Add Yours Jadi Ladang Penipuan, Instagram Bakal Hapus Postingan yang Menyebar Data Pribadi

0
162
Add Yours Instagram

Disalahgunakan menjadi platform bertukar informasi pribadi, fitur stiker Add Yours berpotensi menjadi ladang penipuan. Akhirnya, Instagram memberi pernyataan bahwa mereka akan menghapus konten berisi data pribadi.

Dalam sebuah pernyataan, perwakilannya menyatakan bahwa privasi dan informasi data pribadi pengguna merupakan hal fundamental yang sangat penting bagi Instagram. Pun, mereka terus berupaya keras untuk menjaga informasi dan identitas pribadi pengguna.

“Kami tidak memperbolehkan pengguna memposting informasi pribadi atau bersifat rahasia, baik tentang diri mereka sendiri maupun orang lain,” ujar Instagram dalam pernyataan yang diterbitkannya hari ini (23/11).

Baca juga: Jangan Sebar Informasi Pribadi di Add Yours Instagram

Instagram juga menyatakan bahwa mereka akan menghapus konten yang membagikan, menawarkan serta mengumpulkan informasi identitas pribadi maupun informasi pribadi lainnya. Dimana informasi tersebut dapat menyebabkan kerugian fisik atau keuangan.

“Kami akan menghapus konten yang membagikan, menawarkan, serta mengumpulkan informasi identitas pribadi atau informasi pribadi lainnya yang dapat menyebabkan kerugian fisik atau keuangan, seperti informasi keuangan, tempat tinggal dan medis, serta informasi pribadi yang diperoleh dari sumber ilegal,” tambahnya.

Sebagai catatan tambahan, pihak Instagram menyadari bahwa informasi pribadi bisa jadi tersedia untuk publik dari artikel berita, pengajuan pengadilan, siaran pers maupun sumber lainnya.

“Ketika hal tersebut terjadi, kami mungkin akan mengizinkan informasi tersebut diposting di Instagram,” kata Instagram. 

Sementara itu, Add Yours Instagram dikabarkan kerap kali disalahgunakan oleh pengguna menjadi ajang tukar-menukar informasi pribadi. Dimana pengguna tersebut menggelar challenge yang membuat pengikutnya menyantumkan data pribadi.

Informasi pribadi tersebut jelas berpotensi merugikan pengguna. Termasuk penipuan dan pelecehan seksual.

Fitur Add Yours Instagram sendiri telah resmi meluncur di Indonesia sejak Oktober kemarin. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dan membuat rantai postingan dalam IG Story.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here