GadgetDIVA - Banyaknya aplikasi yang memudahkan hidup membuat pengguna mau tidak mau harus memiliki digital expenses atau pengeluaran digital. Pengeluaran digital merujuk pada biaya yang dikeluarkan oleh individu untuk berlangganan berbagai layanan daring, seperti hiburan, produktivitas, hingga telekomunikasi.
Di era digital, pengeluaran ini semakin meningkat seiring dengan gaya hidup yang kian terhubung dengan berbagai platform digital. Bagi sebagian besar pengguna, berlangganan aplikasi adalah hal yang penting untuk menunjang hiburan, pekerjaan, maupun konektivitas sehari-hari.
Di Indonesia, tren pengeluaran digital juga menunjukkan lonjakan yang signifikan. Dari layanan hiburan seperti Netflix dan Spotify hingga alat produktivitas seperti Microsoft 365 dan Canva, pengguna mengelola banyak langganan sekaligus. Data terbaru menunjukkan bahwa rata-rata pengeluaran digital satu orang di dunia per tahun mencapai Rp15 juta, mencakup sekitar 12 langganan berbeda, termasuk tiga layanan paling popular di dunia, yakni Netflix, Spotify, dan YouTube Premium.
Baca Juga
Advertisement
Pengeluaran Langganan Digital yang Dominan
Kaspersky, melalui alat manajemen langganan SubsCrab, melaporkan bahwa layanan streaming seperti Netflix, Spotify, dan YouTube Premium mendominasi langganan global. Sebanyak 22% pengguna memilih layanan streaming sebagai langganan utama mereka. Selain itu, layanan multi-langganan yang menawarkan paket hiburan, internet, hingga telekomunikasi turut menarik minat 16% pengguna, memberikan kemudahan dalam satu paket.
Layanan produktivitas juga populer, dengan aplikasi seperti Microsoft 365, Adobe Creative Cloud, dan Canva masuk dalam jajaran langganan favorit. Tidak hanya untuk hiburan, langganan digital kini merambah ke berbagai aspek kehidupan, termasuk telekomunikasi dan pengiriman barang.
Baca Juga
Advertisement
Langganan yang Paling Cepat Tumbuh
Beberapa layanan berlangganan menunjukkan pertumbuhan signifikan, seperti ChatGPT yang mengalami peningkatan penggunaan hingga 296% dibandingkan tahun sebelumnya. Layanan premium lain seperti YouTube Premium, Telegram Premium, dan Snapchat+ juga menunjukkan tren pertumbuhan pesat. Namun, layanan-layanan ini juga sering mengalami pembatalan, di mana Netflix, YouTube Premium, dan Spotify termasuk yang paling sering dibatalkan.
Kebiasaan Pembayaran Langganan
Sebanyak 76% pengguna memilih pembayaran bulanan untuk langganan digital mereka, sementara 17% memilih paket tahunan yang semakin meningkat popularitasnya dari tahun ke tahun. Untuk pengeluaran tahunan, rata-rata pengguna menghabiskan hingga $938 atau sekitar Rp15 juta, dengan biaya bervariasi di berbagai negara. Di Turki, biaya langganan rata-rata hanya sekitar $4 per bulan, sedangkan di Inggris mencapai $13.
Melalui berbagai pilihan ini, alat manajemen langganan seperti SubsCrab membantu pengguna untuk mengelola dan memonitor pengeluaran digital mereka. Dengan mengingatkan pengguna akan langganan yang sudah tidak terpakai, alat ini membantu pengguna menghemat biaya serta memilih layanan baru yang lebih relevan dengan kebutuhan mereka.
Baca Juga
Advertisement
Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.