News

Asyiknya Presentasi dengan Samsung Dex di Galaxy Note20

post-img

Source : gadgetDiva

Dirancang sebagai perangkat untuk memaksimalkan produkvitas, Samsung Galaxy Note20 dibekali dengan sejumlah fitur untuk mendukung berbagai aktivitas pekerjaan paradiva. Salah satu fitur tersebut adalah Samsung DeX di Galaxy Note20 yang lahir sebagai konsep yang memberikan pengalaman komputasi desktop dari sebuah smartphone. 

Sebenarnya, Samsung DeX bukan fitur baru karena sudah ada sejak 2017. Namun, fitur produktivitas ini terus mengalami evolusi makin canggih agar makin mudah diakses dan kaya fitur. Samsung DeX adalah salah satu fitur produktivitas paling seamless yang ada pada Galaxy Note20 series. 

Kolaborasi Smartfren dan Alita Lengkapi Portfolio IoT Indonesia

samsung dex galaxy note20

Sebelumnya, untuk mengakses Samsung DeX memerlukan perangkat tambahan baik itu Dock maupun kabel. Sekarang, Samsung DeX di Galaxy Note20 bisa diakses secara nirkabel sehingga pengguna bisa makin produktif, misalnya jika ingin melakukan presentasi.

Paradiva pernah mengalami baterai laptop habis dan lupa bawa charger ketika akan melakukan presentasi dengan klien? Wah.. ini sih bisa membuat proyek yang akan digarap berantakan. Tapi, kalau punya Galaxy Note20 series tidak perlu khawatir dong.

Kehadiran DeX wireless akan sangat membantu terutama bagi yang kerap melakukan perjalanan bisnis. Paradiva tidak perlu direpotkan membawa dongle atau kabel saat hendak presentasi. Cukup hubungkan Galaxy Note20 series ke Smart TV yang mendukung Miracast dan terhubung ke jaringan WiFi. Lalu jalankan mode DeX seketika materi presentasi yang telah dibuat di Galaxy Note20 bisa ditampilkan di layar yang lebih besar.

Berikut cara menghubungkan perangkat Samsung Galaxy Note20 secara nirkabel ke smart TV:

  1. Pada Quick Panel, ketuk DeX.
  2. Pilih smart TV pada daftar koneksi nirkabel. (Saat Anda menyambungkan TV untuk pertama kalinya, Anda harus mengizinkan koneksi di TV).
  3. Ketuk “Start Now” atau Mulai Sekarang, pada layar ponsel.

Kita bisa mempresentasikan file yang ada di smartphone dan menyambungkan ke layar TV/ laptop. Untuk berganti slide, bisa dilakukan langsung pada Galaxy Note20 atau memanfaatkan Air Action pada S Pen. Jika DeX digunakan pada laptop, kita bisa menggunakan mouse dan keyboard agar melakukan pekerjaan lebih mudah.

Samsung DeX memudahkan kita untuk mengakses smartphone dan laptop secara bergantian, tanpa ribet. Dimulai ketika drag and drop dokumen/ foto/ video dari smartphone ke PC/ Mac hingga untuk kebutuhan presentasi.

Fitur ini makin sempurna jika memanfaatkan S Pen sebagai pointer atau remote presentasi. Dapat pula menggunakan Galaxy Note20 sebagai touchpad dengan kemampuan multi gesture atau keyboard untuk menambahkan catatan.

Selain memudahkan saat melakukan presentasi, dengan Samsung DeX, para pengguna bisa melakukan dua kegiatan sekaligus dengan layar ganda.

Saat kegiatan berlangsung misalnya presentasi, dalam waktu yang sama pengguna masih bisa menyelesaikan pekerjaannya di ponsel, termasuk memeriksa pesan, menelepon, atau bahkan istirahat dengan memainkan game favorit.

Sangat mudah untuk menyambungkan satu hingga dua layar besar dari Samsung Galaxy Note20 menggunakan Samsung DeX.

Saat terhubung ke layar kedua, Galaxy Note20 bertindak sebagai kontrol Touch Pad untuk navigasi yang lebih mudah dengan gerakan tiga jari. Kita juga dapat menggunakan perangkat sebagai Keyboard, saat perlu mengetik di layar DeX.

Beberapa aplikasi yang kita gunakan setiap hari dioptimalkan untuk bekerja dalam berbagai ukuran layar, misalnya seperti MS Office Suite, Browser hingga YouTube. Aplikasi tersebut nyaman untuk dilihat di smartphone, tapi dengan menggunakan Samsung DeX, kita dapat menyelesaikan pekerjaan dalam waktu singkat hingga mendapatkan pengalaman lebih menyenangkan.

Contoh skenarionya adalah MS Office Suite bisa langsung dibuka ketika akan presentasi ke partner. Kemudian melakukan panggilan video conference untuk berkomunikasi dengan tampilan lebih luas. Foto dan video yang perlu di-edit, bisa diperiksa lagi dengan lebih detail dan mengeditnya langsung dengan Samsung DeX melalui PC atau Mac. Bahkan, bermain game bisa dilakukan dengan DeX. Asyik sekali, kan?


author-img_1

Redaksi

Reporter

Artikel Terkait

Sukseskan Gelaran World Water Forum 2024 di Bali, Trafik Broadband Telkomsel Tumbuh 43%
News

Sukseskan Gelaran World Water Forum 2024 di Bali, Trafik Broadband Telkomsel Tumbuh 43%

Kenaikan trafik layanan data sebesar 43% menunjukkan betapa pentingnya upaya Telkomsel dalam memasti..

Kolaborasi Smartfren dan Alita Lengkapi Portfolio IoT Indonesia
News

Kolaborasi Smartfren dan Alita Lengkapi Portfolio IoT Indonesia

Melalui kolaborasi ini, Smartfren berencana membawa inovasi terkini yang dapat mendukung perkembanga..

OPPO Umumkan 5 Pesepakbola Tanah Air untuk Lawan Kaka hingga Casillas!
News

OPPO Umumkan 5 Pesepakbola Tanah Air untuk Lawan Kaka hingga Casillas!

OPPO mengajak lima pemain sepak bola terbaik Indonesia untuk bermain melawan tim legenda UEFA Champi..

Studi Global Ciena Ungkap 60% Penyedia Layanan Komunikasi Percaya AI
News

Studi Global Ciena Ungkap 60% Penyedia Layanan Komunikasi Percaya AI

Sebuah riset global yang digerakkan oleh Ciena menyoroti optimisme yang semakin meningkat dari penye..


;