Gojek, Hollaback! dan KAKG beri edukasi online terkait anti kekerasan seksual
- by Jihan Nasir
- Sabtu, 5 Desember 2020 - 07:35 WIB
Gojek bersama Hollaback! Jakarta serta Kolektif Advokat untuk Kesetaraan Gender (KAKG), beri edukasi online terkait anti kekerasan seksual untuk jutaan mitra driver. Melalui pelatihan active bystander yang kini bersifat online, jutaan mitra driver dapat berperan sebagai pelopor keamanan di ruang publik, lho!
Kerjasama dengan Hollaback!, Gojek mengembangkan dua modul pelatihan baru yang dapat diakses oleh jutaan mitra driver secara online melalui fitur Tips Pintar pada aplikasi driver.
Yang pertama, Kenali dan Hindari Kekerasan Seksual, yaitu modul yang berisi pengetahuan tentang jenis-jenis kekerasan seksual yang kerap muncul di lingkungan terdekat, serta langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk menghindari atau melawan jenis kekerasan tersebut.
Kemudian yang kedua, Kenali Proses Rujukan Kasus Kekerasan Seksual, yaitu modul yang berisi pengetahuan terkait langkah-langkah yang dapat dilakukan saat menghadapi atau membantu korban kasus kekerasan seksual.
“Gojek secara konsisten menjalankan edukasi anti kekerasan seksual ke seluruh ekosistem kami, termasuk para mitra driver. Melalui pelatihan active bystander yang kini bersifat online, jutaan mitra driver dapat berperan sebagai pelopor keamanan di ruang publik. Selain edukasi, Gojek juga kerap menjaga keamanan para pengguna dengan teknologi serta jaminan proteksi selama perjalanan,” kata Astrid Kusumawardhani, selaku VP Public Affairs Gojek.
Selanjutnya disamping menjalankan edukasi lewat modul online di Fitur Tips Pintar, kontribusi Gojek dalam menciptakan budaya aman, terangkum dalam inisiatif #AmanBersamaGojek yang memiliki dua pilar lainnya yakni teknologi Gojek SHIELD dan proteksi.
Rangkaian teknologi Gojek SHIELD seperti tombol darurat, penyamaran nomor telepon, dan bagikan perjalanan berperan meningkatkan rasa aman pengguna. Terbaru, fitur verifikasi muka driver melengkapi inovasi teknologi yang Gojek jalankan, sehingga membuat 93% pengguna merasa standar keamanan Gojek lebih tinggi dibanding industri.
Pilar ketiga yakni proteksi diwujudkan antara lain lewat keberadaan “Zona Aman Bersama Gojek” yang merupakan ruang tunggu ramah perempuan, berlokasi di shelter atau titik jemput milik Gojek dan tersebar di lokasi strategis, dekat keramaian serta berada di titik transportasi publik.
Pilar proteksi juga mencakup standar layanan call center yang berperspektif korban, perlindungan asuransi perjalanan yang komprehensif untuk mitra maupun pelanggan serta aturan penggunaan layanan yang ketat dan tidak mentoleransi berbagai bentuk kekerasan seksual.
Pada kesempatan yang sama, Anindya Restuviani, selaku Co-Director Hollaback! Jakarta mengatakan,” Organisasi kami yang beroperasi di 27 negara di seluruh dunia memiliki misi untuk mengakhiri kekerasan seksual di ruang publik, salah satunya melalui edukasi. Lewat edukasi, kita dapat menghadirkan sebanyak mungkin orang yang peduli terciptanya ruang publik aman dengan berperan aktif mengambil tindakan saat melihat kasus kekerasan seksual.”
Lebih lanjut Anindya menjelaskan bahwa Hollaback! memiliki metode intervensi saksi ‘5D’ yaitu Direct (merespon/mencegah langsung), Distract (mendistraksi situasi agar pelaku terhalang dan tidak jadi melakukan kekerasan seksual), Delegate (meminta bantuan pihak ketiga), Delay (menunggu situasi usai untuk kemudian menawarkan bantuan) dan yang terakhir Document (mendokumentasikan kejadian, sebagai bahan yang bisa digunakan korban untuk melapor).
Anyway, atas inisiatif yang komprehensif dalam menciptakan ruang publik yang aman, khususnya bagi kelompok perempuan, Gojek mendapatkan penghargaan sebagai pemenang nasional pertama di kategori Community and Industry Engagement di UN Women Asia-Pacific 2020 Women’s Empowerment Principles Awards.
“Berkolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan, menjadi jalan bagi kami untuk turut menghadirkan solusi atas tantangan yang ada di lapangan. Kami berharap dengan berbagai inisiatif ini ruang publik akan semakin ramah dan aman untuk perempuan,” tutup Astrid.
Baca juga, Melalui Promogo, Gojek resmi perkenalkan GoScreen
Artikel Terkait
Pomelo resmi buka toko Ritel Omnichannel di Indonesia
Hari ini platform Pomelo secara resmi membuka toko ritel pertamanya di Indonesia dengan menghadir..
- by Jihan Nasir
- 3 tahun lalu
- 3,250
Resso jadi aplikasi musik terbaik pilihan di Google Playstore tahun 2020
Resso sebagai aplikasi streaming musik, berhasil menjadi salah satu nominasi aplikasi pilihan pen..
- by Jihan Nasir
- 3 tahun lalu
- 3,250
TikTok Lakukan ujicoba Fitur Video Berdurasi 3 Menit
Aplikasi TikTok dilaporkan ingin membuat fitur konten video mereka sedikit lebih lama. Komentator..
- by Nadhira Aliya Nisriyna
- 3 tahun lalu
- 3,250
OPPO umumkan bakal segera perkenalkan Reno5 di Indonesia
OPPO kabarkan akan segera memperkenalkan seri kelanjutan dari Reno4 Series, yaitu OPPO Reno5 di I..
- by Jihan Nasir
- 3 tahun lalu
- 3,250