Life

Twitter punya fitur notifikasi khusus untuk kekerasan berbasis gender

post-img

Source : gadgetDiva

Twitter meluncurkan fitur notifikasi khusus untuk kekerasan berbasis gender di tujuh negara Asia Pasifik, termasuk Indonesia. Hal ini diberlakukan untuk menanggapi lonjakan kekerasan berbasis gender secara global sebagai dampak dari isolasi selama pandemi COVID-19.

Saat paradiva mengetik atau melakukan pencarian di “explore” terkait kekerasan berbasis gender, akan muncul notifikasi dalam bahasa Indonesia yang akan mengarahkan kamu ke hotline dan laman informasi yang disediakan oleh lembaga dimana kamu dapat mencari bantuan, sekaligus mendapatkan dukungan yang dibutuhkan.

Jomblo main Tinder harus punya banyak pulsa Telkomsel, ini alasannya

Twitter mengklaim sebagai platform pertama yang meluncurkan notifikasi khusus terkait kekerasan berbasis gender yang menyediakan layanan notifikasi untuk kesehatan mental dan pencegahan bunuh diri, vaksin, eksploitasi seksual terhadap anak, serta COVID-19

“Twitter bangga dapat meluncurkan fitur unik ini untuk membantu mengatasi kekerasan berbasis gender, termasuk kekerasan dalam rumah tangga (KDRT),” ujar Agung Yudha, Public Policy Director, Indonesia & Malaysia, Twitter.

Sekretaris Jenderal Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Guterres menyampaikan bahwa karantina wilayah yang diumumkan secara global selama pandemi COVID-19 menyebabkan “gelombang yang mengkhawatirkan” dalam kekerasan berbasis gender (KBG), memperparah ketidaksetaraan gender dengan adanya tanggung jawab untuk merawat anggota keluarga yang rentan di rumah, seperti anak-anak kecil atau yang sakit atau lanjut usia, yang cenderung menjadi peran perempuan dalam keluarga.

Melalui kemitraan erat dengan UN Women Asia Pasifik yang berperan sebagai penasehat, LSM terkemuka, serta lembaga negara, yang menyediakan perawatan darurat, dukungan dan konseling yang tersedia di tujuh negara, Indonesia, Malaysia, Filipina, Thailand, Singapura, Korea Selatan, dan Vietnam.

Twitter percaya, kolaborasi berbagai pihak terkait publik, swasta dan LSM adalah salah satu kunci untuk memerangi masalah kompleks berbasis kekerasan gender. Kemitraan ini, melalui layanan notifikasi #ThereIsHelp, akan membantu berkontribusi pada upaya organisasi lokal untuk memastikan masyarakat dapat mengakses dan mendapatkan bantuan ketika mereka membutuhkannya.

Sedangkan di Indonesia, Twitter bermitra dengan LBH APIK Jakarta (@LBHAPIK) dan Komisi Nasional Penghapusan Kekerasan terhadap Perempuan (@KomnasPerempuan) sebagai mitra nasional terpercaya.

Selanjutnya, Twitter berencana untuk memperluas layanan ini ke negara-negara lain di berbagai kawasan dalam beberapa minggu dan bulan mendatang.

Baca juga, Twitter meluncurkan fitur audio tweet untuk aplikasi iOS


author-img_1

Jihan Nasir

Reporter

Artikel Terkait

Ingin jadi live game streamer terkenal? Intip langkah-langkah ini
Life

Ingin jadi live game streamer terkenal? Intip langkah-langkah ini

Paradiva yang gemar bermain game, sepertinya kamu harus mengembangkan hobi kamu agar menjadi Live..

Jomblo main Tinder harus punya banyak pulsa Telkomsel, ini alasannya
Life

Jomblo main Tinder harus punya banyak pulsa Telkomsel, ini alasannya

Telkomsel lakukan kolaborasi bersama aplikasi Tinder, menghadirkan fasilitas voucher Tinder Plus..

Kembali, Oppo gandeng Disney Pixar's ciptakan aplikasi Be A Greater You
Life

Kembali, Oppo gandeng Disney Pixar's ciptakan aplikasi Be A Greater You

Oppo kembali gandeng Disney Pixar’s untuk menciptakan aplikasi Be A Greater You, yang meru..

Gojek lanjutkan program Gojek Xcelerate batch 4, Latih 11 Startup Indonesia
Life

Gojek lanjutkan program Gojek Xcelerate batch 4, Latih 11 Startup Indonesia

Gojek melatih 11 startup lokal di bidang direct-to-consumer atau strategi penjualan brand langsun..


;