Facebook Shops: Fitur baru untuk promosikan bisnis kecil

0
facebook protect

Saat pandemi Covid-19, membuat ekonomi dunia melemah dan tentunya penjualan online menjadi satu-satunya andalan masyarakat. Menyadari hal ini, pendiri Facebook, Mark Zuckerberg menambahkan fitur baru ke aplikasinya untuk mempromosikan e-commerce.

Fitur ini dinamakan Facebook Shops, yang memungkinkan para pelaku usaha untuk membuat front store gratis di Facebook dan Instagram.

Dalam live streaming yang dikutip pada laman Bolnews, Mark Zuckerberg mengatakan bahwa memperluas e-commerce sangat penting untuk membangun kembali ekonomi selama Pandemi Coronavirus. Dirinya mengatakan bahkan jika pengguna tidak dapat membuka toko atau restoran, mereka masih dapat mengirimkan barang dengan pesanan online.

Kabarnya fitur ini di umumkan pada Selasa malam dan beberapa inisiatif e-commerce juga diumumkan di aplikasi Facebook. Fitur baru Facebook Shops ini bakal semakin meningkatkan bisnis berbasis iklan Facebook dan menekan perusahaan perdagangan online seperti Amazon, eBay dan lainnya.

Fitur Facebook Shops telah diperkenalkan di masa ketika penjualan e-commerce melejit di berbagai belahan dunia, sementara bisnis kecil mengalami kesulitan. Para pelaku usaha yang berjualan di aplikasi ini bisa membeli iklan untuk akun bisnisnya dan akan dikenakan biaya ketika menggunakan opsi pos pemeriksaan Facebook.

Usaha kecil akan mudah menemukan pengguna di halaman Facebook dan profil Instagram, serta iklan dagangan para pelaku usaha juga bakal muncul di Facebook Shops atau bahkan di aplikasi Instagram, lho!

Produk yang ditawarkan untuk dijual akan muncul di fitur shops dan konsumen akan dapat menempatkan atau memesannya di opsi “Simpan Barang”.

Dengan adanya fitur ini, para pelaku bisnis kecil dapat menjual barang dagangan dengan mudah untuk mendapatkan konsumen dan langsung dapat terhubung ke Facebook Shops ketimbang harus membuat web bisnis.

“Facebook Shops membantu usaha kecil membuat toko di dalam aplikasi kami dan ini akan menjadi pengalaman cepat pengguna mencari produk dan membeli barang secara langsung,” kata Mark.

Fyi, pihak Facebook telah bekerja pada fitur e-commerce sejak 2016, memperkenalkan pasar online untuk membantu membeli dan menjual barang-barang di dalam aplikasi. Dua tahun kemudian, Instagram mulai mengerjakan aplikasi belanja otonom, yang kemudian ditunda, dan tahun lalu Instagram menambahkan pos pemeriksaan dalam aplikasi.

Fitur Shops ini dikabarkan sedang diperkenalkan di AS mulai Selasa dan akan tersedia di Instagram dalam beberapa minggu ke depan. Fitur ini juga bakal ditambahkan ke bilah navigasi sebagai situs belanja dan akan diperkenalkan di negara lain.

Baca juga, Bantu belanja online, Facebook buat fitur Shop untuk Facebook dan Instagram


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan