News

Satelit Palapa berhasil mengingkatkan konektivitas seluler

post-img

Source : gadgetDiva

Laporan dari Opensignal menyatakan bahwa satelit palapa berhasil meningkatkan konektivitas seluler di wilayah terpencil Indonesia. Ini merupakan bagian dari proyek Palapa Ring.

Indonesia berhasil menyelesaikan tahap final proyek Palapa Ring. Proyek ini bertujuan menjebatani kesenjangan geografis dalam layanan digital dan menyediakan internet berkecepatan tinggi di seluruh negeri dengan mengutamakan beberapa daerah terpencil, khususnya di wilayah timur.

Kaspersky laporkan 74% karyawan enggan kembali ke cara bekerja sebelum pandemi

Metodenya adalah membangun infrastruktur nasional baru sebagai tulang punggun sistem telekomunikasi Indonesia dengan menghubungkan tujuh pulai di nusantara: Sumatra, Jawa, Kalimantan, Nusa Tenggara, Sulawesi, Maluku dan Papua melalui kemitraan pemerintah-swasta.

Untuk memahami efek investasi penting negara dalam infrasturktur jaringan, Opensignal melakukan investigasi pada pengalaman jaringan seluler pengguna kami di 12 daerah di Indonesia yang mencakup tujuh pulau tersebut.

Hasilnya, peningkatan dalam pengalaman jaringan selama dua tahun terakhir menunjukkan bahwa, di antara faktor penting lainnya, operator di Indonesia telah memanfaatkan proyek Satelit Palapa untuk menghadirkan konektivitas seluler di luar Jawa dan mengatasi kesenjangan pengalaman jaringan seluler di seluruh negeri.

Berdasarkan hasil penelitian, terdapat 12 wilayah yang merasakan peningkatan luar biasa selama dua tahun terakhir, antara kuartal ketiga 2018 dan 2020 untuk Pengalaman Kecepatan Pengunduhan seluler, Pengalaman Video dan Ketersediaan 4G.

Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah:

Satelit Palapa

Kesenjangan pengalaman jaringan seluler antara Jawa — pusat politik, populasi, serta ekonomi Indonesia — dan sejumlah wilayah terpencil menurun secara signifikan. Faktanya, di beberapa kasus, wilayah terpencil bahkan memiliki pengalaman yang lebih baik dari sejumlah wilayah di Jawa.

Pengguna di Indonesia merasakan pertumbuhan signifikan dalam Ketersediaan 4G — proporsi waktu yang dihabiskan pengguna 4G kami untuk terhubung ke layanan 4G — di seluruh daerah. Pada kuartal ketiga 2018, hampir seluruh area mencatat Ketersediaan 4G sebesar 80%. Tapi, dua tahun kemudian, hampir semua daerah telah mengalami pencapaian atau peningkatan secara signifikan dengan perolehan Ketersediaan 4G nyaris 90%.

Daerah Terpencil di Bagian Timur kini hampir menyamai Ibu Kota dalam hal Pengalaman Kecepatan Pengunduhan. Selama dua tahun terakhir, pengguna kami di wilayah terpencil di Papua Barat merasakan peningkatan luar biasa dalam Pengalaman Kecepatan Pengunduhan, yakni 87%, diikuti wilayah lain di daerah ibu kota Jakarta Raya dan Kalimantan yang rata-rata merasakan kecepatan pengunduhan 78% lebih cepat.

Dalam Pengalaman Video, pengguna kami di daerah Papua Barat menunjukkan persentase peningkatan terbesar — meningkat 36% — diikuti pengguna yang berlokasi di Banten, Jawa Barat, Kalimantan, serta Maluku yang mengamati peningkatan masing-masing sebesar 30% hingga 28% dalam kategori ini. Sementara itu, pengguna kami di daerah lainnya melaporkan peningkatan sebesar 25% hingga 18% untuk skor Pengalaman Video mereka.

Dengan level kemajuan ini, penilaian Pengalaman Video untuk pengguna kami di setiap daerah telah meningkat dari Cukup (40-55) menjadi Bagus (55-65) pada skala 100 poin, kecuali untuk pengguna di Jawa Tengah yang terus berada di kategori Cukup.

Baca juga, OPPO Umumkan Peluncuran Seri Terbaru, OPPO A15 di Indonesia.


author-img_1

Nadhira Aliya Nisriyna

Reporter

Bergabung di Gadgetdiva.id sejak Maret 2020. Gemar menonton film, drama dan series. Pernah jadi Editor di deCODE Magazine.

Artikel Terkait

TENCEL luncurkan kanal khusus Sustainable Fashion di JD.ID
News

TENCEL luncurkan kanal khusus Sustainable Fashion di JD.ID

Merek serat alami untuk produk teksil dan fashion, TENCEL™, meluncurkan kanal khusus di JD.ID. ..

Kaspersky laporkan 74% karyawan enggan kembali ke cara bekerja sebelum pandemi
News

Kaspersky laporkan 74% karyawan enggan kembali ke cara bekerja sebelum pandemi

Kaspersky umumkan bahwa penelitian global terbaru yang dilakukan mengungkapkan bahwa tiga perempa..

Chrome untuk iPad Mungkinkan Pengguna Buka Banyak Windows
News

Chrome untuk iPad Mungkinkan Pengguna Buka Banyak Windows

Google akhirnya memperbarui aplikasi Chrome di iPad yang sekarang dapat membuka banyak Windows. S..

#ZetaLiveShopping, bisa berbelanja sambil donasi untuk pendidikan sekolah
News

#ZetaLiveShopping, bisa berbelanja sambil donasi untuk pendidikan sekolah

Melalui program Zeta Act, Zeta Bags mengajak paradiva untuk berdonasi sambil berbelanja dalam #Z..


;