Gandeng Hops Media Group, Surge Perkuat Ekosistem Digital dan Pilar Usaha

0

Surge resmi menggandeng media daring Hops Media Group untuk bergabung dalam ekosistem digital besarnya. Langkah ini dilakukan atas kesepakatan antara kedua belah pihak yang memiliki kesamaan misi untuk berkembang dan maju bersama dalam sebuah ekosistem digital yang semakin kuat dan menjanjikan di masa depan.

Dengan bergabungnya Hops Media Group dengan Surge untuk media dan hiburan bersamma dengan Linikini, media digital kreatif bagian dari Surge yang menghhasilkan program-program inspiratif dan karya komersil. Secara umum, Hops Media Group yang menyajikan berit dari berbagai topik, mulai dari yang ringan hingga serius dengn gaya tutur berita cocok bagi pembaca milennial maupun Gen Z.

Hops Media Group sendiri memiliki enak lini media yang tersebar untuk berbagai kategori dan sebaran lokal lain di antaranya, Hops.id, Depoktoday.com, Kulinear.id, Muslima.id, Koreabanget.com, dan Bisnika.com. Selain itu Hops Media Group juga memiliki kerja sama eksklusif dengan Ceklissatu.com

Hermansjah Haryono, selak CEO Surge, menyatakan bahwa Perseroan fokus mendukung kebutuhan para pelaku bisnis untuk mengingkatkan awareness mengenai produk maupun brandnya melalui solusi media dan hiburan.

Pada laporan Pwc yang menunjukkan bahwa di tengah pandemi, pertumbuhan rata-rata tahunan (CAGR) industri media dan hiburan di Indonesia dari tahun 2019-2024 yang sebesar 5,29% menjadi yang terbesar di antara negara Asia Tenggara lainnya.

“Hal ini terjadi dengan adanya dorongan faktor tingkat konsumsi data yang meroket hingga pertumbuhan smartphone dan konektivitas internet. Kami juga melihat bahwa media dan hiburan di era digital ini merupakan dua hal yang terus melekat dalam kebutuhan harian masyarakat. Ditambah dengan adanya pandemi dimana mobilitas menjadi terbatas, media dan hiburan mengalami pertumbuhan yang cukup tinggi. Hal ini yang semakin memantapkan langkah kami dalam menggandeng Hops Media Group dalam ekosistem Surge. Ini merupakan langkah strategis perseroan untuk semakin memantapkan diri sebagai ekosistem digital terdepan di Indonesia. Cakupan layanan dalam ekosistem perseroan akan menjadi semakin luas, menyeluruh, dan menyentuh seluruh lapisan pasar, mulai dari individu, pelaku usaha, UMKM, hingga korporasi besar. Berbekal semangat dan misi yang sama, kami siap menjadi jembatan konektivitas masyarakat melalui solusi digital dan informasi akurat terdepan,” jelas Hermansjah

Hops Media Group berdiri pada 29 Februari 2020 di bawah pimpinan Hadi Suprapto bersama dengan dua orang lainnya, yakni Lina Masgawati sebagai tim Bisnis dan Keuangan, dan Ridho Pahwana Erwandhani sebagai tim Teknologi.

Hadi Suprapto telah berkecimpung di dunia jurnalistik selama lebih dari 15 tahun dengan jabatan terakhir sebagai Wakil Pimpinan Redaksi di VIVA.co.id pada 2019-2020. 

Sebagai media baru yang terus berkembang, Hops Media Group tidak hanya menyajikan informasi terupdate tetapi juga memungkinkan pembaca untuk mengunggah konten secara langsung dalam platform atau user generated content (UGC) untuk membuka peluang kreativitas baru. Hingga kini Hops Media Group telah mencapai 300-500 ribu halaman terbaca setiap hari. Hops.ID juga sudah menjadi anggota aktif Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI).

Chief Executive Officer (CEO) Hops Media Group Hadi Suprapto mengatakan, Hops Media berdiri tiga hari sebelum kasus pertama Covid-19, dan kondisi pandemi ikut memberikan imbas besar pada industri media. “Namun, dengan berbagai strategi khusus kami mampu bertahan bahkan tumbuh pesat dalam setahun terakhir. Di sinilah pentingnya media untuk terus beradaptasi dengan dunia digital, terlebih dengan komposisi SDM Hops Media Group yang terdiri dari jurnalis senior berpengalaman dan juga reporter muda yang paham pembaca di era generasi kini, digital marketing, social media, dan lainnya.” 

Sebagai unit usaha baru dalam ekosistem Surge, tidak akan ada pengertian dari manajemen kunci Hops Media Group. Redaksi serta editorial Hops.ID jug akan tetap indenpenden dalam menjalankan fungsi jurnalisme sehari-hari.

“Bergabungnya Hops Media Group menjadi bagian dari keluarga besar dan ekosistem Surge merupakan kebanggaan bagi kami. Kolaborasi ekosistem dan juga lini usaha Surge yang lengkap dari hulu ke hilir dalam era konektivitas akan memberikan kontribusi besar bagi kemajuan kami di masa depan dan kami optimis hal ini juga berlaku untuk sebaliknya. Kami harap penggabungan ini adalah langkah awal untuk kami bersama-sama memberikan dampak positif yang lebih besar bagi masyarakat,” kata Hadi. 

Surge memiliki ekosistem digital yang semakin komprehensif dengan bergabungnya Hops Media Group sebagai anak usaha. Perseroan memiliki tiga pilar usaha, yakni solusi digital untuk kebutuhan harian (daily needs), layanan media dan hiburan (media and entertainment), dan infrastruktur konektivitas (connectivity).

Layanan Surge sebelumnya telah dapat dinikmati masyarakat pengguna commuter line di Jabodetabek lewat layanan wifi gratis dan berbagai aplikasi menarik seperti aplikasi loyalty Linipoin, aplikasi delivery makanan LaperNih, hingga aplikasi pemasaran hasil panen dan konsultasi pertanian SobatTani. 

Baca juga, ShopeePay Talk Bagikan Tips Ubah Tren Jadi Bisnis


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan