Friday, 6 August 2021
More

    Latest Posts


    Robot Dog milik Singapura telah siap dipasarkan

    Paradiva, masih ingat robot dog milik Singapura? Yap, robot yang dapat menjaga kita untuk tetap melakukan social distancing ini siap dipasarkan.

    Dalam situs webnya, Boston Dynamics, perusahaan pembuat Robot Dog menyatakan bahwa robot tersebut dipatok harga sekitar 75.000 dollar AS. Mereka mengklaim bahwa harga tersebut dapat dibenarkan karena anjing robot adalah anjing yang paling cerdas dan canggih yang ada saat ini. Robot ini dinamakan Spot.

    Robot ini terbilang cerdas dan canggih karena dilengkapi oleh kamera untuk memperikarakan berapa banyak orang yang berkumpul. Robot ini juga dapat memutar rekaman yang berisi peraturan selama lockdown. 

    Jika kamu membeli Spot, maka kamu dapat menambahkan beberapa fitur seperti baterai yang lebih besar, kamera 360 derajat, kamera yang memiliki zoom 30 kali, prosesor yang lebih baik dan paket layanan premium untuk jangkauan yang lebih luas dan perbaikan yang dipercepat.

    Sayangnya, robot ini nggak bisa sepenuhnya ‘dipelihara’ di dalam rumah. Apalagi, jika di rumahmu ada anak kecil. Pasalnya, Spot tidak boleh digunakan di dalam ruangan dan oleh anak-anak. Robot ini harus dioperasikan oleh individu yang telah terlatih sesuai dengan panduan Penggunanya. Hal tersebut disampaikan oleh situs web Boston Dynamics.

    Situs menyatakan bahwa sementara Spot memiliki gerak maju dan masih harus dioperasikan dua meter dari siapa pun setiap saat.

    Boston Dynamics pertama kali meluncurkan Spot pada tahun 2016. Mereka mendemonstrasikan banyak video dalam aksi seperto membuka pintu dengan ekstensi lengan, membawa kotak di punggungnya dan mampu menstabilkan dirinya agar tidak jatuh saat ditendang.

    Perusahaan merilis Spot ke bisnis besar lainnya untuk pengembangan serta kelompok penelitian unutk mengembangkannya lebih lanjut atau menggunakannya kembali untuk penggunaan lain dari industri hingga penggunaan militer.

    Pada bulan Mei lalu, anjing robot itu digunakan oleh pemerintah Singapura di Taman Bishan. Tujuannya untuk meningatkan orang agar melakukan dan mematuhi jarak social distancing yang diberlkakuan oleh pihak berwenang selama Circuit Breaker (CB).

    Baca juga, Robodog milik Singapura bisa peringatkan social distancing 

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Latest Posts

    POPULAR