5 Fakta Soal Winamp, Pemutar Musik yang Bangkit dari Kubur

0
276
Fakta Winamp
Foto: Pixabay

Fakta Winamp tidak banyak yang tahu, namun mereka langsung bermunculan sejak music player itu digadang akan bangkit kembali dari kubur. Winamp akan kembali lagi dengan versi baru setelah mati 8 tahun lalu.

Lalu apa saja, fakta Winamp yang belum banyak diketahui? Khususnya oleh para GenZ yang lahir di era 2000 saat Winamp sudah kolaps dan resmi dimatikan oleh AOL. Yang pasti, para pengguna komputer masih ingat jika memiliki lagu dengan format MP3.

fakta winamp

Berikut fakta soal Winamp, music player yang pernah jaya di tahun 1990.

Baca juga: Winamp Bangkit dari Kematian

Kelahiran Winamp

Fakta Winamp pertama adalah music player ini dibuat oleh Justin Frankel pada tahun 1996. Setahun kemudian, aplikasi desktop untuk memutar lagu itu mulai dirilis secara resmi pada 1997. Dalam peluncurannya, Frankel tidak sendirian tapi ditemani koleganya Dmitry Boldyrev. Usut punya usut, keduanya ternyata berteman sejak kuliah di University of Utah. Winamp merupakan kepanjang dari Windows dan AMPM. AMP merupakan pemutar musik untuk file MP3 di Windows.

Musik player terbaik setelah Windows

Saat meluncur pertama kali, tepatnya 21 April 1997, Winamp yang meluncur adalah versi 0.20 dalam format freeware atau bisa didownload secara gratis. Saking gratisnya, tampilannya masih simpel, kemudian diperbaharui lewat versi 0.92.

Ketika Winamp 2 meluncur setahun sejak peluncuran versi pertama, popularitasnya mulai naik daun. Bahkan Winamp didapuk sebagai software kedua yang paling banyak didownload dari Internet. Posisi pertama ditempati oleh Windows Player3

Jutaan Download

Setelah menemukan Winamp, kedua orang itu juga menemukan Nullsoft, yang kemudian menjadi bendera perusahaan mereka. Winamp pun tak lagi gratis sejak 1998. Di tahun yang sama, jumlah download Winamp melonjak menjadi 3 juta.

Saking banyaknya yang download, Winamp menarik perhatian banyak perusahaan. Akhirnya, pada 1999, Winamp pun dijual ke AOL dengan mahar USD80 juta.

Jumlah Pengguna

Pada tahun 2005, Winamp terus berkembang pesat. Sempat mendapatkan 33 juta pengguna tiap bulan, sampai akhirnya mencapai 57 juta pengguna bulanan. Inilah yang membuat Winamp didapuk menjadi software kedua yang paling banyak didownload setelah WinPlay3.

Fitur Menarik

Fakta Winamp lainnya, salah satu fitur menarik dari Winamp adalah kemampuannya untuk mengubah tampilan atau background. Mereka menyebutnya Skin. Skin Winamp bisa berubah sesuai dengan keinginan penggunanya. Terakhir, ada sekitar 3000 skin yang bisa digunakan untuk membuat tampilan Winamp lebih menarik.

Meski telah mati sejak 8 tahun lalu, Winamp akhirnya akan dibangkitkan kembali dari kubur oleh sebuah pengembang bernama Radionomy. Belakangan mereka mengatakan jika Winamp sedang dalam tahap uji coba dan semua orang bisa menjajalnya sebelum live secara resmi.

“Kami telah merombak total Winamp namun tetap menjanjikan pengalaman mendengarkan musik seperti dulu. Winamp akan menjadi lebih dari sekedar musik tapi akan memberikan kesempatan bagi penggemar dan artis untuk tetap terhubung. Bisa juga mendengarkan stasiun radio favorit,” seperti dikutip di situs resmi Winamp, Sabtu, 27 Januari 2021.

Radionomy mengatakan versi baru pemutar musik di desktop itu sudah bisa diuji coba oleh masyarakat. Namun sayangnya, uji coba itu terbatas untuk mereka yang mendaftar.

Kilas Balik Winamp

Pemutar musik yang muncul di tahun 1996, diluncurkan oleh Justin Frankel. Music player itu buatan Nullsoft, yang sekarang merupakan anak usaha Time Warner. Winamp merupakan perangkat lunak freeware atau shareware yang dapat memainkan berbagi kodek dan tipe audio dan juga dapat dikostumisasi.

Pada tahun 2005, Winamp berkembang pesat dari 33 juta pemakai bulanan sampai lebih dari 57 juta pengguna bulanan, menjadikan Winamp yang kedua yang sering digunakan untuk media pemutaran sedunia setelah Windows Media Player.

Pada tanggal 20 November 2013, AOL mengumumkan bahwa Winamp.com akan ditutup pada tanggal 20 Desember 2013, dan perangkat lunak akan tidak lagi tersedia untuk diunduh atau didukung oleh perusahaan setelah tanggal tersebut. Hari berikutnya, laporan tidak resmi muncul bahwa Microsoft sedang dalam pembicaraan dengan AOL untuk mengakuisisi kekayaan intelektual dari Winamp dan Shoutcast. Juga petisi daring diserahkan meminta AOL untuk melanjutkan pengembangan Winamp atau untuk melepaskannya open source.

Dengan dirilisnya Winamp versi 5.66 pada tanggal 20 November 2013, AOL mengumumkan bahwa Winamp.com akan dimatikan pada tanggal 20 Desember 2013, dan Winamp akan berhenti ditawarkan untuk diunduh setelah tanggal tersebut. Sejak saat itu, Winamp mati suri dan akhirnya bangkit kembali sekarang.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here