WhatsApp Luncurkan Enkripsi End-to-End Untuk History Chat

0
283
Enkripsi end-to-end WhatsApp
Foto: Unsplash/Dimitri Karastelev

WhatsApp luncurkan enkripsi End-to-End untuk history chat. Kabar tersebut disampaikan langsung oleh WhatsApp hari Jum’at (10/9) kemarin.

Fitur enkripsi End-to-End tersebut hadir untuk semua pengguna yang ingin melakukan backup pada history chat WhatsApp mereka. Meskipun pesan WhatsApnya telah dienkripsi.

WhatsApp sendiri telah meluncurkan fitur enkripsi end-to-end untuk ruang chat sejak 2016 lalu. Namun, aplikasi belum menwarkan enrkipsi tersebut untuk backups chat yang bergantung pada iCloud atau Google Drive.

Namun, dengan pembaruan terbaru ini, penngguna akan dapat memilih enkripsi end-to-end ke history chat sebelum mencapai layanan penyimpanan cloud meeka. Pengguna sendiri dapat mengharapkan pembaruan “dalam beberapa mingu mendatang,” menurut perusahaan.

Setelah enkripsi ini diaktifkan, “baik WhatsApp maupun penyedia layanan backups ini tidak akan dapat mengakses,” tulis WhatsApp dalam postingan blog mereka.

Backups sendiri dienkripsi dengan “unique, randomly generated encryption key.” Pengguna kemudian dapat memilih di antara dua opsi, yakni memyimpan kunci 64 digit secara manual atau mengatur password yang dapat digunakan untuk mengaksesnya.

Setelah diaktifkan, tentu saja fitur ini membuat chat backups kamu lebih aman. Namun, ada beberapa faktor yang perlu diingat.

Yang pertama adalah bahwa memilih untuk mengaktifkannya berarti tidak akan ada cara untuk memulihkan backups, jika kamu kehilangan kunci enkripsi 64 digit. Berikutnya adalah meskipun WhatsApp baru-baru ini mengumumkan dukungan untuk beberapa perangkat, kamu hanya dapat membuat backups terenksripsi ini di perangkat utama kamu.

Penting juga untuk menunjukkan bahwa enkripsi ini tidak menjamin chat kamu tidak akan pernah digunakan dengan cara yang mungkin tidak kamu sukai.

WhatsApp sendiri akhirnya menambahkan kemampuan bagi pengguna iOS untuk memindahkan chat mereka ke ponsel Samsung. Setelah Samsung mengumumkannya dalam acara Unpacked bulan Agustus lalu.

Sebelum kemampuan ini diluncurkan, pengguna WhatsApp tidak dapat memindahkan riwayat chat mereka karena ruang penyimpanan yang berbeda. Pengguna iOS menyimpan chat mereka di iCloud, sementara pengguna Android di Google Drive. Jadi, hal tersebut tidak bisa saling berhubungan.

Baca juga, Pengguna WhatsApp iOS Bisa Pindahkan Chat Ke Ponsel Samsung

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here