalkan pakaian, mencucinya, lalu segera mandi setelah pulang berbelanja,” ujar Scott yang juga pendiri dari Center of Hygine and Health in Home and Community. Menurut Scott, hal terpenting yang harus kita lakukan saat ini adalah menjaha kebersihan tangan, menggunakan masker dan tidak menyentuh wajah.

Meskipun begitu, menurut Scott tak ada salahnya juga jika kita melakukan pencegahan dengan cara-cara tersebut. Khususnya bagi para karyawan toko, pekerja sanitasi atau mereka yang berhubungan langsung dengan publik. “Masuk akal sih untuk langsung melepas pakaian saat samapi di rumah, langsung mencuci bajunya atau membiarkan pakaiannya digantung sampai shift berikutnya,” jelas Scott, ia juga mengingatkan untuk mencuci tangan setelah melakukan akitivitas tersebut.

Scott juga mengutip saran dari CDC dalam mencuci pakaian. Untuk mencuci pakaian, kita harus menggunakan air dengan temperatur yang setinggi mungkin. Lalu, keringkan secara menyeluruh. Kita juga dapat menggunakan pemutih untuk mensanitasi baju yang kita cuci.

“Aku selalu menggunakan air panas untuk mencuci beberapa jenis kain. Kita juga bisa menggunakan pemutih untuk mensanitasi baju yang kita cuci dengan pemutih dengan mengikuti petunjuk yang tertera pada label,” tambah Scott.

Selama pandemi, CDC juga menyarankan masyarakat untuk mencuci baju dengan mesin cuci. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah penularan virus yang beredar di udara secara tidak sengaja. Dengan menggunakan mesin cuci dan pengering, dapat membuat virus tidak aktif lagi.

Baca juga, covid-19 dapat menempel di ponsel, begini cara bersihkannya


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan