Monday, 18 January 2021

WhatsApp terbitkan FAQ Terkait Berbagi Data dengan Facebook

Seperti yang mungkin telah didengar saat ini, WhatsApp diharapkan mulai dapat berbagi data dengan Facebook bulan depan. Sebelumnya, WhatsApp telah memberi pengguna sebuah opsi...
More

    Latest Posts


    OnZoom, Fitur Baru di Zoom untuk Bikin Event Berbayar atau Donasi

    Zoom mengumumkan adanya fitur baru yang memperkaya pengalaman pengguna untuk bisa lebih berinteraksi di Zoom. Bahkan fitur bernama OnZoom ini memungkinkan pengguna untuk menjadi host sebuah event atau webinar yang menghasilkan uang.

    Sejak pandemi menerpa dunia Maret lalu, Zoom merupakan satu-satunya perusahaan yang mendapatkan keuntungan besar. Penggunanya semakin bertambah, valuasinya pun naik. Pada bulan April saja, tercatat ada 300 juta partisipan meeting harian di Zoom. Tidak heran jika mereka menghadirkan fitur baru di Zoom bernama OnZoom.

    Baca juga: Murid Nge-prank Guru Saat Lagi Zoom Online, Diculik Orang

    Untuk menggunakan OnZoom, bukan orang sembarangan. Dia harus memiliki akun berbayar lebih dulu untuk bisa menjadi host sebuah event berbayar. Hal ini diharuskan karena pembayaran nantinya akan dilakukan melalui PayPal sehingga dibutuhkan akurasi data diri dan akun PayPal yang eksis.

    Sedangkan jika kita menjadi penonton event atau webinar tersebut tak butuh berlangganan. Demikian dikatakan pihak Zoom saat menggelar konferensi pers virtual dalam event Zoomtopia, seperti dilansir dari TechXplor, Kamis, 15 Oktober 2020.

    Pihak Zoom mencontohkan host yang bisa membuat online event berbayar seperti guru atau artis dan penampil. Mereka harus membuat undangan khusus terlebih dahulu untuk menggelar event online, kemudian partisipan yang ingin hadir bisa membeli tiket online, yang bekerja sama dengan Eventbrite. Pembayaran bisa dilakukan secara virtual melalui PayPal.

    Baca juga: Tutorial Pakai Background Zoom di Android

    Namun sistem pembayaran ini tak melulu berbentuk penjualan tiket. Host bisa juga membuatnya lebih halus, yakni dalam bentuk donasi. Partisipan bisa diminta untuk membayar tiket, atau hanya sekedar berdonasi. Intinya, acara bisa dimonetisasi sedemikian rupa.

    Host juga bisa mengendalikan pengaturan keamanan saat melakukan event berbayar ini. Memilah-milah mana peserta yang boleh dan tak boleh masuk ke event online itu. Tentunya hal ini akan menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti Zoombombing.

    Zoom menjamin setiap event yang dilakukan di platform-nya bisa menarik sampai 1000 partisipan. Tentunya ini semua tergantung paket berlangganan Zoom yang diambil oleh pengguna.

    Tapi jangan senang dulu. Saat ini, OnZoom hanya tersedia dalam bentuk beta dan hanya bisa dinikmati oleh penggunanya di Amerika. OnZoom akan disebar ke masyarakat luas pada 2021 nanti. Namun hanya pengguna berbayar yang bisa menjadi host.

    Pengguna yang ingin ikut menonton sebuah event di Zoom juga bisa mencari tema yang menarik perhatian. Zoom akan menyediakan semacam marketplace agar pengguna bisa mencari event publik lainnya seperti konser online, kelas fitners, dan tema webinar/event lainnya.

    OnZoom sejatinya mirip dengan fitur Facebook Events, yang memungkinkan semua penggunanya untuk bisa mencari event yang sesuai dengan minatnya. Facebook Event juga melakukan penjualan tiket melalui PayPal atau kartu kredit. Dia juga bisa memberikan tiket event tersebut sebagai hadiah kepada orang lain. Event juga bisa dibagi atau disebar, dan tentunya diberi rating.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Latest Posts

    POPULAR