Instagram Bakal Membutuhkan Video Selfie untuk Verifikasi Akun

0
122
Fitur Badges
Foto: Unsplash/Maddi Bazzocco

Instagram dikabarkan akan meminta beberapa pengguna untuk memberi video selfie sebagai bagian dari verifikasi akun. Kabar tersebut disampaikan langsung oleh Matt Navara pada akun Twitternya pada Selasa (16/11) kemarin.

Dilansir dari The Verge, Instagram akan meminta beberapa penggunanya untuk memberikan video selfie yang menunjukkan berbagai sudut wajah mereka untuk memverifikasi bahwa mereka adalah orang yang nyata.

Verfikasi ini bertujuan untuk melindungi para pengguna Instagram dari akun-akun bot yang dapat mengirim pesan spam, melecehkan orang atau digunakan untuk meningkatkan jumlah likes atau followers secara artifisial. Serta, mungkin saja Meta (sebelumnya Facebook) mencari fitur ini untuk membantu mengekang prevalensi bot di platform.

Menurut pengembang dari XDA, Instagram telah menguji fitur tersebut tahun lalu. Akan tetapi, telah emngalami beberapa masalah teknis. Beberapa pengguna telah melaporkan bahwa mereka diminta untuk mengambil video selfie dalam rangkaian verifikasi akun mereka.

Penulis lain di Twitter, Bettina Makalintal, dimana dirinya memposting screen shot pada layar bantuan untuk langkah dimana kamu benar-benar mengambil video selfie tersebut.

Instagram juga menegaskan kembali bahwa fitur tersebut melihat semua sisi pada sudut wajah pengguna untuk membutkikan bahwa mereka adalah sesepramg yang nyata dan menunjukkan bahwa layar verifikasi muncul untuk banyak orang.

Tidak jelas apakah fitur ini sedang diuji atau diluncurkan secara perlahan. Langkah ini mungkin mengejutkan beberapa orang, mengingat pengumuman Meta baru-baru ini bahwa mereka akan mematikan salah satu fitur facial recognition miliknya.

Namun, seperti yang ditegaksan kembali oleh perusahaan, bahwa mereka hanya emamtikan fitur Facebook tertentu. Bukan penggunaan pengenalan wajah Meta secara keseluruhan. Pesan di bagian bawah screen shot juga menyiratkan bahaw fitur tersebut tidak akan menggunakan pengenalan wajah sama sekali dan bahwa video akan dihapus setelah 30 hari.

Baca juga: Twitter Kembali Hadirkan Link Preview untuk Instagram

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here