Gawat! Richard Branson Umumkan Perjalanan ke Luar Angkasa, Depan Jeff Bezos!

0
133

Seperti Gadgetdiva.id kutip dari ABC News, diberitahukan bahwa Richard Branson dari Virgin Galactic mempunyai tujuan untuk mengalahkan sesama miliarder Jeff Bezos untuk ke luar angkasa dalam waktu sembilan hari.

Perusahaan Branson mengumumkan pada kamis malam bahwa uji penerbangan berikutnya adalah 11 Juli dan pendirinya akan menjadi salah satu dari enam orang di dalamnya. Kapal roket bersayap akan terbang dari New Mexico — yang pertama membawa kru penuh karyawan perusahaan. Ini akan menjadi perjalanan keempat ke luar angkasa untuk Virgin Galactic.

Berita itu muncul hanya beberapa jam setelah Blue Origin dari Bezos mengatakan bahwa Bezos akan ditemani ke luar angkasa pada 20 Juli oleh seorang perintis kedirgantaraan wanita yang telah menunggu 60 tahun untuk meluncur.

Bezos memilih 20 Juli sebagai tanggal peluncurannya di Texas Barat, peringatan 52 tahun pendaratan Apollo 11 di bulan. Dia menugaskan dirinya sendiri untuk penerbangan sebulan yang lalu, perjalanan terakhir dalam perlombaan selama bertahun-tahun menuju ruang angkasa antara dua pembuat roket yang kaya.

Nantinya, pendiri Amazon berada di peluncuran debut Blue Origin dengan orang-orang di dalamnya, juga ditemani oleh saudaranya, pemenang lelang amal senilai $28 juta dan Wally Funk, salah satu anggota Mercury 13 terakhir yang masih hidup yang terpilih sebagai “tamu terhormatnya. ” 13 pilot wanita lulus tes yang sama dengan Astronot Mercury 7 milik NASA pada awal 1960-an, tetapi dilarang dari korps- dan penerbangan luar angkasa karena mereka adalah wanita.

Branson menolak untuk mengatakan kapan dia akan pergi ke luar angkasa karena pembatasan yang diberlakukan oleh perusahaan publiknya. Tetapi dia menekankan bahwa dia akan baik-baik saja dan pantas untuk terbang setelah insinyurnya memberinya kesempatan.

“Saya selalu menjadi pemimpi. Ibuku mengajariku untuk tidak pernah menyerah dan meraih bintang. Nanti, pada 11 Juli, saatnya untuk mengubah mimpi itu menjadi kenyataan di @VirginGalactic berikutnya, ”kata Branson melalui Twitter.

Virgin Galactic meluncurkan kapal roketnya dari sebuah pesawat, mencapai ketinggian sekitar 55 mil (88 kilometer). Blue Origin meluncurkan Roket New Shepard dari darat, dengan kapsulnya menjulang hingga sekitar 66 mil (106 kilometer). Kedua ketinggian itu dianggap sebagai tepi ruang. Sebagai perbandingan, SpaceX milik Elon Musk meluncurkan kapsulnya — baik awak maupun kargo — ke orbit di sekitar Bumi.

Ketiga perusahaan ruang angkasa swasta berencana untuk membawa pelanggan yang membayar ke luar angkasa. SpaceX akan menjadi yang pertama dengan penerbangan pribadi yang akan datang pada bulan September.

Penerbangan oleh Virgin Galactic dan Blue Origin berlangsung sekitar 10 menit, dengan tiga menit atau lebih tanpa bobot. Tetapi pengembaliannya sangat berbeda: pesawat roket Virgin Galactic meluncur ke pendaratan di landasan pacu, seperti yang dilakukan pesawat ulang-alik lama milik NASA, dengan sepasang pilot yang Profesional. Kapsul otomatis Blue Origin memiliki parasut ke lantai gurun, mirip dengan bagaimana kapsul Mercury, Gemini dan Apollo NASA membuat percikan laut. Pelabuhan antariksa mereka hanya berjarak 200 mil (320 kilometer).

Funk, pada usia 82 tahun, akan menjadi orang tertua yang meluncur ke luar angkasa saat Blue Origin mengambil giliran.

“Aku akan menyukai setiap detiknya. Whoooo! Ha ha. Saya tidak sabar menunggu,” kata Funk dalam video Instagram yang diposting oleh Bezos.

“Tidak ada yang menghalangi saya,” tambahnya. “Mereka berkata, ‘Yah, kamu perempuan, kamu tidak bisa melakukan itu.’ Funk berkata, ‘Coba tebak, peduli apa kamu. Anda pasti bisa melakukannya jika Anda ingin melakukanya dan saya suka melakukan hal-hal yang belum pernah dilakukan oleh siapa pun.”

Dia akan mengalahkan mendiang John Glenn, yang memecahkan rekor pada usia 77 tahun saat terbang dengan pesawat ulang-alik Discovery pada 1998. Glenn mencetuskan gagasan tentang wanita yang terbang di luar angkasa, tak lama setelah dia menjadi orang Amerika pertama yang mengorbit dunia pada 1962 .

“Tidak ada yang menunggu lebih lama,” kata Bezos melalui Instagram. “Sudah waktunya. Selamat datang di kru, Wally.”

Bezos mengundurkan diri sebagai CEO Amazon pada hari Senin.

Blue Origin belum mengumumkan harga tiket atau kapan publik akan memasang kapsul enam kursi yang luas itu. Virgin Galactic memiliki lebih dari 600 pemesanan. Tiket asli ini dijual seharga 250.000$ atau sekitar 3,7 M lebih. Perusahaan akan mulai menerima lebih banyak setelah penerbangan datang dengan Branson.

Virgin Galactic merencanakan tiga penerbangan uji lagi sebelum menerima pelanggan, namun ternyata Branson seharusnya berada di demo kedua yang akan datang, tetapi meningkatnya upaya nyata untuk mengalahkan Bezos. Dia mengatakan setelah perusahaanya yang lain, Virgin Orbit akan meluncurkan sejumlah satelit, karena penting bagi pelangganya untuk melihatnya menaiki Kapal Roketnya terlebih dahulu, sebelum mereka menaiki Kapal.

Baca Juga Jeff Bezos Akan Lengser dari CEO Amazon 5 Juli 2021 Mendatang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here