Tuesday, 11 May 2021
More

    Latest Posts


    Aksi Fans K-Pop untuk mendukung Gerakan Black Lives Matter di Twitter

    Beberapa hari yang lalu, hashtag White Lives Matter menjadi trending topic. Rupanya sekelompok Fans K-pop melakukan sebuah aksi untuk mendukung Gerakan Black Lives Matter dengan mengambil alih hashtag tersebut untuk menenggelamkan pesan-pesan supremasi kulit putih.

    Dengan menggunakan hashtag tersebut, para penggemar dari grup K-pop seperti BTS, Blackpink, Monsta X dan ONEOUS memposting pesan dan video anti-rasisme. Beberapa juga ada yang memposting video fancam atau GIF dari artis favorit mereka. Aksi yang mereka lakukan ini cukup efektif untuk menenggelamkan pesan supremasi kulit putih yang ingin melawan hashtag #BlackLivesMatter. Beberapa fans K-pop yang terlibat dalam aksi ini berdomisili di AS.

    Dilansir dari Grammy, ide ini datang dari aksi sukses mereka sebelumnya dalam mengelabui aplikasi Dallas Police Department yang ingin mengumpulkan video aktivitas dari pengunjuk rasa. Fans K-pop juga menyatakan bahwa aksi ini merupakan bentuk dukungan mereka untuk aksi Black Live Matter yang masih terus berlangsung di AS.

    “Kami melakukannya untuk melindungi orang-orang yang hadir dalam protes karena penggemar K-Pop setuju bahwa mereka tidak pantas ditangkap karena berkumpul untuk memperjuangkan keadilan. Mengingat aksi ini berhasil, kami menyadari hal tersebut akan sukses pula jika dilakukan dalam hal lain seperti, menenggelamkan tweet supremasi kulit putih yang penuh kebencian dalam tagar yang mereka gunakan,” jelas salah satu akun Twitter yang merupakan penggemar dari BTS dan ONEOUS yang masih berusia 17 tahun pada Rolling Stone. Akun tersebut adalah Lovely Doya.

    Masih dalam aksi yang sama, minggu lalu para penggemar Blackpink juga telah mengarahkan promosi lagu Sour Candy untuk mendukung Gerakan Black Live Matters. Blink, penggemar setia Blackpink bersatu untuk memberi penghormatan terhadap gerakan tersebut dan ikut menggunakan hashtag #BlackLivesMatter.

    “Meskipun penggemar K-pop menggunakan pendekatan yang sangat unik dan menarik, kami menunjukkan dukungan kami dengan cara ini karena media sosial adalah keahlian kami dan kami tahu kami memiliki kemampuan untuk membuat hal-hal menjadi tren dengan mudah,” jelas Lovely Doya.

    Ia juga menjelaskan tujuan di balik aksi mendukung Gerakan Black Lives Matter ini. “Sangat penting untuk menunjukkan dukungan karena gerakan BLM (Black Live Matter) adalah tentang membawa keadilan bagi semua nyawa tak berdosa yang hilang di tangan petugas polisi rasis. Ini adalah sesuatu yang saya dan penggemar lainnya yang percayai, karena banyak dari kita, termasuk saya adalah POC (People of Color). Pada akhirnya, kita adalah manusia sebelum menjadi stan K-pop,” tutupnya.

    Baca juga, postingan Jennie di Instagram bikin BLINK khawatir

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Latest Posts

    POPULAR