Fitur Disappearing Message WhatsApp Bisa Digunakan untuk Semua Chat

0
379
Group Calls
Foto: Unsplash/Christian Wiediger

WhatsApp kembali memperbarui platformnya. Kini, mereka memungkinkan kamu untuk membuat fitur disappearing message dapat digunakan dalam setiap chat.

Pembaruan fitur disappearing message ini berarti bahwa semua pesan yang dikirim dalam percakapan akan hilang setelah jangka waktu tertentu. WhatsApp akan mengizinkan semua pesan yang dikirim dalam percakapan akan hilang setelah jangka waktu tertentu. Antara satu hari, satu minggu, atau tiga bulan.

Fitur disappearing message ini telah diluncurkan untuk pengguna iOs dan Android. Untuk mengaktifkanya, kamu dapat membuka pengaturan WhatsApp, lalu menavigasi Account > Privacy > Default Message Timer.

Saat kamu mengaktifkan fitur disappearing message untuk semua chat, maka pesan dalam chat tersebut akan dihapus ketika waktu yang ditentukan tercapai. Ini akan terjadi bahkan jika pesan tidak dibuka sebelum batas waktu tercapai.

Pada saat yang sama, ada beberapa pengecualian. Pesan yang dihapus akan tetap terlihat dalam preview notifikasi jika WhatsApp tidak dibuka, tergantung pada sistem operasi yang kamu gunakan.

Pesan yang dibalas dengan kutipan dapat tetap terlihat. Sementara, pesan yang dihapus yang diteruskan ke obrolan lain tidak akan dihapus.

WhatsApp juga mencatat bahwa pesan yag dihapus tidak aman dalam hal privasi dan hanya boleh digunakan dengan pihak terpercaya. Seperti yang disebutkan, meneruskan pesan adalah hal yang mengkhawatirkan, akan tetapi juga membuat screenshot, menangkap pesan dengan kamera ponsel lain atau hanya menyalin dan menempelkan pesan di aplikasi catatan.

Sudah menjadi masalah dalam aplikasi lain yang menampilkan pesan singkat seperti Snapchat, meskipun aplikasi tersebut mengirim peringatan screen shot untuk memberi tahu pihak lain bahwa ada yang mengambil screen shot dari percakapan mereka.

Fitur Disappearing Message juga dapat disetel sebagai default untuk semua chat. Atau dapat diaktifkan secara manual di chat yang ada — baik individu maupun grup. Notifikasi akan mengingatkan pengguna saat fitur diaktifkan.

Baca juga: Facebook Messenger Hadirkan Fitur Split Bill

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini