Sunday, 11 April 2021
More

    Latest Posts


    Google Doodle Rayakan Hari Perempuan Internasional 2021

    Hari Perempuan Internasional jatuh pada tanggal 8 Maret. Hari ini, Senin 8 Maret 2021, Google Doodle merayakannya dengan animasi kepalan tangan perempuan yang bisa kamu temukan di kolom pencarian Google.

    Kalau paradiva mencoba mengklik animasi tersebut, maka layarmu akan otomatis memutar video dari Google Doodle. Video tersebut memberi highlight seputar serangkaian pelopor perempuan.

    Dilansir dari 9to5Google, video Doodle ini bertujuan untuk menghomarti dan memberi penghormatan bagi para pelopor perempuan terdahulu yang telah menantang status quo dan membuka jalan dalam bidang pendidikan, seni, sains dan lainnya.

    Di samping itu, Google juga telah merilis banyak Doodle yang menampilkan tokoh-tokoh pelopor perempuan sepanjang sejarah. Para tokoh tersebut sebelumnya telah berhasil meraih pengakuan dan mendapatkan hak-hak mereka yang sebelumnya tertunda.

    Tak hanya tokoh-tokoh saja yang mendapat penghormatan dari Google Doodle dalam videonya, namun juga generasi perempuan saat ini yang masih terus memperjuangkan hak mereka di bidangnya masing-masing.

    Seperti yang dikatakan oleh Google pada laman Google Doodlenya hari ini, “Mereka yang pertama telah mencapai sesuatu yang baru secara spektakuler, sementara yang lain menerima pengakuan atau hak yang sudah lama tertunda.”

    Perempuan yang dimaksud oleh Google adalah suffargist, akademisi, peraih medali emas, wirausahwan dan masih banyak lagi. Hari ini, Google Doodle mengajak kita semua untuk menghormati para perempuan di dunia melalui Hari Permpuan Internasional ini.

    “In honor of the trailblazer of the past, present and future – Happy International Women’s Day!” tulis Google.

    Google Doodle mengangkat tema “Women Firsts” untuk edisi Hari Perempuan Internasional 2021 ini diilustrasikan oleh Helene Leroux. Dirinya mendapatkan pengaruh dari neneknya untuk membuat gambar yang menghiasi beranda Google global hari ini.

    Sebagai seorang animator, Helene mengaku bahwa ia telah menyelinap menyelinap dalam klip pendek tersebut dengan membawa profesi dirinya sendiri, yakni, animator yang saat ini masih didominasi oleh laki-laki.

    “Tema “Women Firsts” ini sangat cocok denganku. Nenek buyutku (yang aku ingat pernah menggambar ketika diriku masih kecil) adalah seorang seniman yang luar biasa, akan tetapi ia tidak pernah benar-benar diizinkan untuk mengejar seni secara profesional,” ujar Helene yang dikutip dari laman resmi Google Doodle.

    Helene juga bercerita bahwa dirinya telah menjadi wanita pertama di keluarganya yang berhasil melanjutkan studi seni dan berprofesi dari menggambar. Ia berharap neneknya juga bisa memiliki kesempatan yang sama seperti dirinya saat itu.

    “Aku benar-benar menyelinap dari proesiku sebagai animator video. Saat aku memulai (karier), profesi ini adalah bidang yang didomonasi oleh pria dan aku bangga melihat begitu banyak animator dan sutradara wanita sekarang,” tuturnya.

    Hari Perempuan Internasional pertama kali dirayakan pada tahun 1909 di Amerika Serikat. Saat ini, perayaan tersebut semakin berkembang dan menjadi acara global dengan titik fokus setiap tahunnya. Tahun 2021 ini, Hari Perempuan Internasional mengangkat tema ‘Women in leadership:Achievieng an equal future in a COVID-19 world.’

    Berdasarkan pernyataan dari UN Women, perayaan tahun ini adalah untuk merayakan upaya luar biasa perempuan dan anak perempuan di seluruh dunia dalam membentuk masa depan dan pemulihan yang setara selama pandemi COVID-19. Serta, juga menyeoroti kesenjangan yang tersisa.

    Baca juga, Google Kembangkan Tools Sleep Tracking 

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Latest Posts

    POPULAR

    Error decoding the Instagram API json