Monday, 1 March 2021
[adrotate banner="3"]

Nikmati Promo Menarik Kopi Soe lewat Kampanye ShopeePay Mantul Sale

Kopi Soe merupakan salah satu kedai kopi lokal yang sedang naik daun di Indonesia. Kedai ini menyajikan satu rasa terbaik dari pilihan bahan baku...
More

    Latest Posts

    [adrotate banner="4"]

    Tips menjaga gadget tetap aman selama traveling

    Diva says –  Traveler abad 21 tentu saja membawa serta seperangkat gadgetnya untuk berwisata. Bagi Anda yang traveling sekedar karena hobi tentu saja akan selalu membawa handphone, charger, dan kamera. Namun traveler profesional sudah tentu turut membawa laptop untuk mendukung pekerjaannya.

    Banyaknya gadget yang dibawa ini seringkali membuat para penjahat sering mengincar para traveler. Namun kini Anda tidak perlu risau lagi, karena ada banyak tips untuk menjaga gadget Anda tetap aman selama traveling. Kemana pun tujuan Anda. Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda coba terapkan.

    1. Gunakan aksesoris yang tangguh

    Apapun gadget yang Anda gunakan, baik itu handphone, komputer tablet, laptop, kamera, atau action cam sekalipun, perlu dilindungi. Anda dapat melindungi gadget Anda dengan menggunakan aksesoris yang memang didesain khusus untuk kegiatan outdoor. Saat traveling sudah pasti Anda akan menghadapi situasi-situasi yang tidak terduga.

    Bisa saja handphone Anda terjatuh, kamera Anda terkena hujan, atau laptop Anda terbentur. Semua hal itu bisa dihindari dengan menggunakan aksesoris tangguh yang siap melindungi gadget Anda. Tentunya Anda tidak ingin pulang membawa gadget rusak sebagai kenang-kenangan, bukan?

    2. Berhati hati dengan jaringan wifi gratis

    Kejahatan siber kian hari kian canggih. Modus operandi para penjahat ini pun kian beragam. Mulai dari penipuan melalui teknik social engineering, maupun menyusup melalui internet. Salah satu caranya adalah dengan memasang koneksi wifi gratis di tempat-tempat umum. Apabila Anda menghubungkan gadget Anda kepada jaringan tersebut, maka program pencurian data akan mulai mengekstrak seluruh data-data dari gadget Anda.

    Oleh karena itu, hanya gunakan jaringan wifi yang terpercaya, atau gunakan router wifi portable pribadi saja. Apabila memang sedang tidak digunakan, matikan saja fitur wifi di gadget Anda. Selain untuk alasan keamanan, Anda juga bisa menghemat baterai gadget.

    3. Gunakan password atau passcode

    Kini seluruh gadget dapat dipasangi password. Apabila memang terjadi hal-hal yang tak diinginkan seperti pencurian atau tertinggal, setidaknya data penting di gadget Anda tidak akan jatuh ke tangan yang tidak bertanggung jawab. Beruntungnya gadget kini semakin canggih dengan dibekali sensor pemindai wajah dan sidik jari. Jadi, selalu aktifkan dua fitur itu saat sedang traveling.

    4. Aktifkan fitur pelacak

    Sekali lagi apabila terjadi hal yang tidak diinginkan, penggunaan aplikasi pelacak ini akan sangat membantu Anda menemukan kembali gadget yang telah hilang. Saat ini pun sudah banyak aplikasi pihak ketiga yang dapat diunduh secara gratis, maupun aplikasi yang dibuat oleh produsen gadget sendiri.

    Lebih baik lagi apabila aplikasi ini terhubung dengan password gadget Anda. Jadi apabila ada orang yang berniat mengaktifkan gadget Anda dan salah memasukan password, gadget Anda akan langsung terkunci dan memancarkan sinyal lokasi. Dengan demikian, data pribadi Anda akan terjaga, dan kemungkinan untuk menemukan kembali gadget Anda pun lebih besar.

    5. Simpan dalam tas yang selalu Anda bawa

    Salah satu cara terbaik dalam menjaga gadget adalah dengan selalu membawanya. Saat berada di tempat yang ramai, sebaiknya handphone tidak disimpan dalam kantung celana karena sangat rawan dari tangan-tangan jahil.

    Untuk itu, sebaiknya Anda menggunakan tas khusus yang memang dirancang dapat menyimpang gadget dengan aman. Misalnya Anda bepergian dengan menggunakan ANA Airlines, simpan saja seluruh gadget Anda di bagasi kabin karena maskapai ini menawarkan baggage allowance yang lebih besar dari maskapai pada umumnya.

    6. Siapkan gembok khusus untuk laptop dan tas Anda

    Kita tidak akan pernah tahu kemungkinan apa yang terjadi saat sedang traveling. Sebagai langkah preventif, sebaiknya Anda menggunakan gembok khusus yang memang dirancang untuk meningkatkan keamanan gadget Anda.

    Contohnya, untuk laptop mungkin Anda bisa menggunakan tali baja yang dilengkapi dengan gembok kombinasi untuk menjaga laptop Anda dari pencuri bisa sewaktu-waktu datang. Untuk koper, mungkin Anda bisa menggunakan gembok pintar yang tidak bisa tidak bisa diutak atik oleh pencuri. Kini sudah ada berbagai gembok pintar yang hanya bisa dibuka dengan sidik jari ataupun dari aplikasi smartphone.

    7. Backup data Anda

    Tidak ada yang mau kehilangan data penting saat sedang traveling. Baik itu karena gadget rusak atau karena kehilangan. Terlebih lagi apabila Anda traveling sambil bekerja. File penting seperti dokumen, foto, dan video yang sudah susah payah dibuat pun bisa hilang dalam sekejap. Untuk itu, sebaiknya Anda rutin melakukan backup data, baik itu ke media penyimpanan fisik seperti hardisk eksternal, maupun ke media penyimpanan cloud seperti Google Drive, iCloud, OneDrive, ataupun Dropbox.

    Dengan tujuh cara di atas, niscaya Anda akan semakin tenang saat traveling karena tidak perlu mengkhawatirkan kondisi gadget Anda lagi. Jadi, akan traveling kemana tahun ini?

     

    1 COMMENT

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Latest Posts

    POPULAR