New normal, ini sederet bisnis fashion paling dicari di Instagram

0
Bisnis Fashion di Instagram

Paradiva tau gak, sih bisnis fashion yang paling dicari di Instagram? Ketika membuka aplikasi Instagram, kamu bakal nemuin hashtag, #fashion, #hijab, #bajumurah, #newnormal, #gamis, #onlineshop, #gamissyari, #hijabers, #hijabstyle, dan #dress yang menjadi 10 besar hashtag paling banyak dicari di Indonesia sejak pemerintah mengumumkan masa PSBB transisi, lho!

Nah, buat paradiva yang memiliki bisnis fashion, kamu bisa mengikuti sesi rangkaian Instagram “LIVE Akademi Instagram” yang diadakan Pieter Lydian, Country Director untuk The Facebook Company di Indonesia sepanjang bulan Juni lalu.

Sesi LIVE Akademi Instagram diisi dengan bincang bisnis bersama beberapa figur publik yang sukses berbisnis di Instagram seperti Dimas Beck, Zaskia Adya Mecca, dan Luna Maya.

Selama sesi rangkaian Instagram LIVE Akademi Instagram berlangsung, Pieter Lydian dan ketiga figur publik ternama Indonesia tersebut membahas tips praktis seputar persiapan strategi bisnis di Instagram untuk menghadapi ‘new normal’.

Di masa sekarang ini, para pelaku UMKM harus dapat terus berinovasi dan memanfaatkan peluang yang disediakan oleh platform digital, seperti Instagram. Langkah pertama yang dapat dilakukan para pelaku UMKM yang baru ingin membangun eksistensi bisnis mereka di Instagram adalah mengubah profil Instagram mereka menjadi profil bisnis.

Dengan menggunakan Profil Bisnis, paradiva pelaku UMKM dapat memperoleh Insights secara realtime tentang kinerja Stories dan postingan Feed, karakteristik para followers dan bagaimana mereka berinteraksi dengan postingan, menambahkan tombol Aksi, seperti mengirim pesan, telepon, email, dan sebagainya, serta melakukan promosi atau beriklan.

https://lh4.googleusercontent.com/5YzPJTfFmZDoxiGgJObTpBgTwWOyofEyn36xK2F_z1FXrwUETsJfqFxxEpZS2jlGDca1N4tos5m5SjgG7plXRTU1lLPw2nioyaYm3u1ZCItDYXz_86LogUVM3fuk30McU8CjuIto

CEO dan pemilik bisnis @lunahabit, @namabeauty.co dan @macama.id, Luna Maya menyarankan paradiva untuk menganalisa interaksi konsumen, performa penjualan, dan karakteristik konsumen kamu secara berkala. Analisa bisnis ini akan sangat membantu paradiva menyusun strategi pemasaran yang efektif.

Tonjolkan karakter utama bisnis Kamu

Menurut data internal Instagram, 2 dari 3 pengunjung Profil Bisnis di Instagram bukan berasal dari followers. Itulah mengapa Feed profil bisnis kamu harus bisa menjadi etalase online saat orang melihat bisnis kamu.

Paradiva perlu membuat nama bisnis yang menarik, menulis informasi seputar bisnis yang lengkap pada bagian bio, dan selalu fokus pada 6 foto teratas Feed. Ketiga hal tersebut akan membantu orang mengenali karakteristik bisnis kamu secara mudah saat mereka mengunjungi profil bisnis Instagram kamu.

Manfaatkan berbagai fitur yang tersedia secara gratis bagi para pelaku UMKM

Paradiva dapat memaksimalkan seluruh fitur bisnis Instagram untuk membangun eksistensi bisnis, menjaga interaksi, bahkan mendorong terjadinya penjualan. Beberapa tips penggunaan fitur-fitur ini, antara lain:

https://lh4.googleusercontent.com/JWDx4OSmYDHyndtTwbuZEfquVVbbDTf_eNpCFh5l2APHSS49EsWhG_X-LU3LQuMXSGQWkRm84eIzijTuxc6BQr1mxGPBQa80zz9gbkIECjtrP8nK2dbpVRUQoQ00VLINOoADw2Mk

1. Tetap terhubung dengan para calon pelanggan melalui IG LIVE. Paradiva bisa melakukan tanya jawab dengan penonton, berbagi inspirasi, atau IG LIVE with dengan mengajak seorang pembicara tamu untuk saling berbagi cerita. Pemilik bisnis fashion muslim @meccanismindonesia, @biabyzaskiamecca, dan @zaskiamecca_id, Zaskia Adya Mecca, menambahkan bahwa IG LIVE juga bisa membantu bisnis untuk mengadakan online bazaar interaktif. 

2. Gunakan IGTV untuk berbagi konten yang lebih panjang, seperti tips mix-match fashion, tutorial make up, kreasi masakan, dan topik-topik diskusi lainnya.

3. Bagikan informasi penting seputar perubahan operasional bisnis dan kebijakan prosedur ‘new normal’ yang diterapkan di toko offline kamu melalui Feed, untuk memberikan panduan kesehatan dan kebersihan bagi para pelanggan yang ingin mengunjungi toko. 

4. Bagikan cerita mengenai bisnis kamu hingga proses behind-the-scenes produk-produk paradiva melalui Stories untuk tetap terhubung dengan para pengguna serta memberikan ketenangan bagi pelanggan atas komitmen kamu menjaga bisnis tetap higienis dan aman selama COVID-19. Instagram juga memiliki beberapa fitur di Stories yang bisa kamu gunakan untuk membangun interaksi yang interaktif, seperti Stiker Pesanan Makanan, Stiker Gift Card, dan Stiker Dukung Bisnis Kecil. 

5. Gunakan tagar yang sesuai untuk menjangkau audiens yang lebih luas. Ada 10 hashtag dengan tingkat pertumbuhan tertinggi di Indonesia dalam masa PSBB transisi ini: #fashion, #hijab, #bajumurah, #newnormal, #gamis, #onlineshop, #gamissyari, #hijabers, #hijabstyle, dan #dress.

Jaga interaksi dengan konsumen

Di tengah situasi ini, menjalin komunikasi dua arah dengan para followers kamu juga menjadi kunci dalam mempertahankan bisnis. Dengan terbatasnya aktivitas di toko offline kamu, interaksi online menjadi opsi utama yang digunakan para konsumen untuk mencari tahu lebih lanjut seputar suatu produk dan ketersediaan produk sebelum mereka melakukan pembelian.

Paradiva dapat memanfaatkan kolom komentar dan Direct Message secara aktif untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan calon konsumen. Selain itu, paradiva dapat mencoba membangun interaksi menyenangkan dengan calon pelanggan melalui fitur-fitur kreatif di Stories seperti polling, stiker pertanyaan, stiker kuis dan sebagainya.

Perkaya ilmu dan ikuti tren yang ada

Sebagai pelaku bisnis, adaptasi menjadi langkah utama yang harus diambil seiring dengan adanya tanggung jawab untuk mendukung para karyawan, baik dari sisi finansial dan mental, serta memastikan roda bisnis tetap berjalan.

https://lh4.googleusercontent.com/xGKFEew7ZAjEYbb1xqpFhqRdCPCBLkN6v_gxovTPgrmUN6aQxDGEHkuuXga3wxDlHaRXhQbhqWKqDQ_oJwozk-JxvQxvU-cOrFkxlU7QGpqIHUdnVwGAPkgmk2OTqsOz_GjKLjdm

Dimas Beck, pemilik @umaracatering, @laukitaindonesia, dan @lumpang_emas menambahkan bahwa para pelaku bisnis juga harus terus berupaya mencari formula yang tepat dalam merancang strategi bisnis sesuai dengan situasi terkini. Mereka dituntut untuk dapat mengambil keputusan yang cepat di tengah perubahan industri bisnis yang cukup dinamis saat ini.

Paradiva dapat mengakses materi rangkaian IG Live Akademi instagram secara gratis melalui IGTV @pieterlydian dan @kreavi (mitra kreatif Akademi Instagram). Selain itu, paradiva yang ingin mempelajari lebih lanjut seputar strategi Pemasaran Digital melalui layanan-layanan Facebook Companies dapat mengakses Facebook Blueprint.

Baca juga, Instagram resmi luncurkan fitur pinned comment untuk seluruh pengguna


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan