Hati-hati, konten film dan serial televisi gratis di internet berpotensi virus!

0
teknologi fiber optik
Foto: Ilustrasi

Untuk mengisi waktu luang di tengah pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, banyak dari paradiva yang memanfaatkannya dengan mencari judul film dan serial televisi melalui online streaming platform.

Namun, tahu kah kamu bahwa banyaknya bahaya mencari konten hiburan gratis di internet? Nah, saat ini McAfee telah meneliti risiko dari aktivitas mencari konten hiburan gratis di internet yang dapat membahayakan paradiva yang menggunakan internet.

McAfee mengidentifikasi tipe film dan serial televisi yang berpotensi menjadi target kejahatan siber berdasarkan popularitas dan jumlah download atau streaming yang tinggi. Saat perusahaan streaming berbayar berlomba-lomba untuk menciptakan konten yang original dan eksklusif untuk menarik perhatian dan mempertahankan pelanggan mereka, masyarakat lebih banyak memilih konten gratis dibanding layanan berbayar.

Hal ini sebenarnya bisa membuka celah kejahatan siber melalui situs-situs gratis tersebut, sehingga masyarakat dihimbau untuk lebih berhati-hati.

“Sejarah telah membuktikan bahwa penjahat siber mengikuti tren dan perilaku pengguna untuk membangun strategi scam mereka. Maka kesadaran pada pengguna saat online sangat penting untuk menghindari situs web berbahaya berisi malware yang dapat mencuri informasi personal, seperti passwords,” ujar Shashwat Khandelwal, selaku Head of Southeast Asia Consumer, McAfee.

Setelah menganalisis tren konsumsi hiburan online yang populer di seluruh platform streaming, ada 5 judul film dan serial televisi yang menjadi paling sering dicari masyarakat Indonesia.

Judul film dan serial televisi apa aja, sih yang sering dicari? Dari daftar top 5 film di Indonesia, Frozen 2 menjadi urutan pertama. Disusul film Parasite sebagai posisi kedua dan diikuti film Milea: Suara dari Dilan. Diposisi selanjutnya ada juga film Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini dan terakhir Jumanji: The Next Level.

Untuk daftar urut serial televisi terfavorit di Indonesia yang paling sering di tonton, yaitu yang pertama ada The World of The Married, selanjutnya diposisi kedua Crash Landing On You, disusul Money Heist, kemudian ada juga Hi, Bye Mama! dan posisi terakhir ada Pretty Little Liars Indonesia.

Dari daftar judul yang paling sering di cari, diurutkan sesuai dengan tren pencarian dan konsumsi dari tertinggi hingga terendah. Menurut hasil tersebut, Frozen 2 (film) dan The World of The Married (serial televisi) menempati urutan pertama di masing-masing kategori.

Shashwat memaparkan bahwa selama masa PSBB, terlihat lonjakan dalam konsumsi video online dikarenakan adanya peralihan pengguna ke platform hiburan alternatif. Hal ini bisa menciptakan celah yang besar bagi kejahatan siber.

Untuk menjaga keamanan dalam mengakses konten online, paradiva harus tau tipsnya agar terhindar dari kejahatan siber. Menurut McAfee untuk langkah awalnya, paradiva harus berhati-hati dengan apa yang kamu click.

Paradiva yang ingin catch up dengan serial drama Korea favorit ataupun yang ingin menonton film Hollywood berulang kali harus lebih berhati-hati. Kamu juga dihimbau untuk mengakses konten tersebut dari sumber yang terpercaya.

Hal yang paling aman untuk dilakukan adalah berlangganan ke situs streaming yang terpercaya atau mengunduh film dari sumber, seperti iTunes atau Amazon. Jauhilah situs-situs yang menjanjikan konten gratis karena berpotensi malware.

Langkah selanjutnya, paradiva harus jauhi situs streaming ilegal. Banyak situs streaming ilegal yang dipenuhi oleh malware yang menyamar sebagai konten. Jauhi perangkat teknologi kamu dari kemungkinan virus dan mulai berlangganan atau streaming dari situs yang terpercaya.

Kemudian, lindungi ranah online paradiva dengan solusi keamanan siber (cybersecurity). Katakan selamat tinggal pada oknum-oknum kejahatan siber dengan menggunakan solusi keamanan seperti McAfee Total Protection.

Solusi ini dapat melindungi paradiva dari malware, serangan phishing, dan juga ancaman lainnya. McAfee Total Protection juga dilengkapi dengan McAfee WebAdvisor yang dapat mengingatkan paradiva akan situs web yang berbahaya.

Yang terakhir, paradiva gunakan perangkat lunak untuk mengontrol akses internet anak kamu. Banyak anak yang saat ini sudah mengerti cara menggunakan teknologi, bahkan lebih fasih daripada orangtua mereka.

Kejahatan siber juga dapat mengancam melalui apa yang diakses anak di internet. Ingatlah untuk membatasi penggunaan internet pada anak dan menggunakan perangkat lunak yang berfungsi untuk mengurangi risiko akan paparan ke situs web yang berbahaya atau tidak sesuai umur.

Dengan banyaknya resiko mengakses internet, paradiva harus lebih bijak, ya menggunakan konten hiburan agar terhindar dari resiko kejahatan siber!

Baca juga, Perempuan di dunia keamanan siber, kenapa tidak?


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan