Twitter punya fitur notifikasi khusus untuk kekerasan berbasis gender

0
179
Penggunaan Twitter Di Indonesia

Twitter meluncurkan fitur notifikasi khusus untuk kekerasan berbasis gender di tujuh negara Asia Pasifik, termasuk Indonesia. Hal ini diberlakukan untuk menanggapi lonjakan kekerasan berbasis gender secara global sebagai dampak dari isolasi selama pandemi COVID-19.

Saat paradiva mengetik atau melakukan pencarian di “explore” terkait kekerasan berbasis gender, akan muncul notifikasi dalam bahasa Indonesia yang akan mengarahkan kamu ke hotline dan laman informasi yang disediakan oleh lembaga dimana kamu dapat mencari bantuan, sekaligus mendapatkan dukungan yang dibutuhkan.

Twitter mengklaim sebagai platform pertama yang meluncurkan notifikasi khusus terkait kekerasan berbasis gender yang menyediakan layanan notifikasi untuk kesehatan mental dan pencegahan bunuh diri, vaksin, eksploitasi seksual terhadap anak, serta COVID-19

“Twitter bangga dapat meluncurkan fitur unik ini untuk membantu mengatasi kekerasan berbasis gender, termasuk kekerasan dalam rumah tangga (KDRT),” ujar Agung Yudha, Public Policy Director, Indonesia & Malaysia, Twitter.

Sekretaris Jenderal Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Guterres menyampaikan bahwa karantina wilayah yang diumumkan secara global selama pandemi COVID-19 menyebabkan “gelombang yang mengkhawatirkan” dalam kekerasan berbasis gender (KBG), memperparah ketidaksetaraan gender dengan adanya tanggung jawab untuk merawat anggota keluarga yang rentan di rumah, seperti anak-anak kecil atau yang sakit atau lanjut usia, yang cenderung menjadi peran perempuan dalam keluarga.

Melalui kemitraan erat dengan UN Women Asia Pasifik yang berperan sebagai penasehat, LSM terkemuka, serta lembaga negara, yang menyediakan perawatan darurat, dukungan dan konseling yang tersedia di tujuh negara, Indonesia, Malaysia, Filipina, Thailand, Singapura, Korea Selatan, dan Vietnam.

Twitter percaya, kolaborasi berbagai pihak terkait publik, swasta dan LSM adalah salah satu kunci untuk memerangi masalah kompleks berbasis kekerasan gender. Kemitraan ini, melalui layanan notifikasi #ThereIsHelp, akan membantu berkontribusi pada upaya organisasi lokal untuk memastikan masyarakat dapat mengakses dan mendapatkan bantuan ketika mereka membutuhkannya.

Sedangkan di Indonesia, Twitter bermitra dengan LBH APIK Jakarta (@LBHAPIK) dan Komisi Nasional Penghapusan Kekerasan terhadap Perempuan (@KomnasPerempuan) sebagai mitra nasional terpercaya.

Selanjutnya, Twitter berencana untuk memperluas layanan ini ke negara-negara lain di berbagai kawasan dalam beberapa minggu dan bulan mendatang.

Baca juga, Twitter meluncurkan fitur audio tweet untuk aplikasi iOS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here