Program Senyuman Ramadan Super Indo Gandeng Lebih Banyak Mitra

Program Senyuman Ramadan Super Indo Gandeng Lebih Banyak Mitra
Program Senyuman Ramadan Super Indo Gandeng Lebih Banyak Mitra

GadgetDIVA - GadgetDiva.id — Sudah menjadi program rutin Super Indo setiap tahun menggelar program Senyuman Ramadan dengan menggandeng Foodbank of Indonesia (FOI) melalui dapur umum dan dapur Bergerak Mustikarasa. Tahun ini, diharapkan program ini meningkatkan kesadaran bersama pentingnya kolaborasi dalam meningkatkan gizi masyarakat Indonesia.

Program Senyuman Ramadan yang merupakan singkatan dari “Semua Bisa Nyumbang Makanan di Bulan Ramadan” ini menargetkan penyebaran 3000 paket makanan di 30 Kota/Kabupaten di Jawa dan Sumatra yang diperuntukan bagi keluarga prasejahtera khususnya manula dan anak-anak.

Didukung 7 mitra pemasok terpilih, program Senyuman Ramadan ini diharapkan bisa meringankan beban masyarakat kurang mampu selama masa festive, masa dimana semua harga bahan pangan meningkat tajam. Mitra pemasok yang bergabung dalam aksi sosial ini adalah Belfoods, CEDEA, Sunpride, Daitsabu, AICE Ice Cream, 365 Tuna Kaleng dan 365 Minyak Goreng.

Hendro Utomo, CEO Foodbank of Indonesia Networking mengungkapkan apresiasinya pada program ini, karena menurutnya, tanpa makanan yang baik, tidak akan bisa memberikan pendidikan yang baik. “Super Indo memberikan akses pangan yang baik melalui 2.300 ton makanan yang telah didistribusikan,” ujarnya.

Dia menambahkan selama periode program ini Dapur Umum dan Dapur Bergerak Mustikarasa beroperasi penuh untuk menyiapkan dan mendistribusikan makanan kepada masyarakat yang membutuhkan. Selain itu, program Senyuman Ramadan ini mampu menggerakan para ibu dan relawan untuk berkumpul dan memasak bagi masyarakat rentan diantaranya anak-anak, perempuan dan lansia.

“Sejak tahun 2018, Super Indo telah menjalin kerjasama dengan FOI untuk mencegah kemubaziran pangan dan memanfaatkan bahan pangan yang berlebih untuk membantu ribuan warga yang membutuhkan. Dengan dijalankannya program Senyuman Ramadan ini, kami berharap bisa berbagi kebahagiaan dengan masyarakat pra-sejahtera di bulan suci. Kami sangat mengapresiasi partisipasi aktif dari para mitra pemasok kami dalam program ini, sehingga paket makanan sehat yang disiapkan menjadi lebih menarik, ” papar Yuvlinda Susanta, General Manager Corporate Affairs & Sustainability Super Indo.

Nita Yulianis, S.P., M.Si, Direktur Kewaspadaan Pangan dan Gizi Badan Pangan Nasional juga mengapresiasi program Senyuman Ramadan yang telah hadir di 30 titik di Pulau Jawa dan Sumatera. Menurut Nita, program ini bentuk kolaborasi yang tidak hanya dari pemerintah pusat yang ambil peran, tapi juga sektor penta-helix meliputi akademisi, media, pihak swasta di sector bisnis, pemerintah daerah, dan juga masyarakat pada umumnya.

“Insya Allah program ini sudah dikolaborasikan juga dengan Badan Pangan Nasional beserta Dinas Pangan Daerah di wilayah Sumatera dan Jawa. Semoga inisiasi baik yang merangkul para relawan dari Foodbank of Indonesia dan para mitra yang terlibat dalam menjamin akses pangan untuk semua, tidak berhenti disini,” tandasnya.

Badan Pangan Nasional memiliki tiga Langkah dalam menjaga ketahanan pangan, yaitu better nutrition, better behavior, dan better collaboration yang akan menjadi strategi dalam menghadapi isu kehilangan dan pemborosan makanan. Hal ini mengingat Indonesia memproduksi sampah makanan hingga mencapai 21 juta ton per tahun menurut Laporan The United Nations Environment Programme (UNEP).

Program Senyuman Ramadan merupakan aksi sosial dimana Super Indo dan mitra pemasok menyisihkan sebagian keuntungan dari penjualan selama program berjalan. Semakin banyak produk yang terjual atau dibeli oleh pelanggan di Super Indo maka akan semakin maksimal nilai donasi yang diberikan kepada penerima manfaat. Ini ditujukan untuk membuka akses pangan sehat untuk masyarakat yang membutuhkan selama periode festive, yaitu di bulan Ramadhan dan Syawal melalui Dapur Pangan FOI yang berada di 30 daerah Jawa dan Sumatra Selatan selama 23 Maret – 6 April 2024.

“Setiap orang berperan dalam membuka akses pangan sehat bagi masyarakat. Sebagai warga Indonesia yang terbiasa dengan tradisi gotong-royong, mari kita bersama saling bahu membahu. Kami percaya kepedulian dan aksi nyata mampu mengakhiri kesulitan. Kami berharap lebih banyak perusahaan yang mengikuti jejak Super Indo dan terlibat dalam aksi gotong-royong ini,” pungkas Yuvlinda.

Super Indo hadir di Indonesia sejak 1997, telah tersebar kota dan kabupaten di Pulau Jawa dan Sumatera bagian selatan termasuk supermarket waralaba dengan merek Super Indo Express yang berlokasi di Jakarta, Tangerang, Bekasi dan Depok. Didukung lebih dari 9.500 karyawan terlatih, Super Indo yang memiliki tujuan bisnis “membuat makanan sehat mudah diakses dan terjangkau dimana saja dan kapan saja”, menyediakan beragam produk kebutuhan sehari-hari dengan kualitas yang dapat diandalkan, lengkap, harga hemat, dan lokasi toko yang mudah dijangkau.

Jaringan ritel ini menjaga keunggulannya dalam kesegaran dan kualitas produk selalu dijaga melalui pilihan sumber yang baik dan penanganan dengan standar prosedur operasional yang selalu dipantau selaras dengan tagline mereka yaitu  “Lebih Segar”, “Lebih Hemat” dan “Lebih Dekat”.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.