Twitter Lakukan Eksperimen untuk Tombol Soft Block

0
213
Fitur Soft Block
Foto: doc. Twitter

Twitter lakukan eksperimen untuk tombol soft block pada platfromnya. Fitur ini disebut mampu menghapus follower tanpa harus memblokirnya.

Dilansir dari The Verge, eksperimen yang dilakukan Twitter ini sedang dilakukan untuk platform versi web. Nampaknya, jejaring sosial tersebut juga kaan mengkanonisasi konsep soft block ini sebagai fitur resmi.

Menurut salah satu tweet yang melaporkan eksperimen Twitter tersebut, kamu dapat menghapus follower dari daftar followers di halaman profil kamu. Cara kerjanya juga mudah, Paradiva cukup mengklik menu tiga titik di sebelah nama follower, klik Remove Follower, selanjutnya tweetmu tidak akan muncul lagi di timeline mereka.

Perbedaannya dari memblokir akun adalah kemampuan yang membuat mereka tidak dapat melihat tweet kamu dan mengirim direct message untukmu. Fitur soft block Twitter ini lebih dari sekadar tombol unfollow, melainkan cara yang lebih lembut untuk menjaga jarak antara kamu dan orang lain di Twitter.

Sebelumnya, untuk meminta seseorang melakukan unfollow pada akunmu, kamu dapat melakukan soft block. Yakni, dengan cara kamu memblokir akun seseorang, lalu di-unblock kembali untuk menghapus mereka dari daftar followers.

Akun yang telah kamu hapus harus mem-follow kembali untuk melihat dan mengembalikan tweet-mu ke timeline mereka. Jika akunmu di-protect, mereka memerlukan persetujuanmu untuk menjadi follower-mu kembali.

Dengan menguji fungsionalitas soft block menjadi fitur resmi, dapat menjadi pengakuan bahwa fungsi ini bisa lebih mudah dan orang bisa mendapat manfaatnya. Ini juga merupakan kasus lain dari Twitter yang menjadikan kebiasaan penggunanya sebagai fitur resmi seperti @reply, hashtag dan retweet.

Solusi yang lebih baik mungkin adalah kontrol yang lebih terperinci atas siapa yang dapat melihat tweet kamu pada titik konsepsi tweet – Twitter sedang mempertimbangkan opsi Close Friend seperti Instagram. Namun untuk saat ini, mereka sedang mencoba membuat fitur yang dapat membuat pengguna dengan mudah dan diam-diam memangkas daftar follower mereka.

Minggu lalu, Twitter sedang berencana untuk menghadirkan fitur arsip tweet. Fitur ini menguji privasi baru yang bertujuan memberi pengguna kontrol lebih besar atas daftar followers, siapa yang dapat melihat postingan dan likes mereka.Upaya ini untuk membuat orang lebih nyaman berinteraksi dan berbagi di jejaring sosial.

Fitur arsip tweet atau archived tweets memungkinkan pengguna menyembunyikan tweet lama setelah jangka waktu tertentu. Tweet akan terlihat oleh pemegang akun, tetapi tidak untuk orang lain.

Baca juga, Twitter Merancang Fitur Arsip Tweet Secara Otomatis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here