NASA ungkap kemungkinan adanya konsep Parallel Universe

Paradiva yang gemar film atau suka baca komik bergenre Sci-fi pasti sudah familiar dengan konsep Parallel Universe atau alam semesta paralel. Yap, sebuah konsep bahwa adanya alam semesta yang mirip dengan dunia kita ini, namun berada di dimensi atau dunia yang berbeda.

Konsep Parallel Universe ini sudah ada dalam benak penggemar acara televisi dan komik Sci-fi sejak tahun 1960-an. Dimana hukum fisika adalah kebalikan dari kita sendiri.

Meskipun kedengarannya terlalu fiksi, namun para ilmuwan NASA berhasil menemukan bukti adanya konsep Parallel Universe. Eksperimen tersebut dilakukan melalui pendeteksian sinar kosmik yang menemukan sebuah partikel yang berasal dari dunia paralel. Partikel itu disebut berasal dari ledakan Big Bang.

Dilansir dari New York Post, Mereka melakukan eksperimen di Antartika dalam sebuah skenario yang berjudul The Twilight Zone. Untuk melakukan eksperimen, ilmuwan NASA menggunakan balon raksasa untuk membawa Antena Transient Implusif Antartika NASA (ANITA). Alat tersebut diterbangkan jauh di atas Antartika, dengan udara yang kering, dingin dan jauh dari suara radio.

Dari penelitian tersebut, ditemkuan bahwa adanya Angin dengan partikel energi yang tinggi terus menerus sampai ke Bumi dari luar angkasa. Neutrino subatomik berenergi rendah dengan massa hampir nol dapat sepenuhnya melewati Bumi, namun benda berenergi tinggi tersebut dihentikan oleh benda padat yang terdapat dalam planet kita.

Hal tersebut berarti partikel berenergi tinggi hanya dapat dideteksi datang “turun” dari ruang angkasa, namun tim ANITA mendeteksi partikel yang lebih berat. Partikel tersebut disebut tau neutrino. Tau neutrino ini muncul “naik” keluar dari bumi.

Maka dapat diartikan bahwa penemuan ini menyiratkan, pertikel-partikel ini sebenarnya bergerak mundur dalam waktu yang berkebalikan dan menunjukkan bukti alam semesta paralel.

Peneliti utama ANITA, Peter Gorham yang juga seorang ahli fisika partikel eksperimental di Universitas Hawai, menyatakan bahwa alasan tau neutrino berperilaku seperti itu karena ia bisa berubah menjadi jenis partikel yang berbeda sebelum masuk ke bumi, kemudian kembali ke luar angkasa.

Gorham dengan beberapa peneliti lainnya berindikasi bahwa adanya fenomena yang aneh. Pasalnya, ia menemukan adanya peristiwa mustahil yang terjadi. “Tidak semua orang percaya dengan adanya hipotesis ini,” ujarnya pada New Scientist.

Penjelasan gampangnya adalah sejak terjadinya Big Bang 13,8 miliar tahun yang lalu, alam semesta terbagi menjadi dua bentuk. Alam semesta kita dan alam semesta lain yang menurut perspektif kita berjalan berbalik dengan waktu yang mundur alias parallel universe. Perspektif tersebut juga akan muncul dalam perspektif mereka–makhluk dunia lain– yang menggap bahwa kitalah yang sebenarnya terbelakang.

“Kami pergi (bereksperimen) dengan kemungkinan paling menarik atau justru paling membosankan,” ujar Ibrahim Safa yang juga bagian dari tim ANITA.

Hmm, gimana nih guys menurut kalian? Kalian percaya nggak dengan adanya parallel universe ini?

Baca juga, Astronot NASA, Curiosity punya foto selfie di Mars

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.