Kampanye #DatamuRahasiamu, Berikan Edukasi Keamanan untuk Masyarakat

Kampanye #DatamuRahasiamu, Berikan Edukasi Keamanan untuk Masyarakat
News

Kampanye #DatamuRahasiamu, Berikan Edukasi Keamanan untuk Masyarakat

Kampanye #DatamuRahasiamu, Berikan Edukasi Keamanan untuk Masyarakat

Kampanye #DatamuRahasiamu, Berikan Edukasi Keamanan untuk Masyarakat # Sumber : gadgetDiva

Kampanyekan edukasi keamanan #DatamuRahasiamu, Twitter Indonesia dan sejumlah digital banking melakukan kolaborasi. Digital banking yang ikut kolaborasi tersebut adalah jenius dari Bank BTPN, blu by BCA Digital, BCA dan BNI.

Kampanye #DataRahasiamu ini hadir sebagai bentuk apresiasi kepada masyarakat Indonesia melalui rangkaian kegiatan edukasi keamanan oleh para digital banking dan Twitter Indonesia. Dengan Bank Indonesia yang menjadi inspirasi dan pencetus pesan keamanan bagi masyarak Indonesia agar semakin aspada dari berbagai modus penipuan yang terjadi.

Twitter Lakukan Eksperimen untuk Tombol Soft Block

“Melihat akselerasi digital yang semakin cepat tentunya harus diikuti dengan kewaspadaan akan beragam modus kejahatan siber yang terus berkembang. Kami tentunya menyambut baik dan mendukung penuh inisiatif kolaborasi kampanye #DatamuRahasiamu yang dilakukan antar institusi ini. Semoga melalui kolaborasi ini, edukasi mengenai keamanan perbankan dan pentingnya menjaga data pribadi semakin diterima oleh masyarakat yang lebih luas lagi,” ungkap Anton Daryono, Direktur Pengawasan Sistem Pembayaran dan Pengawas Spesialis – DSSK (Departemen Surveilans Sistem Keuangan) Bank Indonesia.

Selain itu pula, demi mewujudkan ekosistem digital dan perbankan yang aman, diperlukan upaya kolaboratif antara penyedia layanan dan penggunanya. Dalam hal ini, penyedia layanan bertanggung jawab untuk mengembangkan keamanan yang berkelanjutan.

Sementara itu, pengguna layanan juga perlu waspada untuk ikut membantu melindungi data dan dana miliknya agar tidak disalahgunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Salah satu faktor penting untuk mewujudkan hal ini adalah adanya edukasi yang terintegrasi dan berkelanjutan agar dapat menjangkau masyarakat Indonesia lebih luas lagi.

#DatamuRahasiamuFoto: doc. Jenius

Kolaborasi edukasi keamanan #DatamuRahasiamu disambut baik oleh Jenius dari Bank BTPN. “Sesuai dengan semangat Jenius untuk terus berkokreasi dan berkolaborasi, tentunya edukasi keamanan melalui kegiatan #DatamuRahasiamu akan semakin maksimal jika dapat dilakukan bersama demi terwujudnya ekosistem perbankan yang aman. Untuk itu, kami mendukung penuh kegiatan #DatamuRahasiamu dan terus menambah keamanan di Jenius. Agar pemahaman masyarakat mengenai keamanan semakin optimal, Jenius memperkenalkan laman www.jenius.com/pages/jeniusaman yang berisikan informasi keamanan digital terkini,” kata Irwan Tisnabudi, Digital Banking Head Bank BTPN.

Hal senada juga disampaikan oleh Duardi Prihandiko, Head of Marketing & Communication BCA Digital, “Kolaborasi ini melibatkan stakeholders dari berbagai pihak untuk edukasi keamanan yang komprehensif dan impactful. Bersama-sama, kami akan melakukan pendekatan komunikasi yang variatif dan relevan untuk menjangkau masyarakat seluas-luasnya, karena keamanan selalu merupakan isu dua sisi. Dari sisi institusi harus punya sistem dan mekanisme yang teruji keamanannya, sedangkan dari sisi customer juga harus selalu berhati-hati dalam melakukan transaksi finansial. Penting bagi masyarakat modern untuk selalu mengikuti perkembangan berita dan teknologi agar tidak memberi celah untuk oknum yang tidak bertanggungjawab. It always takes two to tango,” Jelas Duardi.

Semangat kolaborasi edukasi keamanan #DatamuRahasiamu juga disampaikan oleh Senior Vice President Marketing Communication BCA Norisa Saifuddin, “Telah menjadi komitmen BCA untuk senantiasa memprioritaskan keamanan data nasabah, maka dari itu kami memberikan dukungan penuh dan nyata terhadap gerakan kolaborasi #DatamuRahasiamu. Keamanan bertransaksi digital merupakan tanggung jawab bersama antara penyedia layanan perbankan maupun penggunanya. Harapannya melalui kolaborasi ini dapat meningkatkan tingkat edukasi nasabah mengenai pentingnya menjaga data pribadi,”

Dalam momen yang sama, Rian Eriana Kaslan, Senior Executive Vice President Bisnis Digital BNI turut menyampaikan ketertarikannya untuk terlibat dalam kolaborasi edukasi keamanan #DatamuRahasiamu. “Tentunya kami memiliki harapan besar terkait kampanye ini. Dengan adanya kampanye ini, Pengguna Layanan bisa lebih memahami bahwa menjaga dan melindungi data pribadi adalah juga merupakan tanggung jawab personal pengguna layanan. Pengguna layanan bisa lebih berhati-hati terhadap upaya penipuan yang dilakukan oleh oknum-oknum yang mengaku sebagai petugas bank/petugas BNI melalui telepon, chat platform, faks atau e-mail, yang menanyakan data pribadi, termasuk password/ MPIN/PIN/OTP. Menurut kami, kolaborasi campaign #DatamuRahasiamu yang diikuti oleh partner-partner besar seperti ini sangatlah penting untuk mengedukasi nasabah kami akan pentingnya menjaga data rahasia pribadi. Kami sebagai pihak Bank juga memiliki tanggung jawab besar terhadap keamanan data rahasia nasabah, yang salah satu bentuknya dengan terus konsisten memberikan edukasi kepada nasabah terkait bahaya dari cybercrime. Harapannya dengan adanya campaign besar terkait Rahasia Data seperti ini, nasabah dapat semakin menjaga kerahasiaan datanya,” tandasnya.”

Lebih lanjut, keamanan digital ini juga menjadi perhatian utama dari Twitter Indonesia sebagai penyedia layanan digital bagi masyarakat Indonesia. Dwi Adriansah, Country Industry Head, Indonesia, Twitter, menyampaikan, “Menjaga agar semua orang tetap aman dan terlindungi adalah satu satu prioritas utama kami di Twitter. Dengan perkembangan dan adopsi teknologi yang semakin pesat, data pribadi menjadi hal yang sangat berharga. Dengan berkolaborasi di kampanye #DatamuRahasiamu, Twitter berkomitmen untuk menjadi bagian dari peningkatan kesadaran masyarakat agar lebih mengerti mengenai betapa pentingnya menjaga keamanan data, terutama ketika sedang berada di ranah digital”

Modus kejahatan digital akan terus berkembang, namun risiko kerugian dapat diminimalkan dengan penambahan keamanan dari penyedia layanan dan peningkatan kesadaran pengguna layanan untuk terus melindungi informasi rahasia dan pribadi miliknya. Kolaborasi edukasi keamanan #DatamuRahasiamu ini merupakan awal dari kegiatan edukasi keamanan yang akan dilakukan secara berkelanjutan.

Program kolaborasi lintas institusi dan sektoral ini secara simbolis juga ditandai dengan penggunaan logo kampanye edukasi  #DatamuRahasiamu. Kedepannya akan ada serangkaian kegiatan edukasi yang dilakukan oleh masing-masing bank dan institusi yang bergabung dalam kampanye ini, serta kegiatan bersama.

Harapannya, semakin banyak lagi mitra yang bergabung untuk menyampaikan edukasi keamanan #DatamuRahasiamu ini untuk menjangkau masyarakat lebih luas lagi sehingga akan semakin banyak masyarakat Indonesia yang paham akan perlindungan informasi rahasia dan pribadi miliknya.

Baca juga, Penjualan Perangkat AIoT Realme Meningkat di tahun 2021


author-img_1

Nadhira Aliya Nisriyna

Reporter

Bergabung di Gadgetdiva.id sejak Maret 2020. Gemar menonton film, drama dan series. Pernah jadi Editor di deCODE Magazine.

Artikel Terkait

Penjualan Perangkat AIoT Realme Meningkat di tahun 2021
News

Penjualan Perangkat AIoT Realme Meningkat di tahun 2021

Penjualan perangkat AIoT Realme meningkat di tahun 2021. Perusahaan tersebut targetkan jadi no. 1..

Twitter Lakukan Eksperimen untuk Tombol Soft Block
News

Twitter Lakukan Eksperimen untuk Tombol Soft Block

Twitter lakukan eksperimen untuk tombol soft block pada platfromnya. Fitur ini disebut mampu meng..

Netizen Indonesia Pelit, Pengeluaran Live Streaming Tembus Rp96 Triliun di 2021
News

Netizen Indonesia Pelit, Pengeluaran Live Streaming Tembus Rp96 Triliun di 2021

Photo by Joseph Redfield from Pexels Tren live streaming di media sosial ternyata turut memban..

Kontroversi Samsung Galaxy Z Flip3 di The Penthouse 3 Gara-gara Cheon Seo-jin
News

Kontroversi Samsung Galaxy Z Flip3 di The Penthouse 3 Gara-gara Cheon Seo-jin

Meski drama The Penthouse 3 sudah sampai episode terakhir namun alur ceritanya selalu menarik per..


;