Thursday, 17 June 2021
More

    Latest Posts


    Ini dia Sederet fitur yang dihadirkan dalam Chrome 85!

    Google hari ini (27/7) meluncurkan Chrome 85 untuk Windows, Mac, Linux, Android dan iOS. Dalam pembaruan ini Chrome menghadirkan sejumlah perubahan seperti manajemen tab, 10% lebih cepat dalam memuat halaman dan banyak fitur pengembang lainnya.

    Chrome telah digunakan oleh lebih dari 1 miliar pengguna. Saat ini, ia telah menjadi browser dan platform utama yang harus dipertimbangkan oleh para pengembang web. Faktanya, dengan penambahan dan perubahan reguler Chrome, para pengembang harus selalu mengetahui semua yang tersedia, serta apa yang sudah tidak digunakan lagi atau dihapus.

    Chrome 85 telah menghapus dukungannya untuk AppCache secara default. Lalu, menambah manajemen tab yang mendukung grup tab. Google menyatakan hal ini adalah permintaan fitur grup tab paling populer yang diterima oleh tim mereka.

    Jika kamu mennggunakaan Chrome dalam mode tablet, sekarang ada interface touchscreen dengan tab yang lebih besar dan praktis. Tab ini dapat diatur dan disembunyikan dengan mudah. Tampilan baru ini akan hadir di Chromebook terlebih dahulu. Namun, Google tidak akan memberikan detail yang tepat untuk peluncuran fitur ini.

    Selanjutnya, untuk Chrome dalam versi Android, sekarang kamu memiliki opsi untuk beralih ke tab yang sudah kamu buka. Sama seperti Chrome untuk dekstop.

    Dalam perilisan mendatang, kamu dapat mengarahkan kursor ke atas tab dan melihat preview thumbnail pada halaman. Fitur ini telah ada di browser lain, jadi Chrome hanya mengejar ketinggalannya.

    Salah satu peningkatan yang dibawa oleh Chrome 85 adalah kecepatan dalam membuka halaman web. Google memang menjanjikan kinerja tersembunyi dari chrome terbaru ini. Kamu dapat menemukan dua jenis peningkatan kecepatan tersebut, yaitu profile gudied optimization dan juga pembatasan tab.

    Profile guided optimization merupakan teknik pengoptimalan complier dimana bagian paling penting dari kode dapat berjalan lebih cepat. Sehingga, dapat menghasilkan pemuatan halaman hingga 10% lebih cepat dari chrome sebelumnya. Teknik ini memprioritaskan tugas paling umum menggunakan skenario penggunaan nyata yang sessuai dengan alur kerja pengguna Chrome di seluruh dunia.

    Teknik ini telah diluncurkan dalam Chrome 85 untuk Windows dan macOS. Dimana fitur tersebut dapat memuat halaman hingga 10% lebih cepat pada median, menurut pengujian Google. Perusahaan saat ini telah mencatat “peningkatan kecepatan yang lebih besar lagi saat CPU kamu ditugaskan untuk menjalankan banyak tab atau program.”

    Sementara untuk pembatasan tab, chrome versi terbaru akan memberikan lebih banyak sumber daya ke tab yang digunakan dengan mengambilnya kembali dari tab yang telah ada di background dlaam waktu yang lama. Hal ini akan menghasilkan peningkatan tidak hanya dalam kecepatan dalam memuat, namun juga membantu menghemat baterai dan memori.

    Berikutnya, dalam Chrome 85, Google memungkinkan kamu untuk mengisi formulir PDF dan menyimpannya dengan memasukkan kamu. Jika kamu membuka file lagi, kamu dapat melanjutkan dari bagian terakhir yang kamu tinggalkan. Fitur ini akan diluncurkan dalam beberapa minggu ke depan.

    Saat kamu mencetak halaman web dan memilih opsi Save as PDF, Chrome akan menghasilkan PDF yang diberi tag. Artinya, opsi ini berisi metadata tambahan tentang sturktur dokumen seperti judul, daftar, tabel, paragraf dan deskripsi gambar.

    PDF yang diberi tag lebih mudah diakses oleh pengguna penyandang disabilitas seperti orang yang menggunakan pembaca layar dan lebih mudah bagi perangkat lunak untuk memproses dan mengekstrak datanya secara otomatis. Jika kamu tidak langsung melihat fitur ini tersedia, kamu mingkin dapat mengkafitkan flag melalui chrome://flags/#export-tagged-pdf.

    Baca juga, Google bikin cara kerja search lebih personal dan mudah

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Latest Posts

    POPULAR