Isoman Covid-19? Pemerintah RI Sediakan Layanan Telemedicine, gratis!

0
100
Layanan Telemedicine

Salah satu upaya penanganan kasus Covid-19, Kementerian Kesehatan RI menyediakan layanan telemedicine, yaitu layanan konsultasi online dan obat gratis di Indonesia. Selain melayani konsultasi secara gratis, telemedicine juga menyediakan obat dan vitamin gratis.

Layanan telemedicine gratis ini diperuntukan bagi pasien COVID-19 yang melakukan isolasi mandiri. Berhubung tidak semua pasien COVID-19 di rawat di tempat khusus, mereka yang tidak bergejala atau hanya bergejala ringan bisa melakukan isolasi mandiri.

Konsultasi kesehatan yang dilakukan secara virtual atau online melalui telemedicine ini akan mengurangi risiko penularan akibat terlalu banyak bepergian.

Untuk pasien COVID-19 yang mengalami gejala ringan atau tanpa gejala (OTG) dengan kriteria, seperti Positif Corona dengan saturasi oksigen di atas 95 persen, Tidak ada riwayat sesak, Tidak ada komorbid memiliki syarat untuk dapat mengakses layanan telemedicine ini.

Yaitu terkonfirmasi positif COVID-19. Konfirmasi dilakukan melalui tes swab antigen di laboratorium yang terafiliasi dengan Kemenkes.

Kemudian untuk cara penggunaannya, yaitu setelah mendapatkan konfirmasi positif COVID-19, pasien akan menerima petunjuk melalui WhatsApp resmi Kementerian Kesehatan RI (Centang Biru). Selanjutnya, tinggal mengikuti petunjuk yang diberikan.

Sedangkan untuk layanan obat gratis, saat ini baru tersedia di DKI Jakarta. Jenis obatnya pun memiliki sejumlah paket yang disediakan, mencakup multivitamin dan beberapa obat keras sesuai petunjuk dokter yang memeriksa secara virtual.

Masing-masing dibedakan berdasarkan tingkatan gejala dan hasil pemeriksaan. Sebab, obat keras tidak untuk dibeli sendiri di luar.

Baca juga, Harga Eceran Tertinggi 11 Obat Covid-19

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here