Mengenal HEPA dan Manfaatnya di Dalam Air Purifier

0
392

Air purifier sangat berguna di masa pandemi COVID-19 ini. Pasalnya, perangkat ini dapat membuat sirkulasi udara menjadi lebih bersih. Beberapa perangkatnya dilengkapi dengan HEPA filter yang mampu membasmi partikel udara terkecil.

Dilansir dari Good Housekeeping, air purifier ini merupakan alat yang dirancang untuk membersihkan udara. Alat ini dapat menetralisir paparan yang ditimbulkan dari polusi udara dan aktivitas dalam ruangan.

Air purifier biasanya dilengkapi dengan filter dan kipas yang berfungsi untuk menyedot dan mensirkulasi udara. Saat udara bergerak melalui filter, polutan dan partikel ditangkap dan udara bersih didorong kembali ke ruang yang lebih bersih. Biasanya, fitler terbuat dari kertas, serat (seringkali fiberglass), atau mesh dan memerlukan penggantian rutin untuk menjaga efisiensi.

Sementara itu, apa yang disebut dengan filter HEPA? dan apa manfaatnya bagi air purifier yang memilikinya? Simak, ya!

Filter HEPA

HEPA adalah singkatan dari High Efficiency Particulate Air. Filter ini menangkap partikel dengan berbagai ukuran dalam jaring berlapis-lapis yang biasanya terbuat dari benang fiberglass yang sangat halus (jauh lebih tipis dari ukuran sehelai rambut manusia) dengan celah ukuran yang bervariasi.

Perangkat ini dapat menyaring debu, asap rokok, bulu hewan dan lainnya. Filter ini dapat membantu menjaga kebersihan sirkulasi udara dalam rumahmu.

Dilansir dari laman Klik Dokter, HEPA biasanya ditemukan pada alat penyedot debu dan air purifier. Banyak yang menggunakannya untuk mencegah reaksi alergi dan serangn asma. Pasalnya, filter ini dapat membantu menyerap partikel-partikel terkecil pada udara.

“HEPA filter disebut sebagai penyaring partikel yang kuat, karena mampu menyaring partikell ukuran 0.3 mikron. Sistem kerja HEPA filter adalah dengan menyaring udara dan membersihkannya,” kata dr. Devia Irine Putri.

Perangkat ini dilengkapi dengan sistem HVAC (Heating Ventilating Air Conditioning). Dimana sistem ini dapat menyaring udara yang ada dalam suatu ruangan lewat medium filter, kemudian disaring melalui HEPA Filter.

“HEPA filter memang harus dipantau terus kondisinya. Sebab, jika sampai rusak, fungsinya dalam menyaring partikel menjadi tidak optimal,” tambah dr. Devia.

Benarkah HEPA Filter dapat Cegah Virus Corona?

Dikutip dari Consumer Reports melalui Klik Dokter, para pakar kualitas udaar dan virologi mengatakan bahwa HEPA filter sebenarnya tidk bisa mencegah penyebaran viru corona dalam skala besar. Pada dasarnya, filter jenis ini hanya dapat memberikan perlindungan pada kondisi-kondisi tertentu saja.

“Kami belum memiliki bukti langsung bahwa filter tersebut dapat bekerja untuk mengurangi virus corona jenis baru,” kata ahli kualitas udara dalam ruangan dan profesor teknik sipil di University of Toronto yang telah meneliti pemurni udara portabel dengan berbagai partikel udara, Jeffery Siegel.

“Tapi, pada tahun 2003, selama wabah SARS terjadi, Otorita Rumah Sakit Hong Kong merekomendasikan untuk menggunakan pemurni udara portabel dengan HEPA filter untuk membantu mengurngi risiko penularan ke petugas kesehatan,” tambah Siegel.

Penelitian terbaru yang dipublikasikan dalam Journal of Infectious Diseases dan sedang dikaji daam BMC Infectious Diseases menunjukkan bahwa penyaringan udara dapat membantu mengurangi risiko penularan campa dan influenza.

Sementara itu, dr. Devia menyatakan baha apabila filter HEPA yang dipakai memiliki MERV (Minimum Efficiency Reporting Value) yang tinggi, bisa dimanfaatkan untuk menyaring udara di suatu ruangan.

“Biasanya akan dipakai HEPA filter dengan MERV 16 sampai 20. Alat ini umumnya digunakan untuk steril ruangan di rumah sakit, seperti kamar operasi,” jelas dr. Devia.

“Pengguna HEPA filter saja tidaklah cukup. Kelembapan udara dan ventiilasi ruangan juga penting diperhatikan. Jadi, HEPA filter hanya membantu mengurangi risiko penularan dan tidak 100% efektif mencegah paparan corona,” tutupnya.

Baca juga, Vivo Bawa Pembaruan Software Hadirkan Pengalaman 5G ke Perangkat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here