Jangan Sebar Informasi Pribadi di Add Yours Instagram

0
113
Voice Note Instagram
Foto: Unsplash/Gabrielle Henderson

Fitur stiker Add Yours Instagram hari ini (23/11) jadi perbincangan hangat di Twitter. Pasalnya, fitur ternyata dapat menjadi kesempatan yang bagus bagi mereka yang ‘iseng’ alias penipu.

Kerap melibatkan challenge dengan membawa data pribadi, Add Yours Instagram ini menjadi sasaran hangat bagi para penipu. Salah satunya terjadi pada seorang teman dari pemilik akun @ditamoechtar_ di Twitter.

Add Yours Instagram
Foto: Instagram

Akun tersebut bercerita bahwa si penipu tersebut memanggil temannya dengan nama kecilnya. Setelah diingat-ingat kembali, temannya tersebut habis mengikuti challenge “variasi panggilan nama kamu” yang beredar di Instagram Story-nya.

“Yang bikin temen saya percaya, si penipu manggil dia “pim”. “Pim” adalah panggilan kecil teman saya yang hanya orang dekat yang tahu,” tulis Dita dalam cuitannya.

Nggak hanya melibatkan macam-macam panggilan nama saja, namun juga banyak challenge lainnya yang melibatkan informasi pribadi yang lebih penting dan bikin merinding. Contohnya, ‘nama gadis ibu kandung kamu’, ‘tempat tanggal lahir kamu’, ‘selife dengan KTP’ dan ‘Alamat rumah kamu’, hingga meminta tanda tangan.

Bahkan, Add Yours Instagram ini juga bisa menjadi celah bagi pelaku pelecehan seksual. Seperti yang terjadi pada salah satu warganet.

Dimana ia hanya membagikan foto kakinya. “Aku pernah ikut share sticker ini. Ehh ada aja yang dm begini, akun gembokan gitu. Pas aku follow pake 2nd acc. Ternyata itu akun fetish kaki terus jual-jualin foto kaki. Serem banget,” tulis akun tersebut.

Di samping banyak yang mengeluh seputar pengalaman tak mengenakan akibat mengikuti challenge yang beredar di Add Yours Instagram, tak sedikit juga yang memberi kiat-kiat agar terhindar dari penipuan online.

Salah satunya yang dibagikan oleh pemilik akun @ezash. Dimana dirinya menulis, “seandainya gue adalah seorang kriminal, yang bener-bener ga kenal lo deket, gampang banget bikin wording ini dari info2 lo yang emang dishare sendiri.”

Fitur Add Yours Instagram sendiri telah resmi meluncur di Indonesia sejak Oktober kemarin. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dan membuat rantai postingan dalam IG Story.

Namun, sayangnya fitur tersebut sering disalah gunakan oleh penggunanya dan malah menjadi ajang bertukar informasi pribadi.

Nah, hati-hati ya, Paradiva! Jangan sampai kamu ikut menyebar informasi pribadi dalam challenge tersebut hanya demi FOMO alias takut ketinggalan teman-temanmu.

Baca juga: Instagram Tampilkan Fitur Add Yours di Stories untuk Pengguna Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here