News

LINE Creators Market Mudahkan Proses Monetisasi Kreator Indonesia

post-img

Source : gadgetDiva

Sebagai bentuk dari menghargai kreativitas bagi anak muda, LINE memberikan ruang bagi para kreator muda untuk berkarya dan dikenal oleh masyarakat luas. Dukungan tersebut dimulai dari fitur LINE Stickers yang disediakannya.

Kolaborasi dengan ZALORA, H&M hadirkan Rangkaian Produk Fashion dalam Platform

Hadir di Indonesia sejak 2013, LINE Stickers menjadi salah satu platform yang sebelumnya menyediakan gambar statis. Lalu, plaform tersebut berkembang dengan efek animasi, memiliki suara, pop up dan hadir dalam berbagai ukuran dan custom/text sticker.

LINE Stickers juga bekerjasama dengan beberapa pemegang lisensi internasional seperti Disney, Nickelodeon, Cartoon Network, Warner Music dan lain-lain.

Ekosistem LINE Stickers memungkinkan kreator untuk dapat memperkenalkan karyanya ke masyarakat dan mendapatkan penghasilan. Keberadaan kreator kini menjadi sebuah profesi yang menjanjikan.

Oleh karena itu, LINE meluncurkan LINE Creators pada tahun 2014 dan pada 2016 bekerjasama dengan Bekraf/Kemenparekraf,  untuk menyelenggarakan  menyelenggarakan LINE CREATIVE. Yakni, sebuah ajang untuk memberikan edukasi mengenai proses monetisasi dan profesi sebagai konten kreator.

LINE Creators Market sendiiri memungkinkan sebuah karya untuk dapat dijual ke pasar Indonesia dan luar negari. Contohnya adalah Tahilalats dan Milk & Mocha adalah contoh dari dua kreator yang sukses memasarkan stiker karya mereka di beberapa negara seperti Thailand dan Taiwan, lalu diadaptasi sesuai dengan bahasa lokal negara tersebut.

Tak hanya keduanya, banyak hasil karya Indonesia yang diminati pada kancah Internasional, bahkan banyak pula yang masuk dalam top rank. Kegiatan monetisasi tersebut sangat mungkin dilakukan melalui LINE Creators Market karena para kreator sendiri dapat memilih negara mana yang dituju untuk memasarkan karya mereka.

Saat ini, LINE Creators Market telah memiliki 200 ribu kreator yang terdaftar dengan total jumlah lebih dari 2 juta stiker, 80 ribu di antaranya adalah hasil karya anak bangsa. Kesempatan untuk mendapatkan eksposure, pendapatan, dan bekerjasama dengan berbagai merek pun dapat  dilakukan, beberapa kreator handal di Indonesia telah bekerjasama dengan berbagai brand seperti  Alfamart, Dominos Pizza, Microsoft, H&M, dan lain sebagainya.  

Melihat perkembangan pasar digital yang semakin cepat, melakukan kegiatan seni dengan  menggunakan platform ini menjadi sebuah pekerjaan yang menjanjikan, dan LINE memiliki  komitmen untuk terus dapat membantu proses tersebut.

LINE Creators Market bekerjasama dengan  KATAPEL dan Bekraf/ Kemenparekraf sejak tahun 2018 hingga saat ini untuk melakukan pelatihan  mengenai IP untuk memberikan edukasi. Beberapa kreator yang memiliki prestasi kemudian akan  mendapatkan pelatihan lanjutan. Pencarian kreator berbakat secara mandiri pun dilakukan untuk  mencari karya-karya terbaru. Beberapa kompetisi LINE Stickers juga pernah diadakan bekerjasama  dengan LINE CREATIVATE. Hasil karya para kreator ini pun mendapatkan eksposur di dalam  aplikasi LINE sendiri.  

Baca juga, LINE Indonesia Luncurkan Rangkaian Koleksi Sticker “Jagoan Bumilangit”


author-img_1

Nadhira Aliya Nisriyna

Reporter

Bergabung di Gadgetdiva.id sejak Maret 2020. Gemar menonton film, drama dan series. Pernah jadi Editor di deCODE Magazine.

Artikel Terkait

Halodoc dan Gojek resmikan Pos Pelayanan Vaksinasi COVID-19 Drive Thru di Bogor
News

Halodoc dan Gojek resmikan Pos Pelayanan Vaksinasi COVID-19 Drive Thru di Bogor

Hari ini, Halodoc bersama Gojek resmikan Pos Pelayanan Vaksinasi COVID-19 Drive Thru ketiga yang ..

Kolaborasi dengan ZALORA, H&M hadirkan Rangkaian Produk Fashion dalam Platform
News

Kolaborasi dengan ZALORA, H&M hadirkan Rangkaian Produk Fashion dalam Platform

Kabar baik bagi kamu yang selalu menunggu koleksi terbaru dari brand fashion H&M, pasalanya r..

Instagram Perkenalkan Fitur Caption Otomatis untuk Stories
News

Instagram Perkenalkan Fitur Caption Otomatis untuk Stories

Memasukkan caption ke dalam video Insta Stories berguna dan menjadi fitur aksesibilitas yang bagu..

3 destinasi wisata lokal ini paling diminati di awal tahun 2021 versi Traveloka
News

3 destinasi wisata lokal ini paling diminati di awal tahun 2021 versi Traveloka

Berdasarkan survei internal Traveloka, memasuki tahun 2021 minat masyarakat untuk melakukan perja..


;