Sunday, 17 January 2021

Generasi Ke-3 iPhone SE akan diluncurkan Bulan April

Bagi kamu yang merupakan penggemar iPhone SE, sebelumnya telah dilaporkan bahwa Apple tidak akan menyegarkan perangkat secepat ini. Kita telah mendengar bahwa ponsel tersebut...
More

    Latest Posts


    Fakta 74% warga Twitter mencari produk secara online selama pandemi

    Di masa pandemi ini, rupanya banyak dari kita yang melakukan aktivitas belanja online bahkan mengali informasi berbelanja online, khususnya paradiva pengguna Twitter. Faktanya jelang momen belanja 2020, 74% pengguna Twitter mencari produk secara online selama pandemi, lho!

    Data Twitter menunjukkan bahwa percakapan tentang belanja meningkat sebanyak 60% sejak Maret 2020 jika dibandingkan dengan Maret tahun lalu.

    Dilihat dari volume Tweet, orang-orang cenderung berbelanja produk secara online selama periode #dirumahaja, bahkan sebanyak 89% orang yang menggunakan Twitter di Indonesia melakukan pembelian secara online pada kuartal 1 (satu) 2020.

    Di Twitter, percakapan belanja online sangatlah beragam. Menurut data Brandwatch, 44% pengguna Twitter di Indonesia berbicara mengenai belanja pakaian atau aksesoris, makanan (40%), peralatan rumah serta elektronik (35%), perawatan diri (33%) dan tentang ponsel atau gawai (27%).

    Selain itu, Twitter mencatat pertumbuhan kuat di Indonesia dengan volume Tweet sebesar 145.5% hingga Maret tahun ini dan dapat menjadi peluang bagi para brand untuk menerapkan strategi pemasaran jelang momen belanja tahun ini.

    Dwi Adriansah, Country Industry Head, Twitter Indonesia menyebutkan, bahwa jumlah percakapan tentang topik belanja di Twitter justru lebih tinggi pada saat pandemi dibandingkan pada tanggal momen-momen belanja. “Banyak orang datang ke Twitter untuk menemukan dan mencari rekomendasi tentang brand tertentu, melakukan review produk melalui utas, serta mendiskusikan produk yang sedang populer atau ramai dibicarakan.”

    Dwi menambahkan bahwa topik tentang belanja yang biasanya baru mulai terlihat pada pertengahan tahun, kini mulai ramai dibicarakan sejak Maret 2020. Hal ini sekaligus memperlihatkan adanya peningkatan animo konsumen terkait belanja. “Dalam hal ini, Twitter menjadi tempat bagi konsumen untuk berbagi dan mencari informasi tentang belanja,” sambungnya.

    Pergeseran perilaku konsumen yang beralih ke belanja secara online

    Kondisi saat ini yang mengubah perilaku belanja konsumen menuntut brand beradaptasi cepat agar masyarakat bisa bebas berbelanja namun tetap aman di rumah.

    Menurut data dari Toluna, Haris Interactive di periode akhir Juli, sebanyak 59% pengguna Twitter di Indonesia berbelanja online untuk produk-produk yang biasanya dibeli secara offline, sebuah kenaikan sebesar lebih dari 2% dari survei yang pada awal Juli yang memperlihatkan semakin banyak orang berbelanja online.

    Berdasarkan survei GWI, kebutuhan rumah tangga yang kerap dibeli pengguna Twitter secara online, yaitu fashion (baju dan sepatu) (26,9%), make up, kosmetik dan perawatan wajah (12,1%), vitamin 11,6%, hadiah (8.6%), dan perawatan pribadi (12%).

    Konsumen lebih berani untuk bertransaksi dengan nilai nominal lebih besar

    Menurut data Twitter, 38% pengguna Twitter di Indonesia lebih sering menggunakan layanan perbankan online.

    Pertumbuhan belanja online menuntut perbankan menghadirkan layanan yang aman dan praktis untuk transaksi dengan nilai nominal yang lebih besar pada platform e-commerce, seperti misalnya komputer/laptop atau ponsel.

    Konsumen menemukan informasi dan rekomendasi produk di Twitter

    Sebanyak 41% masyarakat Indonesia di Twitter menemukan brand baru berdasarkan rekomendasi di media sosial.

    Seiring dengan semakin meningkatnya percakapan mengenai belanja di Twitter, brand dapat memanfaatkan momentum ini untuk mempromosikan produk dan layanannya agar lebih banyak diketahui oleh konsumen.

    Free ongkir dan diskon jadi faktor pendorong utama orang Indonesia belanja online

    Kemudahan dan potongan harga yang disediakan oleh online menentukan keputusan dalam menggunakan jasa atau membeli produk. Biasanya, pengguna Twitter bakal pertimbangkan lima hal ini saat mereka akan melakukan belanja secara online.

    Seperti, gratis ongkos kirim (56,5%), kupon/diskon (55,6%), ulasan pembeli lain (54,1%), jumlah like atau komentar positif di media sosial (41%), dan kebijakan pengembalian yang mudah (35,4%).

    Iklan menambah eksposur suatu produk atau layanan

    Menurut survei GWI, 36% pengguna Twitter cenderung membeli produk yang diiklankan. Selain itu, menurut data Twitter, terdapat peningkatan konsumsi video sebesar 124% di Indonesia.

    Brand dapat menggunakan kesempatan ini dengan menciptakan video kampanye kreatif sebagai salah satu cara untuk menarik perhatian konsumen. Dengan menggabungkan dua komponen ini, brand memiliki kemungkinan lebih baik untuk memenangkan persaingan selama periode momen-momen belanja.

    Dwi Adriansah kembali menggarisbawahi adanya perubahan pola belanja di Indonesia seiring dengan tuntutan untuk lebih banyak di rumah dan perkembangan layanan perbankan online, kampanye di media sosial, dan gebrakan kampanye dari platform e-Commerce.

    Sebagai platform berbasis minat yang mendorong terjadinya percakapan, interaksi menjadi penting di Twitter. Hal ini memungkinkan brand untuk menyasar audiens mereka terutama dengan mengamati pergeseran perilaku konsumen dan menerapkan kampanye efektif untuk menggaet perhatian mereka. Jadi, paradiva pun bisa lebih mudah menemukan brand favorit dan produk unggulan kamu, lho!

    Selamat Hari Belanja Nasional, paradiva!

    Baca juga, Eksperimen Twitter terhadap fitur Read Before You Retweet

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Latest Posts

    POPULAR