Jeff Bezos Akan Lengser dari CEO Amazon 5 Juli 2021 Mendatang

0
95

Jeff Bezos akan resmi mundur dari bangku CEO Amazon pada 5 Juli 2021 mendatang. Dirinya mengabarkan pada pertemuan pemegang saham tahunan perusahaan pada Rabu (26/5) kemarin.

Menurut laporan dari Variety yang dilansir oleh Engadget, Bezos akan menjadi ketua eksekif Amazon. Dimana CEO dari Amazon Web ini akan menduduki posisi teratas.

“Kami memilih tanggal tersebut karena sentimental bagi saya. Tanggal tersebut merupakan tanggal didirikannya Amazon pada tahun 1994, tepatnya 27 tahun yang lalu,” kata Bezos. “Saya sangat bersemangat untuk pindah ke peran ketua eksekutif dimana saya akan memfokuskan energi dan perhatian saya pada produk baru dan inisiatif awal.”

Pendiri Amazon tersebut rencananya akan mundur sebagai CEO awal tahun ini, dirinya akan digantikan oleh Andy Jassy. Namun, perusahaan mengatakan bahwa transisi dari Jeff ke Andy ini akan berlangsung di beberapa titik pada Q3.

Andy Jassy sendiri merupakan bagian dari tim pendiri AWS pada tahun 2003. Sejak 2016 lalu, dirinya menjadi CEO dari sebuah divisi yang ia bantu untuk mengembangkan perusahaan menjadi raksasa teknologi.

Dalam tiga bulan pertama tahun 2021, AWS menghasilkan $13,5 miliar. Ini artinya, 12 persen dari total pendapatan Amazon untuk kuartal tersebut.

Sementara, Amazon terus menikmati kesuksesan finansial yang mencengangkan, Andy akan mengambil alih kepemimpinan selama waktu yang agak goyah bagi perusahaan. Amazon menghadapi pengawasan antitrust dari regulator di Eropa dan AS,

Minggu ini, Jaksa Agung Washington, DC Karl Racine menggugat perusahaan tersebut karena diduga “menyalahgunakan secara ilegal dan mempertahankan kekuasaan monopoli dengan mengendalikan harga di seluruh pasar ritel online dan melanggar undang-undang DC.”

Berita seputar tanggal transisi ini diumumkan pada hari yang sama Amazon mengumumkan kesepakatan untuk membeli MGM seharga $8,45 miliar. Ide di balik akuisisi ini cukup mudah.

“MGM memiliki katalog yang luas dan mendalam tentang kekayaan intelektual yang sangat disukai,” jelas Jeff. “Dengan orang-orang berbakat di MGM dan Amazon Studios, kami dapat menata ulang dan mengembangkan IP tersebut untuk abad ke-21.”

Baca juga, 5 Wanita Terkaya di Dunia Tahun 2021

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here