Jajal Make-Up Virtual Pakai AI AR, Trafik ke Situs Wardah Naik 134%

Wardah Virtual Try On
Wardah Virtual Try On

GadgetDIVA - Industri kecantikan tak lepas dari teknologi untuk terus berkembang dan berinovasi. Wardah misalnya, yang mulai mengimplementasikan virtual Try On untuk produk buatannya, dan kini mulai membuahkan hasil berupa peningkatan trafik ke website sampai 134,41 persen.

Pihak Wardah mengakui, fitur Virtual Try-On membawa banyak manfaat bagi brand, tidak hanya soal peningkatan trafik, tapi juga engalaman berbelanja yang berbeda dan sangat personal. Hal ini membuat konsumen membeli lebih banyak produk dibandingkan niat awalnya. Selain itu, hubungan antara Wardah dan konsumennya juga menjadi lebih dekat, sehingga konsumen yang loyal terus bertambah. 

Melihat hal ini, Wardah menambahkan fitur Foundation Shade Finder yang membantu konsumen menemukan warna produk foundation yang sesuai dengan warna kulit mereka. Fitur ini juga langsung menjadi hit. Sejak mengimplementasikan fitur Virtual Try-On dan Foundation Shade Finder, engagement rate dari situs Wardah mengalami peningkatan sebesar 28 persen dibandingkan sebelum implementasi kedua fitur tersebut. 

Advertisement

“Wardah selalu berupaya untuk memberi pengalaman berbelanja yang menyenangkan bagi para konsumennya. Dengan kemitraan bersama Perfect Corp, kami telah berhasil melakukannya dengan menghadirkan teknologi dan pengalaman yang canggih langsung kepada konsumen kami,” ujar Tessi Fathia, Senior Head of Digital Transformation Wardah.

Kemitraan Wardah dengan Perfect Corp

Diketahui, teknologi tersebut dibuat Wardah bekerja sama dengan Perfect Corp. Kemitraan Wardah dengan Perfect Corp bermula pada saat pandemi COVID-19. Lewat kemitraan ini, Wardah ingin meningkatkan pengalaman belanja daring dari para konsumennya, sebagai cara untuk mengakselerasi pertumbuhan sekaligus untuk menjawab tuntutan konsumen pada masa itu. Karena adanya pembatasan aktivitas sosial dan penerapan protokol kesehatan, konsumen tak lagi leluasa berkunjung dan berbelanja di toko, sehingga ingin dapat mengeksplorasi produk secara daring.

Advertisement

Layanan Perfect Corp yang dipilih Wardah adalah fitur Virtual Try-On, yang menjadi solusi percobaan produk makeup secara virtual yang aman dan nyaman bagi konsumen di situs resmi Wardah. Fitur yang mengintegrasikan teknologi AI dan AR ini langsung mendapat sambutan meriah dari konsumen yang sangat tertarik dan terhibur saat mencoba produk makeup secara virtual. Wardah mencatat telah berlangsung lebih dari 250 ribu sesi virtual try-on hingga saat ini, dan terjadi peningkatan lalu lintas situs sebesar 134,41% dibandingkan tahun sebelumnya.

Walau pandemi telah usai, tapi Wardah terus mengimplementasikan inovasi teknologi ke depannya. Bagi Wardah, solusi yang diberikan Perfect Corp tak hanya meningkatkan pengalaman berbelanja daring bagi konsumen, tapi juga membantu memangkas biaya pembuatan sampel produk serta membuat bisnis mereka menjadi semakin ramah lingkungan. 

Lebih dari itu, implementasi inovasi teknologi yang terdepan ini juga telah membuat Wardah memiliki citra sebagai brand yang modern. Seperti yang diungkapkan Ariska Tri Devi, Digital Ecosystem Officer Wardah, “Mengimplementasikan Virtual Try-On dan Foundation Shade Finder dari Perfect Corp telah membantu meningkatkan citra Wardah di kalangan konsumen menjadi lebih modern.”

Advertisement

Pemanfaatan AI di Industri Kecantikan

Implementasi AI di industri kecantikan tercatat terus mengalami peningkatan. Menurut laporan dari InsightAce Analytics, pemanfaatan AI di industri kecantikan global diprediksi akan mencapai nilai USD 13,34 miliar pada 2030, dengan tingkat pertumbuhan tahunan sebesar 19,7 persen dari 2021 ke 2030.

Industri kecantikan lekat dengan inovasi yang tiada henti. Karena itu, pemanfaatan AI sudah merupakan sebuah keharusan untuk mengakselerasi inovasi. Para pelaku industri kecantikan di Indonesia tak ketinggalan mulai melakukannya. Salah satu yang menjadi pelopor adalah Wardah, yang telah bermitra dengan Perfect Corp untuk mengintegrasikan layanan berbasis teknologi AI dan AR (augmented reality) di website mereka selama beberapa tahun terakhir.

Advertisement

Dengan begitu banyak manfaat yang didapatkan Wardah dengan mengimplementasikan teknologi yang inovatif hasil integrasi AI dan AR, sudah saatnya para pelaku industri kecantikan di Indonesia melakukan langkah serupa. Dengan demikian, mereka juga dapat menjawab tantangan untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang terus berkembang, sekaligus mengakselerasi inovasi yang mendukung pertumbuhan bisnis.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Jurnalis teknologi dan gadget sejak 2005. Mulai dari Majalah Digicom, pernah di Tabloid Ponselku, pendiri techno.okezone.com, 5 tahun di Viva.co.id, 2 tahun di Uzone.id. Pernah bikin majalah digital Klik Magazine, sempat di perusahaan VAS Celltick Technologies. Sekarang jadi founder Gadgetdiva.id, bantuin Indotelko.com dan Gizmologi.id. Supermom dengan 2 orang superkids.