Wednesday, 14 April 2021
More

    Latest Posts


    Lewat GoFood, UMKM terapkan kebersihan makanan hingga Hand Sanitizer Gratis

    Industri UMKM kuliner saat ini berdampak besar akibat tidak bisa buka restoran untuk makan di tempat (dine-in) demi mendukung penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dari pemerintah. Namun lewat GoFood, para mitra merchant UMKM kuliner ini tetap memiliki peluang untuk produktif dengan memaksimalkan layanan pesan-antar.

    Sebagai upaya untuk tetap menarik pelanggan, selama pandemi Covid-19 para mitra UMKM berupayanya meningkatkan kebersihan dan keamanan makanan hingga kiat-kiat promosi dan ide menu baru yang muncul.

    Banyak yang secara aktif mengaplikasikan himbauan dari GoFood dan pemerintah terkait prosedur keamanan dan kebersihan makanan yang difokuskan kepada tiga hal utama yaitu memperhatikan kesehatan karyawan, meningkatkan higienitas restoran dan dapur, serta mengemas makanan dengan baik.

    GoFood

    Upaya-upaya yang dilakukan diantaranya seperti, menggunakan segel makanan (safety seal) GoFood pada kemasan makanan, memberikan Kartu Penanda Suhu Tubuh karyawan restoran maupun driver yang sudah dicek suhunya untuk pelanggan.

    Meningkatkan Traffic Serta Potensi Penjualan Dengan Promo

    Dari sisi promosi, mitra merchant juga semakin kreatif membuat promo yang out of the box. Salah satu GoFood Partners, Takoyaki Ichi bahkan memberikan hand sanitizers yang sempat menjadi barang langka dengan cuma-cuma kepada pelanggannya untuk setiap pembelian paket dua box Takoyaki atau Okonomiyaki.

    Hal ini membuat merchant Takoyaki dengan nama menu karakter kartun jepang yang dibuat ini seperti Doraemon Suneo dan Doraemon Nobita menjadi semakin menarik di mata pelanggan.

    Menu sehat seperti minuman jus dengan buah asli dan susu, juga disertakan untuk membantu pelanggannya menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh. Mitra merchant UMKM GoFood lainnya juga tak sedikit yang mengaku terbantu dengan adanya program Hari Kuliner Nasional (HARKULNAS) GoFood di masa COVID-19.

    Sejak diluncurkan pada minggu yang lalu, HARKULNAS telah membantu merchant yang ikut serta program ini memiliki pendapatan rata-rata 2,75 kali lipat lebih tinggi dibandingkan merchant yang tidak mengikuti program.

    Memaksimalkan eksposur dan visibilitas untuk meningkatkan traffic serta potensi penjualan memang menjadi salah satu langkah yang dilakukan GoFood untuk membantu para mitra UMKM GoFood. Salah satunya adalah dengan menempatkan merchant di in-app shuffle cards dan promotile banner, terutama selama HARKULNAS GoFood berlangsung.

    Jaga Volume Transaksi Dengan Inovasi

    Menghadapi pandemi COVID-19, pemilik usaha Si Jagur Bandung juga berinovasi dengan menjual paket menu frozen food yang kini juga bisa dipesan pelanggan dari layanan GoFood.

    Selama masa pandemi, GoFood kini juga memperluas layanannya dengan tidak hanya menyediakan makanan siap santap, namun juga menawarkan berbagai pemenuhan kebutuhan, mulai dari bahan pokok sehari-hari, perlengkapan rumah tangga, bahan makanan, hingga layanan pesan-antar makanan dari gerai belanja modern.

    Frozen food menjadi salah satu solusi agar makanan di rumah tetap bervariasi. Pemilik Si Jagur Bandung juga menyediakan tempat fasilitas cuci cuci tangan dan tempat pengambilan pesanan khusus bagi mitra driver.

    Selain berkreasi dengan menu frozen food, mitra merchant UMKM GoFood juga menawarkan menu khusus Traktir Driver yang bisa dibeli pelanggan untuk diberikan langsung kepada mitra driver.

    Langkah ini pun merupakan salah satu dukungan GoFood dalam menjaga kelangsungan pendapatan dan volume transaksi mitra merchant UMKM pada masa pandemi.

    Seperti yang dilakukan Citra Ajeng, pemilik Takoyaki Ichi, ia menyediakan dua menu Traktir Driver dengan pilihan isi 4 dan 8 takoyaki mulai dari harga 11 ribu rupiah. “Senang bisa saling terbantu karena menunya ikut laku dan bisa membantu para driver. Bahkan ada juga pelanggan yang khusus pesan menu Traktir Driver saja,” jelas Citra.

    Program Traktir Driver sekaligus menjadi bentuk apresiasi dari pelanggan dan mitra merchant kepada mitra driver yang senantiasa siap mengantarkan makanan di tengah situasi yang sulit.

    Baca juga, Kurangi penggunaan plastik, Gojek bagikan tas khusus untuk pengantaran GoFood

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Latest Posts

    POPULAR