Thursday, 29 July 2021
More

    Latest Posts


    Huawei Docs Bakal Saingi Google Docs, tapi Cuma di Mate 40

    Huawei membuat alternatif pengganti untuk aplikasi-aplikasi bawaan Google. Setelah mengeluarkan sistem operasi bernama Harmony OS, lalu Petal Search dan Maps, terakhir mereka mengumumkan adanya Huawei Docs, pengganti aplikasi kantoran Google Docs.

    Pemblokiran bisnis yang dilakukan pemerintah Amerika membuat Huawei trauma untuk mengharapkan kerja sama dari perusahaan-perusahaan berbasis di Amerika. Mereka tak boleh lagi menggunakan ekosistem Google, termasuk Google Docs. Langkah terbaru, Huawei kini punya saingannya, Huawei Docs. Demikian dilansir dari laman TechSpot, Rabu, 28 Oktober 2020.

    Perusahaan asal China itu mulai berpikir keras untuk masuk ke industri pasar software, khususnya untuk penunjang produktivitas. Makanya Docs ini diharapkan akan menjadi alternatif pengganti bagi pengguna perangkat pabrikan China itu, yang kerap mengandalkan Microsoft Office dan Google Docs.

    Baca juga: Harga dan Spesifikasi Huawei Mate 40 Series

    Seperti halnya produk Google Docs, pengguna Huawei Docs dimungkinkan untuk membuat catatan di Huawei Document, membuat tabel perhitungan di spreadsheet dan juga presentasi. Mirip dengan Microsoft Word, Excel dan PowerPoint.

    Sayangnya, aplikasi ini baru tersedia untuk pengguna perangkat Huawei Mate 40 yang saat ini tersebar di lebih dari 100 negara. Software ini mendukung proses pengeditan dokumen dalam lebih dari 50 format. Bahkan pengeditan bisa dilakukan secara real-time melalui Huawei Drive, tentunya dengan menggunakan ID Huawei pengguna.

    Peluncuran ini menandai langkah pertama Huawei ke dalam dunia rangkaian perangkat lunak perkantoran dan dapat mendorong pembuat ponsel pintar China itu ke angka penjualan yang lebih tinggi. Meskipun perusahaan tersebut memegang posisi teratas untuk penjualan global, namun mereka tidak dapat menjalankan software Google.

    Jika diterima dengan baik, Docs dapat membantu menutup celah ketergantungan pada Google, sedikit demi sedikit.

    Pengumuman Huawei Docs bersamaan dengan meluncurkan Mate 40. Di saat yang sama, mereka mengumumkan banyak hal yang mulai bisa dinikmati pengguna smartphone Huawei. Salah satunya adalah kehadiran aplikasi mesin pencari, Petal Search, yang kini mulai tersedia untuk pengguna Huawei di 170 negara di dunia. Ada juga Petal Maps untuk navigasi, di 140 negara.

    Jadi kira-kira aplikasi apa lagi yang akan dibuat Huawei untuk perangkat berbasis Harmony OS miliknya?

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Latest Posts

    POPULAR