Robot buatan Korsel ini bisa peringkatkan social distancing

0
Robot Korsel

Jika Singapura punya robot patroli yang dapat menjaga social distancing di taman, Korsel (Korea Selatan) juga punya nih robot yang serupa. Bedanya, robot buatan Korsel ini memberikan fasilitas lebih dari sekadar menjaga social distancing. Apa aja sih? Simak yuk, Girls!

Sebelumnya, Korsel memang terkenal dengan perkembangan teknologinya yang sudah menggunakan robot dalam beberapa aktivitas sehari-hari. Contohnya, dalam hal manufaktur dan pembersihan. Di tengah pandemi COVID-19, para perusahaan teknlogi bekerja sama untuk membuat sebuah robot yang dapat menghambat penyebaran virus. Dengan cara menjaga social distancing dan

Dilansir dari Reuters, robot yang ditemukan dalam lobi di salah satu kantor pusat operator terbesar di Korsel ini dapat memeriksa temperatur tubuh, mengeluarkan hand sinitizer dan mendisinfeksi lantai. Robot ini dilengkapu dengan kamera dan layar LED untuk memeriksa para pengunjung gedung tersebut.

Robot ini merupakan hasil kolaborasi antara SK Telecom dengan Omron Electronics Korea, penyedia solusi industri otomatis industri, mentrasmisikan data ke server secara real time dan didukung oleh teknologi generasi (5G) perusahaan telekomunikasi.  Jika seseorang terdeteksi dengan suhu 37,5 Celcius saat menggunakan kecerdasan buatan (AI) untuk mendeteksi pertemuan dan menyarankan orang untuk bubar. Mereka yang tidak mengenakan topeng akan diingatkan untuk mengenakannya.

“Robot ini dapat membantu meminimalkan kontak dari orang-ke-orang dan mengurangi waktu yang diperlukan untuk pemeriksaan suhu di pintu masuk dengan teknologi AI untuk meningkatkan akurasi,” kata Ra Kyhong-hwan, kepala kerja sama bisnis data di SK Telecom dan salah satu dari para pengembang.

Alat ini dipersenjatai dengan lampu ultraviolet dan dua penyemprot disinfektan, robot ini dapat mensterilkan 99% dari 33 meter persegi (355 kaki persegi) area permukaan dalam 10 menit, kata perusahaan itu. Ra juga menyatakan bahwa para pengembang menambahkan fungsi untuk menyembunyikan wajah yang dicerminkan di layar untuk melindungi privasi orang.

Tak hanya itu, robot ini juga dapat memeringatkan mereka untuk melakukan social distancing. “Tolong lakukan social distancing!” ujar robot putih itu dengan tegas dan sopan sambil memingatkan tiga karyawan SK Telecom yang sedang mengobrol di dekatnya.

“Rasanya agak aneh ketika saya pertama kali melihat robot itu tetapi saya menyadari itu dapat meningkatkan kesadaran tentang menjauhkan dan juga meningkatkan akurasi dalam pemeriksaan suhu,” kata Lim Yeon June, seorang karyawan SK Telecom.

Sementara itu, Robot ini juga sudah digunakan oleh beberapa tempat umum di Korsel. Contohnya, salah satu kafe di pusat kota Daejeon menggunakan sebuah robot menerima pesanan untuk membuat 60 jenis minuman yang berbeda dan membawanya ke pelanggan di tempat duduk mereka.

Selanjutnya, di CJ CGV, bioskop multipleks terbesar di Korea Selatan, para penonton bioskop dapat membeli tiket, popcorn dan voucher parkir melalui robot yang dapat memandu mereka ke kursi penonton atau ke kamar mandi.

Hmm, gimana nih, girls? Robotnya menarik banget nggak, sih?

Baca juga, Robodog milik Singapura bisa peringatkan social distancing


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan