5 Tips untuk Menghindari Pencurian Identitas

0
Data Pemilih

Hai paradiva, kalian sudah tahu belum kalau banyak sekali pencurian identitas saat ini, bahaya sekali kan? Tips hindari pencurian identitas sangat dibutuhkan saat ini, apalagi ketika semua orang terhubung dan bekerja online. Maka dari itu kita harus lebih berhati-hati dan harus tahu apa saja sih tips-tips yang harus dilakukan agar terhindari dari kejahatan, apalagi pencurian identitas. Yuk di simak!

Virus corona telah menyebabkan kekacauan, menurut angka terbaru dari Action Fraud, tercatat ada lebih dari 2.000 korban penipuan identitas di Inggris sejak pandemi dimulai, dengan total lebih dari £ 7 juta diambil melalui penipuan terkait virus corona. Angka terbaru dari CIFAS menunjukkan bahwa 2019 membawa jumlah kasus penipuan identitas tertinggi – 223.000 – meningkat 18% dari tahun sebelumnya. Bahaya sekali bukan? Penjahat dunia maya mengembangkan cara terbaru untuk merampas uang orang lain.

Semua penipuan memang bahaya, tetapi penjahat dunia maya seperti ini dapat merebut identitas kita. Orang-orang perlu mendidik diri mereka sendiri untuk tetap melindungi informasi pribadi mereka. Inilah 5 cara yang dapat kita lakukan untuk mencegah penipuan identitas.

Waspada Phishing

Email pishing merupakan taktik yang paling sering digunakan oleh penjahat dunia maya, ini juga merupakan taktik utama lho girls. Tetapi masih banyak tanda-tanda penipuan, seperti menggunakan format yang buruk dan email tidak resmi. Taktik ini dibuat untuk meyakinkan konsumen agar mengklik link yang berbahaya, jadi ini harus dihindari ya!
Kita juga harus memeriksa informasi secara mandiri dengan masuk ke akun pribadi di situs web perusahaan dan perusahaan pun akan sering memposting peringatan di situs web mereka jika mereka mengetahui adanya email penipuan. Smishing, di mana pishing dilakukan melalui pesan teks. Harus tetap waspada ya, girls! Kelihatan sederhana namun sering terjadi.

Aktifkan Otentikasi Dua Faktor
Pastinya banyak akun online yang menawarkan otentikasi dia faktor yang dapat mencegah pengambilalihan akun. kalian dapat menggunakan fitur ini agar akun kalian semakin sulit untuk diambil alih. Pesan teks adalah faktor kedua yang paking terkenal, tetapi ini juga rentan untuk diambil alih. Kalian harus memilih faktor alternatif yang tersedia.

Siapkan Pemantauan Identitas dan Kartu Kredit
Jika cara ketiga ini diaktifkan maka kita akan mendapat peringatan jika data pribadi kita terancam, data pribadi seringkali diperdagangkan di web gelap dan layanan pemantauan berfokus pada tempat-tempat di mana data diketahui dapat dibeli dan dijual serta mengirimkan peringatan jika data pribadi teridentifikasi.

Mendaftar untuk Peringatan Aktivitas dari Lembaga Keuangan
Cara ini dapat memberi tahu konsumen tentang aktivitas mencurigakan yang terkait dengan akun kita. Jika kita tidak menunda-nunda dalam melaporkan suatu penipuan ke bank maka penipuan tersebut dapat dicegah dan ditarik lebih lanjut. So, jangan ragu untuk melaporkan suatu penipuan ya, karena lembaga keuangan akan membantu.

Ikuti Praktik Terbaik Keamanan Sandi
Banyak saran tentang membuat sandi yang kuat dan unik tetapi itu tidak efektif untuk orang yang mempunyai 60-80 akun, mereka akan sulit meningat semua sandi di setiap akunnya. Memasang pengelola sandi dapat membantu kita dalam membuat dan menyimpan kata sandi untuk semua akun, dan tentunya di semua perangkat kita. Meskipun tidak aman untuk menggunakan sandi umum seperti QWERTY atau nama peliharaan, tetapi ini dapat menyarankan alternative yang hampir tidak mungkin ditebak!

Jadi, kesimpulannya kita sebagai konsumen atau pengguna harus tetap berhati-hati dan waspada karena kejahatan dapat terjadi kapan dan dimana saja. Mempraktikan lapisan keamanan diatas dapat memberi tingkat perlindungan terbesar dari ancaman. Goodluck girls!

 

 


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan