WhatsApp Kembangkan Fitur Transkripsi untuk Voice Note

0
fitur baru whatsapp
Foto: Pexels/Anton

WhatsApp kembangkan fitur transkripsi untuk voice note. Fitur ini memungkinkan pengguna dengan mudah membaca apa yang dikatakan tanpa harus memutar voice note dengan keras.

Fitur transkripsi awalnya terlihat di aplikasi iOS layanan oleh WABetaInfo dan WhatsApp sejak itu mengonfirmasi bahwa dalam “tahap awal perancangan dan pembuatan prototipe” fungsionalitas. Namun, tidak jelas kapan fitur ini akan hadir dalam WhatsApp untuk pengguna iPhone atau Android.

Dilansir dari The Verge, menurut hasil screenshot dari WABetaInfo, fitur tersebut bekerja dengan cara mengirimkan data ucapan ke Apple “untuk memproses permintaan kamu”, bukan ke perusahaan induk Facebook. Ada penafian bahwa data ini “juga akan membantu Apple meningkatkan teknologi pengenalan ucapannya.”

Namun, dalam sebuah pernyataan, juru bicara WhatsApp menyatakan bahwa fitur tersebut “akan dilindungi oleh enkripsi end-to-end” jika dirilis. Serta, sistem tersebut dirancang untuk menjaga privasi dan keamanan pesan.

Voice notes sendiri adalah fitur WhatsApp yang berguna, terutama jika kamu perlu mengirim pesan yang lebih panjang dan lebih panjang dan tidak dalam posisi untuk mengetiknya. Akan tetapi, fitur tersebut dapat menyebabkan masalah bagi penerima yang tidak memiliki headphone dan tidak dalam posisi untuk mendengarkan pesan dengan keras.

Fitur ini juga berfungsi saat pengguna tidak punya waktu untuk mendengarkan pesan secara keseluruhan. Tak hanya itu, fitur transkripsi ini juga dapat membuat orang diam-diam melihat isi pesan suara atau merujuk detail penting tanpa harus membaca audio.

WABetaInfo melaporkan bahwa transkripsi disimpan ke perangkat setelah dibuat dan bahwa bagian “Transkrip” memudahkan pengguna untuk melompat ke bagian pesan tertentu. Hal tersebut mirip dengan perangkat lunak transkripsi otomatis lainnya seperti Google Recorder atau Otter.ai yang memungkinkan pengguna mengklik kata tersebut untuk melewati kata saat diucapkan dalam rekaman.

Mentranskripsikan voice notes WhatsApp saat ini hanya memungkinkan pengguna untuk menggunakan perangkat lunak pihak ketiga.

Saat ini, tidak ada tanda-tanda fitur ini akan hadir dalam aplikasi Android WhatsApp. Namun, WABetaInfo berspekulasi bahwa fitur ini mungkin juga sedang dalam proses.

Baca juga, Instagram Menguji Fitur Favorite untuk Merapihkan Feeds


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan