Google Doodle Rayakan Hari Ulang Tahun Helena Modrzejewska

0
127
Helena Modrzejewska
Foto: Google

Google Doodle rayakan Hari Ulang Tahun Helena Modrzejewska, seorang aktris Amerika Polandia. Hari ulang tahunnya tersebut jatuh pada hari ini (12/10).

Helena Morzejewska merupakan seorang aktris abad di abad ke-19. Dirinya memerankan hampir 300 peran dalam empat dekade. Namun, Helena paling dikenal karena repertoar Shakespeare-nya yang ditampilkan dalam bahasa Inggris dan Polandia.

Oleh karena itu, Google mendedikasikan Doodle-nya dalam rangka menghormati salah satu aktor terbesar Polandia tersebut. Tepatnya, di hari ulang tahun Helena yang ke-181.

Dilansir dari CNET, Helena lahir dari keluarga yang rumit sebagai Jadwiga Benda pada 12 Oktober 1840, di Krakow, Polandia. Lalu, ia dibatis sebagai Helena Opid.

Debut panggungnya dilakukan pada tahun 1861 dengan nama panggung Modrzejewska. Karirnya berlangsung selama 46 tahun di Eropa dan Amerika.

Helena memainkan peran dalam beberapa karya Shakespare. Seperti, Hamlet dalam Ophelia, Othello dalam Desdemona. Serta, kekasih Romeo, Juliet.

Perannya tersebut juga diterima dengan baik oleh para kritikus. Namun, setlah satu dekade menjadi headline teater Poladia, Helena dan suami memutuskan untuk berimigrasi ke Amerika Serikat pada tahun 1876.

Keduanya menetap di sebuah peternakan dekat Anaheim, California dengan tujuan meninggalkan akting. Akan tetapi, karena mereka hanya tahu sedikit tentang pertanian dan bahasa Inggris, usaha ini terbukti tidak membuahkan hasil.

Akhirnya, Helena kembali ke panggung. Panggung comeback-nya tersebut berlangasung di Amerika Serikat. Beberapa waktu juga di Inggris, demi memenuhi impiannya untuk menampilkan Shakespare di London dan wilayah Inggris lainnya.

Selain jadwal melelahkan yang mencakup dalam hingga sembilan pertunjukan setiap minggu selama beberapa bulan, Helena juga menjadi seorang sutradara, produser dan humas.

Ia meninggal di Newport Beach, California di tahun 1909. Helena meninggal dalam usia 68 tahun dan dimakamkan di Krakow.

Baca juga,  Elizabeth Holmes, Perempuan ‘The Next Steve Jobs’ Kini Terancam Penjara

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here