NeuroSensum Lakukan Riset Peran Online Marketplace Terhadap UMKM Tanah Air
- by Jundi Amrullah
- Kamis, 8 April 2021 - 15:59 WIB
NeuroSensum memaparkan hasil studi kualitatif mengenai peran online marketplace dalam membantu UMKM di Indonesia bertahan selama masa pandemi. Berdasarkan hasil riset yang dilakukan secara virtual ke sejumlah pelaku UMKM di tanah air, terungkap bahwa lini penjualan offline mereka mengalami penurunan. Ini berbanding terbalik dengan penjualan online mereka yang justru meningkat.
UMKM telah berjasa besar menyelamatkan Indonesia dari dua krisis ekonomi besar, yaitu krisis ekonomi 1998 dan 2008. UMKM, yang sejatinya adalah usaha dari rakyat untuk rakyat, sekali lagi diharapkan mampu membantu menahan laju penurunan pertumbuhan ekonomi di masa pandemi ini.
Di masa kecanggihan teknologi seperti sekarang, peran online marketplace kemudian menjadi vital dalam mendukung ketahanan UMKM di Indonesia. Aktivitas offline yang dibatasi karena pandemi, secara alami menghadirkan peluang dan tantangan tersendiri baik bagi pelaku UMKM, pembeli, maupun online marketplace sebagai penyedia tempat berjualan.
“Pandemi memang mempengaruhi sistem bisnis mereka, artinya mereka harus berpikir dengan cepat bagaimana bertransformasi secara digital. Salah satu transformasi yang berhasil menolong mereka adalah bergabung dengan online marketplace sehingga dari sisi penjualan mereka bisa bertumbuh,” tutur Grace Oktaviana, Associate Director Neurosensum Indonesia.
Dari temuan yang terkumpul, terdapat tiga tantangan utama yang masih jadi kendala bagi perkembangan mereka – dua di antaranya sejalan dengan temuan yang disoroti oleh Menteri Koperasi (Menkop) dan UKM Teten Masduki terkait tantangan yang dihadapi oleh para pelaku UMKM di Indonesia.
Pertama, adalah tantangan edukasi dan pendampingan. Fitur-fitur yang ada di dalam aplikasi online marketplace perlu dioptimalkan penggunaannya agar penjual mendapat manfaat optimal dari platform online marketplace
Kedua, yaitu tantangan dari sisi operasional untuk meningkatkan kapasitas produksi. Sebagaimana yang ditekankan oleh Menkop UKM, UMKM memerlukan fasilitas yang memadai untuk produksi dan penyimpanan barang dalam skala yang lebih besar sehingga kualitas produk dapat terjaga dengan baik.
Ketiga, UMKM juga harus dapat mengatasi tantangan dari segi sumber daya manusia (SDM). Pengembangan SDM tidak hanya dari sisi kuantitas namun UMKM juga harus mempersiapkan SDM yang kompeten, berintegritas, dan memiliki kemampuan untuk mengelola tim seiring dengan perkembangan bisnis.
Online marketplace memiliki peran penting dalam pertumbuhan dan keberlanjutan UMKM di Indonesia. Dengan memanfaatkan fitur dan layanan yang disediakan oleh online marketplace, UMKM dapat terus tumbuh dengan lebih baik lagi.
Artikel Terkait
IM3 Ooredoo Ajak Pengguna Silaturahmi Tanpa Henti Dengan Freedom Internet
Sebentar lagi kita akan memasuki bulan puasa, di bulan itu kita biasa berkumpul dengan keluarga h..
- by Jundi Amrullah
- 3 tahun lalu
- 3,250
Yahoo Answers Akan Ditutup 4 Mei Mendatang
Yahoo Answers menjadi salah satu platform yang dapat kamu gunakan untuk mencari jawaban atas pert..
- by Nadhira Aliya Nisriyna
- 3 tahun lalu
- 3,250
Pinterest Dilaporkan Bakal mengakuisisi VSCO
Pinterest dilaporkan akan mengakusisi VSCO. Yakni, sebuah aplikasi untuk mengedit atau berbagi fo..
- by Nadhira Aliya Nisriyna
- 3 tahun lalu
- 3,250
Grab Serahkan GrabWheels untuk Dinas Perhubungan DKI Jakarta
Polusi udara di Ibu Kota memang dikenal tidak begitu baik akibat banyaknya volume kendaraan setia..
- by Jundi Amrullah
- 3 tahun lalu
- 3,250